Situs Edukasi | Educational Norjatar

Beasiswa Unggulan Bidang Perfilman Tahun 2018

Beasiswa Unggulan Bidang Perfilman Tahun 2018 - Halo teman Situs Edukasi, pada postingan ini saya akan menyebarkan informasi Beasiswa terbaru yakni Beasiswa Unggulan Bidang Perfilman Tahun 2018 dalam bidang Film dan Televisi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menawarkan beasiswa kepada siswa siswi SMA, MA, Sekolah Menengah kejuruan yang berminta melanjutkan sekolah keperguruan tinggi di Bidang Film dan Televisi, bagi anda yang berminta segera daftar kefakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (FFTV-IKJ).

Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan potensi sumber daya kawasan guna melahirkan insan terbaik bangsa yang mempunyai pemahaman kebangsaan secara komprehensif,  integritas dan dapat dipercaya tinggi, berkepribadian unggul, moderat, serta peduli terhadap
kehidupan bangsa dan negara khususnya di bidang PERFILMAN dan PERTELEVISIAN, Pusat
Pengembangan Perfilman, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  bermaksud mengirim calon  mahasiswa berprestasi untuk mengikuti kegiatan pendidikan film
yang diselenggarakan oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2018.


Tujuan  Beasiswa Unggulan Bidang Perfilman 2018

  1. Tujuan umum kegiatan Beasiswa Unggulan Tahun 2018 yakni untuk meningkatkan kemampuan sumberdaya insan yang mendukung percepatan pembangunan daerah, peningkatan penemuan teknologi, kebudayaan dan kesenian dan  peningkatan mutu serta daya saing daerah.
  2. Tujuan khusus menyiapkan sumber daya insan serta meningkatkan kompetensi bidang perfilman menurut pada produk unggulan pendidikan dan kebudayaan.
  3. Beasiswa Unggulan Tahun 2018 Biro PKLN dan Pusbang-film Kemdikbud yakni kegiatan beasiswa nasional dalam rangka menyiapkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif sesuai dengan visi pendidikan nasional dan perfilman di Indonesia.

Sasaran Beasiswa Unggulan Bidang Perfilman 2018
Sesuai Permendikbud Nomor 95 tahun 2013 wacana Beasiswa Unggulan dan tujuan khusus dari  kegiatan beasiswa kelas khusus, maka target akseptor Beasiswa Unggulan Program Kelas Khusus  yakni lulusan satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK tahun, 2016, 2017 dan 2018 yang mempunyai potensi akademik yang baik dan berprestasi dalam bidang perflman dan pertelevisian.

Program Beasiswa Bidang Perfilman 2018

1. Beasiswa Unggulan Bidang Perfilman
Peserta Beasiswa Unggulan Tahun 2018 Program Studi Film dan Televisi Strata 1 jenjang  SARJANA yang diselenggarakan  oleh  FAKULTAS FILM  DAN  TELEVISI INSTITUT  KESENIAN JAKARTA berjumlah  tiga  puluh (30) orang yang telah menjalani proses seleksi  dan harus menjalani proses belajar  di Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta.

2. Ketentuan Umum

  1. Mahasiswa yakni Warga Negara Indonesia sebagai peserta didik berprestasi yang telah memenuhi syarat akademis dan ketentuan penyelenggaraan Beasiswa Unggulan Tahun 2018  Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Program Studi Film dan Televisi Strata 1 yakni pendidikan  ormal jenjang SARJANA yang  diselenggarakan oleh FAKULTAS  FILM  DAN TELEVISI INSTITUT KESENIAN JAKARTA (FFTV-IKJ).
  3. Seleksi yakni proses penjaringan calon peserta yang dilakukan oleh FFTV-IKJ dan Pusbang-film, baik tertulis maupun wawancara dan memenuhi persyaratan yang ditentukan Biro  Perencanaan dan  Kerja Sama Luar Negeri dan FFTV-IKJ. Peserta yang dinyatakan lulus berhak menerima Beasiswa Unggulan Tahun 2018 serta mengikuti pendidikan  di  FAKULTAS FILM DAN TELEVISI INSTITUT KESENIAN JAKARTA.
  4. Proses pendidikan  adalah  serangkaian proses  belajar-mengajar  yang dilaksanakan untuk berlangsungnya pendidikan hingga dengan pencapaian gelar akademik termasuk proses wisuda.

