Situs Edukasi | Educational Norjatar

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 Wacana Anutan Upacara Bendera Di Sekolah

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 perihal Pedoman Upacara Bendera di Sekolah - Halo teman Situs Edukasi, pada postingan ini aku akan berbagi Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 perihal Pedoman Upacara Bendera di Sekolah yang bisa anda unduh secara gratis.

Upacara Bendera yang selanjutnya disebut Upacara yaitu penaikan Bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia (RI). Bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia yang selanjutnya disebut Bendera yaitu Sang Merah Putih.

Dijeskan pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 disaat penaikan bendera merah putih untuk menyanyikan Lagu Indonesia Raya 3 Stanza. Tujuan Pelaksanaan Upacara di sekolah ditegaskan dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah yaitu sebagai berikut:
a)  memperkuat persatuan  dan  kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
b)  membiasakan bersikap tertib dan disiplin;
c) meningkatkan kemampuan memimpin;
d) membiasakan kekompakan dan kerjasama;
e) menumbuhkan rasa tanggung jawab; dan
f) mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air.



Pasal 18 Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 perihal penegasan wajib menyanyikan Lagu Indonesia Raya 3 Stanza menyatakan bahwa;

  • Lagu Indonesia  Raya  dinyanyikan secara lengkap dalam 3 (tiga) stanza oleh penerima Upacara dengan berdiri tegak dan perilaku hormat.
  • Lagu Indonesia Raya dengan 3 (tiga) stanza dinyanyikan  dengan  lirik  tercantum dalam Lampiran yang merupakan bab tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.
  • Pada ketika menyanyikan Lagu Indonesia Raya 3 Stanza seluruh penerima upacara dan hadirin berdiri tegak dan perilaku hormat yakni berdiri tegak di daerah masing-masing dengan:
    1. mengepalkan  telapak asisten diletakkan pada dada sebelah  kiri dengan ibu jari  melekat di dada sebelah kiri atau mengangkat asisten sebatas kepala dengan jari telunjuk melekat pada pelipis;
    2. meluruskan lengan kiri ke bawah;
    3. mengepalkan telapak tangan kiri dengan ibu jari menghadap ke depan merapat pada paha kiri; dan
    4. menghadapkan wajah pada Bendera. 

Pasal 2 Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 menegaskan bahwa Upacara di sekolah paling sedikit dilaksanakan pada pagi hari setiap: 
  • peringatan Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus; 
  • hari Senin; dan
  • hari besar nasional. Hari besar nasional antara lain meliputi:
    1) Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei;
    2) Hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei;
    3) Hari Lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni; dan
    4) Hari Pahlawan pada tanggal 10 November.

Selengkapnya, bagi bapak/ ibu kepala sekolah dan dewan guru yang belum memiliki Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah bisa mengunduhnya melalui tautan link yang aku sematkan di bawah ini.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018.pdf, Unduh
Lagu dan Lirik Indonesia Raya 3 Stanza.mp4, Unduh

Demikian Pedoman Upacara Bendera di Sekolah menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 yang sanggup aku bagikan, biar bermanfaat.
Sumber http://www.websiteedukasi.com/

0 comments:

Post a Comment