Situs Edukasi | Educational Norjatar

Orientasi Layanan Bk Smp/Mts Kurikulum 2013 Revisi 2017

Orientasi Layanan BK SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Halo teman Situs Edukasi, pada postingan ini saya akn menyebarkan manajemen guru BK terbaru yakni Orientasi Layanan Bimbingan Konseling (BK) jenjang SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang bisa anda unduh secara gratis.

Pelayanan bimbingan dan konseling meliputi bimbingan dan konseling bagi penerima didik yang mempunyai kemauan dan kecerdasan luar biasa. Bentuk faktual layanan bidang berguru diantaranya yang diberikan guru kelas kepada penerima didik yang membutuhkan pengajaran remidi atau pendampingan khusus alasannya yaitu kemampuan intelektualnya yang luar biasa. Disamping layanan terbatas pada penerima didik yang mengatakan tanda-tanda penyimpangan perkembangan normal, pelayanan juga tersedia untuk semua penerima didik.

Layanan Bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Pertama bercorak lain, lebih tegas dibedakan antara manajemen sekolah, bidang pengajaran, dan bidang training penerima didik. Bidang training mengatakan keanekaragaman, termasuk pelayanan bimbingan. Pelaksanan pelayanan bimbingan dan konseling untuk pendidikan di SMP/MTs dilakukan oleh guru BK atau konselor sekolah. Pendekatan pelayanan bimbingan dan konseling dilakukan secara integratif, yang meliputi bidang belajar, pribadi, sosial dan karir, dengan banyak sekali jenis layanan dan aktivitas pendukukng.


Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Pertama dilaksanakan oleh seorang yang profesional di bidangnya yang dikenal dengan Guru BK atau Konselor sekolah. Terdapat beberapa alasan diantaranya adalah:

  1. Usia Sekolah Menengah Pertama berada pada remaja, merupakan periode pertumbuhan fisik yang merupakan kelanjutan pertumbuhan dan perkembangan di masa kanak-kanak. Fase pubertas (kematang seksual) yang dihadapkan dengan banyak sekali persoalan dan ketidak siapan menghadapinya.
  2. Periode perkembangan menuju kedewasaan dengan implikasi, diantaranya: kemandirian, tanggungjawab, dan disiplin diri.
  3. Kebutuhan independensi dan kemampuan untuk menalar dan berhipotesis berkembang sangat cepat, sebagai alhasil remaja sangat kritis dan memberontak terhadap solusi orang dewsa.
  4. Keanggotaan dalam kelompok sebaya yang dipilih sendiri, sebagai sentra aktifitas berguru dan hiburan. Remaja lebih mengutamakan kelompoknya daripada terhadap orang tuanya.
  5. Remaja mulai mencari arah, nilai-nilai dan identitas pribadi. Dalam upaya pencarian identitas diri, remaja sering berhadapan dengan persoalan dalam perjalanan hidupnya.

Berbagai faktor kebutuhan remaja Sekolah Menengah Pertama diatas, mengakibatkan kebutuhan pelayanan khusus yang harus ditangani oleh andal yang profesional dalam membantu mengatasi masalah, atau perlu kehadiran konselor sekolah. Guru Mata pelajaran saja tidak cukup, alasannya yaitu sudah mempunyai kiprah dan tanggung jawab sendiri terhadap mata pelajarannya.

Selengkapnya, bagi Guru BK jenjang SMP/MTs yang belum memiliki Orientasi Layanan Bimbingan dan Konseling Kurikulum 2013 Revisi 2017 bisa mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.

Orientasi Layanan BK Sekolah Menengah Pertama K13 Revisi 2017.docx, Unduh File

Demikian Orientasi Layanan BK SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang sanggup saya bagikan, agar bermanfaat.
Sumber http://www.websiteedukasi.com/

0 comments:

Post a Comment