Situs Edukasi | Educational Norjatar

Panduan Penetapan Kkm Tahun Pelajaran 2018/2019

Panduan Penetapan KKM Tahun Pelajaran 2018/2019 - Halo sahabat websiteeduksi.com, pada postingan ini saya akan berbagi Panduan Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 yang sanggup anda unduh secara gratis.

KKM harus ditetapkan sebelum awal tahun aliran dimulai atau awal tahun aliran 2018/2019. Seberapapun besarnya jumlah akseptor didik yang melampaui batas ketuntasan minimal, tidak mengubah keputusan pendidik dalam menyatakan lulus dan tidak lulus pembelajaran. Acuan kriteria tidak diubah secara serta merta sebab hasil empirik penilaian. Pada teladan norma, kurva normal sering dipakai untuk menentukan  ketuntasan  mencar ilmu akseptor didik jikalau diperoleh hasil rata-rata kurang memuaskan. Nilai selesai sering dikonversi dari kurva normal untuk mendapat sejumlah akseptor didik yang melebihi nilai 6,0 sesuai proporsi kurva. Acuan kriteria mengharuskan pendidik untuk melaksanakan tindakan yang sempurna terhadap hasil penilaian, ialah menunjukkan layanan remedial bagi yang belum tuntas dan atau layanan pengayaan bagi yang sudah melampaui kriteria ketuntasan minimal.

Kriteria ketuntasan minimal (KKM) ditetapkan oleh satuan pendidikan menurut hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang mempunyai karakteristik yang hampir sama. Pertimbangan pendidik atau lembaga MGMP secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.


Fungsi kriteria ketuntasan minimal:

1.  sebagai teladan bagi pendidik dalam menilai kompetensi akseptor didik sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Setiap kompetensi dasar sanggup diketahui ketercapaiannya menurut KKM yang ditetapkan. Pendidik harus menunjukkan respon yang sempurna terhadap pencapaian kompetensi dasar dalam bentuk pemberian layanan remedial atau layanan pengayaan;

2.  sebagai teladan bagi akseptor didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran. Setiap kompetensi dasar (KD) dan indikator ditetapkan KKM yang harus dicapai dan dikuasai oleh akseptor didik. Peserta didik dibutuhkan sanggup mempersiapkan diri dalam mengikuti penilaian biar mencapai nilai melebihi KKM. Apabila hal tersebut tidak sanggup dicapai, akseptor didik harus mengetahui  KD-KD yang belum tuntas dan perlu perbaikan;

3.  sanggup dipakai sebagai kepingan dari komponen dalam melaksanakan penilaian program  pembelajaran  yang  dilaksanakan  di  sekolah.  Evaluasi keterlaksanaan dan hasil aktivitas kurikulum sanggup dilihat dari keberhasilan pencapaian KKM sebagai tolok ukur. Oleh sebab itu hasil pencapaian KD menurut KKM yang ditetapkan perlu dianalisis untuk mendapat gosip wacana peta KD-KD tiap mata pelajaran yang gampang atau sulit, dan cara perbaikan dalam proses pembelajaran maupun pemenuhan sarana- prasarana mencar ilmu di sekolah;

4.  merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan akseptor didik dan antara satuan pendidikan dengan masyarakat. Keberhasilan pencapaian KKM merupakan upaya yang harus dilakukan bersama antara pendidik, akseptor didik,  pimpinan  satuan  pendidikan,  dan  orang  tua.  Pendidik  melaksanakan upaya pencapaian KKM dengan memaksimalkan proses pembelajaran dan penilaian. Peserta didik melaksanakan upaya pencapaian KKM dengan proaktif mengikuti kegiatan pembelajaran serta mengerjakan tugas-tugas yang telah didesain pendidik. Orang renta sanggup membantu dengan menunjukkan motivasi dan derma penuh bagi putra-putrinya dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan  pimpinan  satuan  pendidikan  berupaya  memaksimalkan pemenuhan  kebutuhan  untuk  mendukung  terlaksananya  proses pembelajaran dan penilaian di sekolah;

5.  merupakan sasaran satuan pendidikan dalam pencapaian  kompetensi  tiap mata  pelajaran.  Satuan  pendidikan  harus  berupaya  semaksimal  mungkin untuk melampaui KKM yang ditetapkan. Keberhasilan pencapaian KKM merupakan salah satu tolok ukur kinerja satuan pendidikan dalam menyelenggarakan  program  pendidikan.  Satuan  pendidikan  dengan  KKM yang tinggi dan dilaksanakan secara bertanggung jawab sanggup menjadi tolok ukur kualitas mutu pendidikan bagi masyarakat.

Selengkapnya, bagi bapak/ ibu guru yang belum memiliki Panduan Penetapan KKM Tahun Pelajaran 2018/2019 biasa mengunduhnya melalui tuauntan link yang saya sematkan di bawah ini.

Panduan Penetapan KKM.pdf, Unduh
Panduan Penetapan KKM.docx, Unduh

Demikian Panduan Penetapan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Tahun Pelajaran 2018/2019 yang sanggup saya bagikan, semoga bermanfaat.
Sumber http://www.websiteedukasi.com/

0 comments:

Post a Comment