Situs Edukasi | Educational Norjatar

Pendaftaran Jalur Ujian Berdikari Ptn Wilayah Barat 2018/2019

Pendaftaran Jalur Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat 2018/2019 - Halo teman Situs Edukasi, pada postingan ini saya akan berbagi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri khusus wilayah Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Informasinya bisa anda baca di bawah ini .....

Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana (S1) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Jalur Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Tahun Ajaran 2018/2019 dimulai pada tanggal 02 Mei 2018 hingga dengan tanggal 10 Juli 2018 melalui laman https://pendaftaran.smmptnbarat.id .

Perlu kita ketahui bersama, Pendaftaran Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN sanggup juga dilakukan melalui Jalur Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing akademi tinggi. Peraturan Pendaftaran mahasiswa gres Jalur berdikari Perguruan Tinggi Negeri ini tertuang dalam Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016.

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Tahun Ajaran 2018/2019 ini dinamakan jadwal SMM PTN-BARAT 2018 yang disepakati oleh 16 Perguruan Tinggi Negeri anggota BKS Wilayah Barat dalam Rektor Perguruan Tinggi Negeri Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Wilayah
Barat (BKS Wilayah Barat) pada tanggal 22 - 23 Maret 2018.

Adapun Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tergabung dalam penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2018 ialah sebagai berikut:

  1. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)
  2. Universitas Andalas (Unand)
  3. Universitas Jambi (Unja)
  4. Universitas Lampung (Unila)
  5. Universitas Bengkulu (Unib)
  6. Institut Seni Indonesia (ISI)
  7. Universitas Palangkaraya (UPR)
  8. Universitas Malikussaleh (Unimal)
  9. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta)
  10. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
  11. Universitas Bangka Belitung (UBB)
  12. Universitas Teuku Umar (UTU)
  13. Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
  14. Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh
  15. Universitas Samudera (Unsam)

Seleksi Program SMM PTN-BARAT 2018 / Jalur mandiri PTN Wilayah Barat tahun fatwa 2018/2019 teknis pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama, seleksi menurut hasil ujian tulis dalam bentuk cetak (UTBC) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

Pembiayaan penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2018 sepenuhnya bersumber dari biaya pendaftaran dan seleksi para calon mahasiswa. Informasi selengkapnya terkait perihal persyaratan, ketentuan, cara pembayaran biaya pendaftaran dll silahkan kunjungi laman www.smmptnbarat.id dan website masing-masing akademi tinggi.

Tujuan penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2018

  • Memfasilitasi para calon mahasiswa peserta seleksi mahasiswa gres jalur mandiri, mempunyai opsi untuk menentukan dan masuk menjadi mahasiswa pada jadwal studi dari banyak sekali akademi tinggi.
  • Menyeleksi secara bersama, calon-calon mahasiswa yang diprediksi bisa menuntaskan studi di akademi tinggi dengan baik.

Ketentuan Umum dan Persyaratan SMM PTN-BARAT 2018

1. Ketentuan Umum
SMM PTN-BARAT 2018 merupakan seleksi calon mahasiswa gres jalur berdikari yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar akademi tinggi negeri yang tergabung dalam BKS Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya mengadopsi teladan yang dilakukan pada jalur SBMPTN yaitu berdasar hasil ujian tulis berbasis cetak (UTBC) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

2. Persyaratan Pendaftaran

  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, harus mempunyai ijazah.
  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2018, telah mempunyai Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya info jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.
  • Peserta seleksi dalam kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada jadwal studinya.
  • Ijazah ialah 3 tahun terakhir 2016, 2017, dan 2018 kecuali untuk UMRAH, Unja, UPR, dan Unimal tahun ijazah 5 tahun yaitu 2014, 2015, 2016, 2017, dan 2018 dan Paket C maksimal umur 25 tahun. Khusus untuk Institut Seni Budaya Indonesia Aceh (ISBI), tahun ijazah 10 tahun terakhir atau tidak lewat dari tahun ijazah 2009.
  • Ujian TOEFL dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2018 bagi peserta yang menentukan Program Studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Penerimaan SMM PTN-BARAT 2018
Peserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SMM PTN-BARAT 2018, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri penerima, termasuk besaran nilai UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang besarnya sanggup dilihat pada website akademi tinggi masing-masing.

Prosedur Pendaftaran SMM PTN-BARAT 2018

  • Pendaftaran SMM PTN-BARAT 2018 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran silahkan anda dilihat disini.
  • Proses pendaftaran diawali dengan mengisi biodata singkat pada laman pendafaran untuk mendapat Kode Pembayaran dan PIN. Setelah Kode Pembayaran diperoleh, proses pembayaran sanggup dilakukan melalui bank kawan yaitu Mandiri, BNI, dan BTN. Tata cara pembayaran silahkan anda lihat disini.
  • Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tulis dan keterampilan dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukan seluruh data yang dibutuhkan secara benar.
  • Pendaftaran dimulai semenjak tanggal 02 Mei 2018 hingga dengan tanggal 10 Juli 2018.
  • Pada ketika melaksanakan pendaftaran secara online, bagi peserta yang mengikuti SBMPTN 2018, diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2018 pada kolom yang disediakan.


Jenis Ujian Peserta SMM PTN-BARAT 2018

1. Ujian Tulis (UTBC)
Materi Ujian Tulis terdiri atas:

  • Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
  • Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi.

