Situs Edukasi | Educational Norjatar

Cara Bijak Merawat Baterai Laptop Supaya Abadi Tahan Usang Dan Tidak Gampang Rusak

Sahabat pembaca yang baik hati, dan semoga dalam keadaan Yang Baik, kali ini penulis ingin sharing goresan pena yang berjudul Cara Bijak Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama Dan Tidak Praktis Rusak untuk lebih lanjutnya sebagai berikut :


1.    Gunakan batrai orisinil ( original )
Baterai orisinil atau original biasanya kita sebut dengan aterai bawaan laptop, dimana baterai ini mempunyai tegangan (Voltase) , arus (Ampere) , maupun daya (Watt) yang sesuai dengan kebutuhan laptop anda, sebagai pola gambar berikut.

Setiap laptop, biasanya mempunyai voltase dan daya yang berbeda sesuai dengan tippe laptopnya, oleh alasannya itu keterangan yang tertera pada batre laptop ini sangatlah penting bagi anda sebagai pemilik laptopnnya.


2.    Gunakan charger orisinil ( original )
Charger orisinil diperuntukkan untuk melaksanakan proses pengecasan (charging) untuk tipe batre tertentu. Ini lah selayaknya jikalau anda membeli charger pengganti gunakanlah yang sesuai dengan laptopnya.

Tak jauh berbeda dengan baterai orisinil / ori charger laptop yang orisinil juga mempunyai spesifikasi perihal voltase dan arus yang tertera dan biasanya tertulis menyerupai berikut ini


INPUT                   : 110-240V
OUTPUT               : 19V , 3.42A
Iulah contohnya dimana input yaitu daya yang masuk kedalam charger, kalo arus yang banyak beredar oleh PLN yaitu normalnya 220V, namun tidak menutup kemungkinan akan turun atau naik. Maka dalam charger tersebut berarti bisa digunakan ketika tegangan PLN turun hingga 110 V dan masih juga bertahan ketika tegangan atau Voltase PLN naik hingga 240V.

Jika tegangan berada diluar rentang 110-240 V, maka charger bisa saja tidak berfungsi, atau bahkan bisa mengalami kerusakan pada chargernya ketika tegangan melebihi 240V

3.    Hentikan pengecasan ketika sudah 100 %
Sahabat pembaca Situs Edukasi Norjatar, ada kalanya anda mengecas laptop ketika malam dan anda tinggal tidur hingga pagi, nah sesungguhnya ini yang dimaksudkan di pembahasan ini


Saat melaksanakan pengecasan, indikator baterai akan naik hingga puncaknya mencapai 100% dan ketika sehabis 100 % ini beberapa laptop sesungguhnya mempunyai fitur otomatis untuk memindahkan penggunan daya melalui sumber AC langsung. Namun ada beberapa yang belum mempunyai fitur otomatis ini, atau mungkin sesungguhnya sudah mempunyai fitur otomatis ini namun alasannya sudah beberapa waktu ada yang mengalami kendala. Sehingga mengakibatkan pengecasan terus berlangsung ketika penggunaan baterai digunakan, hal ini akan menimbulkan imbas kurang baik.

Ibarat pengecasan ini yaitu ada yang dimasukkan tapi ada juga yang dikeluarkan, sehingga jikalau kondisi ini terus menerus dalam waktu yang usang maka akan mengurangi umur baterai laptop anda.

Makara anda boleh saja membiarkan hingga 100 % pengecasan yang tidak terlalu lama, atau anda juga boleh membiarkan pengecasan jikalau anda yakin fitur otomatis di laptop anda berjalan dengan baik.

Catatan : pengecasan yang terbaik versi Situs Edukasi Norjatar yaitu pengecasan ketika laptop dimatikan, anda bisa melihat indikator pengecasan full atau masih mengecas. Pengecasan ini bisa dilakukan jikalau kondisi bisa diatur contohnya untuk istirahat, atau untuk mendinginkan bebrapa waktu sehabis dipakai.

4.    Jangan biarkan laptop mati sendiri ( kehabisan baterai)
Terkadang saking asiknya memakai laptp yang lagi belajar, atau bekerja, bahkan lagi asyik nge game. Tak terasa ada peringatan batrai low, dibiarkan saja, dan akhirnya mati deh laptopnya...

Saran kami, hindari hal yang menyerupai itu, alasannya baterai laptop yang mengalami pengosongan hingga benar benar kosong kemungkinan bisa menjadikan kerusakan pada sisi baterai, apalagi jikalau hali ini terjadi berkali kali...

Hal ini menurut pengalaman penulis dan juga dari dongeng mitra kawan, perihal awal mula baterai laptop mereka mengalami umur yang lebih pendek, diawali dengan lupa mematikan laptop yang tidak disetting mati atau sleep otomatis, hingga batre habis sendiri, atau keasyikan memakai laptop hingga adanya peringatan  batrai low tetap diabaikan alasannya merasa tanggung sedikit lagi... dan karenanya mati sendiri laptopnya.

Untuk meghindari baterai kosong ini anda sanggup mensetting pengaturan sleep atau hibernate laptop anda sebelum mencapai batrai 0%, misalanya anda sanggup mensetting laptop akan mati otomatis ketika kondisi baterai 10 % atu 15 persen.

Bagi yang belum bisa men setting ini silahkan setting di control panel atau anda sanggup membaca artikel kami yang akan dibuatkan di judul cara mengatur hibernat dan standby laptop supaya laptop mati sendiri jikalau baterai menipis

5.    Cabut baterai jikalau kemungkinan usang tidak digunakan ( ini ada yang bisa dan ada yang tidak bisa)
Jika anda mempunyai rencana laptop anda akan di simpan atau tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama, contohnya 1 ahad atau satu bulan, Situs Edukasi Norjatar punya saran, sebaiknya di lepas saja baterainya, jikalau anda masih belum bisa melepasnya bacalah buku petunjukya, jikalau anda masih belum bisa juga, minta tolong teknisi atau teman yang memang bisa untuk melepaskanya.