3. Persyaratan Beasiswa Unggulan Bidang Perfilman 2018

persyaratan pengajuan usulan Beasiswa Unggulan Kelas Khusus yakni sebagai berikut.

a) Persyaratan

  1. Lulusan satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK tahun 2016, 2017, dan 2018 yang berusia maksimal 22 tahun dikala mendaftar. 
  2. Tidak sedang mendapatkan beasiswa atau berada dalam status ikatan dinas forum atau instansi lain.

b) Persyaratan Dokumen

1.  Ijazah/Surat Keterangan Lulus dari sekolah/Bagi siswa  yang  masih duduk dikelas  XII
bisa menyerahkan surat keterangan dari sekolah yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan merupakan siswa di sekolah tersebut. (Wajib upload di website Penerimaan Mahasiswa Baru FFTV-IKJ).

2.  Sertifikat/penghargaan/prestasi dibidang film minimal tingkat kabupaten/kota. (Wajib upload  di  website Penerimaan Mahasiswa Baru FFTV-IKJ).

3. Pas Foto 3x4 dan 2x3 berwarna masing-masing 2 lembar. (Wajib upload di website Penerimaan Mahasiswa Baru FFTV-IKJ).

4. Foto copy Kartu Keluarga. (Wajib upload  di website  Penerimaan Mahasiswa Baru FFTV- IKJ).
5.  Foto copy  Akte  Kelahiran (Wajib  upload  di website  Penerimaan Mahasiswa Baru FFTV- IKJ).
6.  Transkrip nilai terakhir.
7.  Nilai Ujian Akhir Nasional
8.  Memiliki bukti karya di bidang film.
9.  Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
10. Surat Keterangan Sehat.       
11. Surat  Keterangan  Bebas Narkoba  dari  RSUD atau  minimal  Rumah  Sakit Tipe C.

Menulis esai dengan minimal 3 s.d 5 lembar (A4) dengan tema ‘Aku Generasi nggul Kebanggaan Bangsa Indonesia’.

Catatan: Semua berkas persyaratan wajib dibawa dikala pelaksanaan ujian.

d) Pendaftaran dan Seleksi
Pelaksanaan Program Beasiswa bidang perfilman:

a. Sosialisasi kegiatan pada bulan April hingga dengan 30 Juni 2018.

b. Pendaftaran dibuka  anggal 1 Mei hingga dengan  30 Juni  2018  di website pmb.ikj.ac.id dan
buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/kolektif
c.  Seleksi dilaksanakan dalam dua tahap:
  • Seleksi manajemen tanggal 1 Mei hingga dengan 7 Juli 2018.
  • Pengumuman calon mahasiswa yang lolos seleksi manajemen diumumkan tanggal 21 Juli 2018 di website Penerimaan Mahasiswa Baru FFTV-IKJ.
  • Seleksi tertulis dan wawancara tanggal 28 Juli 2018. 

d.  Pengumuman hasil seleksi dilaksanakan pada 6 Agustus 2018 melalui website Penerimaan Mahasiswa Baru FFTV-IKJ.
e.  Seluruh proses registrasi dan seleksi manajemen tidak dipungut biaya.
f.  Biaya fasilitas dan transportasi seleksi ujian tertulis dan wawancara ditanggung oleh masing-masing calon mahasiswa.

Demikian Beasiswa Unggulan Bidang Perfilman Tahun 2018 Bidang Film dan Televisi yang sanggup saya sampaikan, biar bermanfaat.
Sumber http://www.websiteedukasi.com/

0 comments:

Post a Comment