2. Ujian Keterampilan
Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peserta yang menentukan jadwal studi bidang seni dan keolahragaan terdiri dari :

  • Ujian keterampilan seni rupa dengan mata tes menggambar, tes pengetahuan dan wawasan seni rupa.
  • Ujian keterampilan seni tari dengan mata tes tari bentuk, tes kreatifitas tari, tes imitasi gerak, serta tes pengetahuan dan wawasan seni tari (dalam bentuk wawancara)
  • Ujian keterampilan seni musik dengan mata tes musikalitas, tes praktek instrumen, serta tes pengetahuan dan wawasan seni musik (dalam bentuk wawancara)
  • Ujian keterampilan seni drama/teater dengan mata tes praktek monolog, tes praktek pantomim, serta tes pengetahuan dan wawasan seni drama/teater (dalam bentuk wawancara).
  • Ujian keterampilan olah raga dengan mata tes kesehatan dan tes keterampilan motorik.
  • Ujian TOEFL bagi peserta yang menentukan Program Studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 18 Juli 2018.

Kelompok Ujian
Kelompok ujian SMM PTN-BARAT 2018 terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yakni:

  • Kelompok ujian Saintek dengan bahan ujian TKPA, TKD dan Saintek.
  • Kelompok Ujian Soshum dengan bahan ujian TKPA, TKD, dan Soshum.
  • Kelompok Ujian Campuran dengan bahan ujian TKPA, TKS, Saintek, dan Soshum.

Setiap peserta SMM PTN-BARAT 2018 dapat mengikuti salah satu dari kelompok Saintek, Soshum, atau Campuran.

Kelompok Program Studi dan Jumlah dan Pilihan

  • Program studi (Prodi) yang ada di Perguruan Tinggi Negeri dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan Soshum.
  • Peserta yang menentukan prodi-prodi yang masuk pada kelompok Saintek atau Soshum saja sanggup menentukan sebanyak-banyak 3 prodi pada satu Perguruan Tinggi Negeri atau lebih.
  • Peserta yang menentukan prodi-prodi yang masuk kelompok Campuran (Saintek dan Soshum) sanggup menentukan sebanyak-banyak 4 prodi pada satu Perguruan Tinggi Negeri atau lebih.
  • Urutan dalam pemilihan jadwal studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Peserta diwajibkan untuk menentukan prodi pada Perguruan Tinggi Negeri kawasan mengikuti ujian sebagai pilihan pertama.
  • Bagi yang menentukan prodi bidang keolahragaan dan seni diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.
  • Biaya Register dan Seleksi Ujian Tulis dan Keterampilan

Biaya pendaftaran dan seleksi bagi peserta yang masuk kelompok Saintek atau Soshum (tidak ada bahan uji keterampilan) sebesar Rp 300.000,-

  • Biaya pendaftaran dan seleksi bagi peserta yang masuk kelompok Campuran dan kelompok Saintek atau Soshum yang ada bahan uji keterampilan dan/atau bahan TOEFL ialah sebesar Rp 400.000,-
  • Biaya pendaftaran dan seleksi sanggup dibayarkan pada waktu yang ditetapkan melalui Bank yang ditetapkan.
  • Biaya pendaftaran dan seleksi yang telah dibayarkan TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Jadwal Ujian SMM PTN-BARAT 2018

Ujian Tulis (UTBC) :
UTBC dilaksanakan pada UTBC dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 17 Juli 2018. Dengan tentative sebagai berikut;


Ujian Keterampilan :
Ujian Keterampilan dilaksanakan pada hari Selasa s.d. Kamis tanggal 18 s.d. 19 Juli 2018

Tempat dan Lokasi Ujian

  • Tempat ujian peserta SMM PTN-BARAT 2018 ialah di Perguruan Tinggi Negeri pilihan pertama.
  • Lokasi ruang ujian tulis diatur dan ditetapkan oleh panitia pada masing-masing Perguruan Tinggi Negeri peserta jadwal seleksi SMM PTN-BARAT 2018.
  • Lokasi ujian keterampilan dilakukan di Perguruan Tinggi Negeri kawasan ujian tulis, dan apabila tidak tersedia, maka dilakukan di Perguruan Tinggi Negeri terdekat, dengan biaya transportasi atas tanggungan peserta.

Pengumuman Hasil Seleksi Peserta SMM PTN-BARAT 2018
Hasil seleksi SMMPTN 2018 akan diumumkan pada tanggal 27 Juli 2018 mulai pukul 14.00 WIB dan sanggup diakses melalui laman http://pengumuman.smmptnbarat.id dan laman berikut:

Lain-lain

  • Informasi resmi mengenai SMM Perguruan Tinggi Negeri 2018 sanggup diakses melalui laman  http://www.smmptnbarat.id.
  • Website SMM PTN-BARAT 2018: http://www.smmptnbarat.id
  • Website akademi tinggi masing-masing.
  • Sekretariat panitia SMM PTN-BARAT 2018 pada masing-masing akademi tinggi.
  • Alamat Sekretariat SMM PTN-BARAT 2018 ialah sebagai berikut:

Gedung Rektorat Unand
Kampus Unand, Limau Manis, Padang 25163, Sumbar
Telepon: 0751-71181; 71175; 71086; 71087;
Faksimil: 0751-78085; 713301
Pendaftaran Online : https://pendaftaran.smmptnbarat.id/

Demiikian Pendaftaran Jalur Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat 2018/2019 yang sanggup saya sampaikan, biar bermanfaat.
Sumber http://www.websiteedukasi.com/

0 comments:

Post a Comment