Situs Edukasi | Educational Norjatar

Pelajari Dan Antisipasi Jelang Seleksi Penerimaan Cpns 2018

Pelajari dan Antisipasi Jelang Seleksi Penerimaan CPNS 2018 - Halo teman Situs Edukasi, pada postingan ini saya akan mengembangkan info penerimaan CPNS terbaru yakni Siaran Pers Nomor 009/RILIS/BKN/VI/2018 wacana 3 (tiga) permasalahan yang sering di hadapi oleh pelamar CPNS semoga pelamar untuk mempelajari dan Antisipasi Jelang Seleksi Penerimaan CPNS 2018.

Akhirnya Pendaftaran CPNS 2018 sebentar lagi akan di buka, untuk tes CPNS tahun 2018 ini masih memakai Computer Assisted Test (CAT) BKN. Info ini sesuai dengan pernyataan BKN melalui Siaran Pers Nomor : 008/RILIS/BKN/VI/2018 wacana Persiapan Infrastruktur Seleksi Penerimaan CPNS 2018.

Proses registrasi CPNS 2018 dilakukan secara daring/ online melalui laman https://sscn.bkn.go.id (web SSCN), Seleksi Administrasi, hingga dengan proses Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).


Pelaksanaan SKD dan SKB tetap memakai Computer Assisted Test (CAT) BKN dengan perbaikan SOP dan pengembangan fitur perangkat lunak. Karena diperkirakan penerimaan CPNS kali ini dimaksudkan untuk penambahan PNS di sentra dan daerah, maka titik-titik lokasi SKD dan SKB akan berada di 34 provinsi, dengan memperhitungkan jarak dan hambatan transportasi peserta. Untuk itu BKN sedang menjajaki kolaborasi dengan BKD/BKPSDM/BKPP di seluruh provinsi, kabupaten, dan kota yang mempunyai kemudahan CAT. Penjajakan serupa dilakukan pula dengan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mempunyai kemudahan UKG dan UNBK.

Dengan kebijakan rekrutmen yang kompetetif, adil, objektif, transparan, tidak KKN dan bebas biaya ini, masyarakat diimbau untuk selalu berhati-hati dalam mendapatkan info yang berkaitan dengan penerimaan CPNS. Jangan pernah percaya jikalau ada pihak yang menjanjikan sanggup membantu dalam penerimaan CPNS dengan atau tidak dengan imbalan tertentu.

Informasi resmi penerimaan CPNS hanya berasal dari web dan susukan info Kementerian PAN dan RB dan BKN. Untuk BKN telah disediakan aneka macam susukan info adalah web www.bkn.go.id serta media umum twitter.com/BKNgoid, facebook.com/BKNgoid, instagram.com/BKNgoidOfficial serta youtube.com/c/BKNgoidOfficial.

Melalui Siaran Pers BKN Nomor 008/RILIS/BKN/VI/2018 tanggal 12 Juni 2018, BKN telah memberikan persiapan infrastruktur yang dilakukan untuk pelaksanaan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran (TA) 2018, menjelang pengumuman resmi yang akan dirilis Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB).

Selanjutnya dalam Siaran Pers ini, BKN selaku koordinator pelaksana seleksi nasional akan memaparkan beberapa hambatan yang dihadapi pelamar CPNS TA 2017 dan antisipasi semoga permasalahan serupa tidak terjadi. Kendala-kendala tersebut merupakan rekapitulasi Tim Helpdesk CPNS 2017 yang disediakan BKN selama perhelatan CPNS tahun kemudian berlangsung. Beberapa permasalahan tersebut di antaranya yakni:

  1. Nomor Indentitas Kependudukan (NIK)/Kartu Keluarga (KK) tidak ditemukan. Mengantisipasi problem ini, pelamar harus memastikan NIK dan KK yang akan dipakai pada ketika registrasi online lewat https://sscn.bkn.go.id terdaftar dan update dalam database Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil di pusat;
  2. Salah memasukkan data. Dari rekapitulasi pengaduan yang diterima Tim Helpdesk BKN, permasalahan ini disebabkan lantaran pelamar tidak mencermati dengan teliti fitur-fitur yang terdapat portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan tata cara pengisian kolom di dalamnya sehingga mengisi data yang tidak sesuai dengan apa yang diminta. Selain itu, kebanyakan pelamar terburu-buru melaksanakan pendaftaran, sebelum memastikan kembali kebenaran data yang diinput, padahal kesalahan input data tidak sanggup diperbaiki;
  3. Salah menginput dokumen pendaftaran. Hal ini juga menjadi permasalahan yang banyak dialami pelamar. Cenderung tidak mencermati syarat/kualifikasi dan dokumen yang diminta menjadi awal terjadinya kesalahan input dokumen persyaratan. Mengantisipasi itu, Pelamar diminta memahami betul kualifikasi, syarat dan alur/mekanisme pendaftaran.


Selain melaksanakan persiapan infrastruktur registrasi (melalui SSCN), pelaksanaan seleksi manajemen hingga tes memakai Computer Assisted Test (CAT BKN), BKN juga tengah membentuk Tim Helpdesk CPNS TA 2018 untuk mengantisipasi hambatan registrasi CPNS 2018. Ini merupakan penggalan dari komitmen Pemerintah melalui BKN untuk melaksanakan seleksi yang terbuka, transparan, dan kompetitif. BKN juga secara aktif memperlihatkan layanan info melalui akun resmi BKN baik lewat media umum dan website. Informasi resmi perihal pengumuman, pendaftaran, hingga proses seleksi hanya disampaikan melalui akun resmi institusi Pemerintah. Segala info rekrutmen CPNS TA 2018 yang tidak bersumber dari akun Pemerintah dipastikan hoax (palsu).

Selengkapnya, bagi anda yang belum mempunyai Infrastruktur dan 3 permasalahan yang sering di hadapi oleh pelamar CPNS sanggup mengunduhnya melalui Siaran Pers di bawah ini.

Infrastruktur Seleksi Penerimaan CPNS 2018.pdf, Unduh
Siaran Pers Nomor 009/RILIS/BKN/VI/2018.pdf, Unduh

Informasi resmi wacana Penerimaan CPNS 2018 sanggup anda dapatkan melalui laman http://www.bkn.go.id/ atau laman https://menpan.go.id/site/.

Demikian info siaran pers BKN wacana persiapan Infrastruktur dan Pelajaran dan Antisipasi Jelang Seleksi Penerimaan CPNS 2018 yang sanggup saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Sumber http://www.websiteedukasi.com/

0 comments:

Post a Comment