Tapi sebelum anda lepas usahakan di cas dulu baterainya hingga penuh, atau boleh sekitar 50-90 % . hal ini menurut pengamatan ketika pembelian laptop yang versi baterai bisa dilepas, ketika kita beli pertama baterai tidak terpasang. Dan kondisi pengecasan pertama dari pabrik sekitar 50%

Pencabutan baterai ini dilakukan untuk menghindari adanya konsletting atau adanya penggunaan daya secara terus menerus akhir kebocoran pada sistem rangkaian laptop walaupun nilainya kecil, alasannya jikalau dibiarkan, baterai anda akan mengalami kekosongan sendiri, dan jikalau ini terjadi maka sama menyerupai point no 4 diatas.

6.    Jangan paksa CPU bekerja maksimal terus , alasannya akan menghabiskan baterai
Kondisi CPU semakin besar penggunaan, maka semakin banyak konsumsi daya, sehingga akan menjadikan daya dalam baterai laptop anda cepat habis. Oleh alasannya itu, jikalau kondisi penggunaan CPU terlalu besar, cobalah dikurangi jikalau dimungkinkan. Dan anda sanggup melihat jadwal apa saja yang meenggunakan CPU melalui task manager dan pada tab process.

Jika anda belum bisa mengetahui proses yang memakan banyak memory maupun CPU anda sanggup membacanya pada link cara melihat penggunaan CPU dan Proses yang sedang berjalan

7.    Tutup aplikasi yang tidak dipakai
Sahabat Situs Edukasi Norjatar tak terasa kita sudah hingga pada pembahasan ke 7 perihal artikel Cara Bijak Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama Dan Tidak Praktis Rusak, diantara teman mungkin ada yang sering membuka banyak aplikasi secara bersamaan, alasannya mungkin didukung oleh performa laptop yang handal, dengan prosesor yang cepat dan memory RAM yang besar, sehingga tidak terasa adanya perlambatan ketika membuka banyak aplikasi sekaligus. Atau mungkin anda tidak membuka banyak aplikasi, tapi anda membuka sebuah jadwal dengan banyak file maupun tab yang sedang dijalankan secara sekaligus.

Tahukah anda sesungguhnya hal ini mempengaruhi daya tahan batre laptop anda. Saya contohkan saja, anda buka word, powerpoint, excel, chrome, game dan masih banyak lagi yang masih berjalan tanpa anda sadari. Mungkin berawal dari mengerjakan tugas, eh belum selesai mentok karenanya ada yang perlu dicari diinternet, karenanya buka google chrome, dan sehabis nyari sanggup ngerjain lagi, dan sehabis capek kerja, ah refreshing dulu, karenanya buka game hingga lupa yang lain tadi belum ditutup.... niatnya nge game sebentar... dan merasa asyik... terusin lagi.. dan terusin lagi hingga karenanya kerjaan lupa aplikasi bayak terbuka, batre habis pula dibiarkan... hati hati bisa kembali ke point 4

Aplikasi yang banyak berjalan, mengakibatkn banyak memory dan CPU yang digunakan, sehingga walaupun tidak hingga kejadian menyerupai CPU point 5, dimana CPU bekerja maksimal. Akan tetapi banyaknya apilkasi yang berjalan juga menjadikan konsumsi daya batre akan semakin besar dan sanggup mengakibatkan daya dalam baterai cepat habis.

Maka matikanlah aplikasi yang merasa anda ini kini tidak digunakan lagi, nanti kalo mau digunakan gres dibuka lagi.

8.    Gunakan mode hemat daya ( Power saver )
Didalam laptop anda biasanya sudah terdapat mode penghemat daya baterai yang biasanya tertulis power saver, waktu kita melihat indikator batrai laptop yang ada di pojok kanan bawah laptop anda (standard tempatnya kalo belum dirubah). Kalo power saver tidak muncul, anda bisa memunculkannya mellaui control panel. Power saver sesungguhnya jikalau anda inginkan, anda juga bisa merubahnya contohnya kecerahan cahaya ketika memakai power saver, berapa menit laptop akan melaksanakan sleep jikalau tidak dipakai, dan lain lain.
Jika anda ingin mengetahui lebih banyak perihal powersaver, silahkan baca artikel lainya tentang Cara Mengaktifkan Power Saver Dan Pengaturanya Lengkap

9.    Matikan screen saver
Screen saver biasanya akan muncul sehabis sekian usang laptop tidak dipakai, contohnya sehabis 1 menit, atau sehabis 5 menit. Hal ini tegantung pengaturan anda memunculkan screen saver.
 
contoh screen saver buble dan 3D text
Pada ketika penggunaan baterai screen saver akan tetap mengkonsumsi daya laptop, dan terkadang screen saver juga ada yang memakai video plus suara, hal ini akan memakai daya yang cukup besar ketika kita tidak memakai laptop.

Akan lebih baik jikalau screensaver dimatikan, sehingga komputer akan melaksanakan sleep atau hibernate, sehingga layar akan mati dan menghentikan atau mengurangi daya ketika kita tidak memakai laptop. Sehingga baterai laptop anda akan tetap terjaga awetnya dan bertahan lama.

Itulah mungkin saran dari admin Situs Edukasi Norjatar untuk anda dalam artikel Cara Bijak Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama Dan Tidak Praktis Rusak, bagaimana pendapat anda ? adakah anda yang baiklah atau point ke berapa yang anda tidak setuju?


0 comments:

Post a Comment