Situs Edukasi | Educational Norjatar

Surat Edaran Kemendikbud Wacana Himbauan Simulasi Penyelamatan Bencana

Surat Edaran Kemendikbud Tentang Himbauan Simulasi Evakuasi Bencana - Halo teman Situs Edukasi yang berbahagia, pada postingan ini saya akan menyebarkan info terbaru ialah Surat Edaran Kemendikbud supaya Himbauan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak yang sanggup anda unduh secara gratis.

Saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menerbitkan surat edaran nomor 20673/A.A4/OT/2018 wacana Himbauan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak. Dalam surat Kemendikbud yang ditujukan kepada seluruh kepala dinas pendidikan provinsi dan kabupaten kota, dihimbau seluruh satuan pendidikan melaksanakan Simulasi Evakuasi Bencana sekaligus dilanjutkan dengan mengadakan penilaian terhadap kelengkapan keselamatan di satuan pendidikan masing-masing.

Tujuan Simulasi Evakuasi Bencana
Simulasi Evakuasi Bencana ini dimaksudkan untuk memperlihatkan kesempatan kepada semua pihak untuk menemukenali bahaya dan risiko peristiwa di lingkungannya, memikirkan cara penyelamatan yang benar, melaksanakan penyelamatan secara bersiklus dan terorganisir, melaksanakan penilaian untuk menguji apakah sarana prasarana keselamatan sudah memadai atau belum dan dilanjutkan dengan perbaikan rencana kedaruratan atau SOP kesiapsiagaan yang lebih balk. Simulasi penyelamatan yang dilaksanakan secara rutin diperlukan sanggup membangun budaya kondusif dan menumbuhkan naluri penyelamatan diri, menyelamatkan anggota keluarga dan membantu penyelamatan bagi sesama di sekitarnya.

Waktu Kegiatan Simulasi Evakuasi Bencana
Kemendikbud meninformasikan dalam surat edaran Kegiatan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak di Satuan Pendidikan diperkirakan berdurasi 2 jam dengan slogan "Siap untuk Selamat".


Latihan penyelamatan peristiwa yang sanggup dilaksanakan sebagai berikut:

  1. Evakuasi Mandiri Bencana Gempabumi;
  2. Evakuasi Mandiri Bencana Gempa yang disertai Tsunami;
  3. Evakuasi Mandiri Bencana Kebakaran;
  4. Evakuasi Mandiri Bencana Banjir;
  5. Evakuasi Mandiri Bencana Erupsi Gunungapi;
  6. Evakuasi bahaya peristiwa lain yang sesuai dengan data dan fakta di lapangan

Bagi bapak/ibu guru yang ingn mengetahui risiko peristiwa pada kawasan masing-masih, sanggup mengeceknya melalui situs/ website inarisk.bnpb.go.id .

Selengkapnya, bagi sekolah/ madrasah yang belum memiliki Surat Edaran Kemendikbud Tentang Himbauan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak sanggup mengunduhnya melalui tautan link di bawah ini.

Edaran Himbauan Simulasi Evakuasi Bencana, Unduh
Buku fatwa Latihan Kesiapsiagaan Bencana/ Pedoman Simulasi Evakuasi Bencana, Unduh
Buku Saku Siaga Bencana, Unduh

Demikian Surat Edaran Kemendikbud Tentang Himbauan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak yang sanggup saya bagikan, semoga bermanfaat.

Sumber http://www.websiteedukasi.com/

0 comments:

Post a Comment