Situs Edukasi | Educational Norjatar

Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2019

Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2019 - Halo teman Situs Edukasi, pada postingan ini saya akan berbagi Panduan Aplikasi Dapodikdasmen Versi Terbaru 2019 yang sanggup anda unduh secara gratis.

Dikutip dari buku panduan, Sistem pendataan Dapodik pada tahun pelajaran 2018/2019 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diberi nama versi 2019. Pembaruan pada versi 2019 hadir dengan tampilan warna pada sajian login dan pendaftaran yang lebih segar. Secara sistem, pembaruan versi 2019 disiapkan untuk sanggup memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di tahun pelajaran gres ini. Aplikasi Dapodik versi 2019 dikemas dalam bentuk installer, sehingga perlu didahului oleh proses uninstal aplikasi Dapodik versi sebelumnya.

Pembaruan yang paling menonjol ialah di relasional entitas data substansi pendidikan, dimana dikembangkan sajian gres yaitu, sajian Jadwal dan Ekstrakurikuler. Pembaruan yang lainnya ada pada sajian sekolah, penerima didik, dan sarana. Deskripsi pembaruan akan dijelaskan di potongan pembaruan aplikasi versi 2019. Menu Jadwal dan Ekstrakurikuler akan dijelaskan pada potongan terpisah, semoga pengguna mendapat klarifikasi yang detail.

Penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 mempunyai karakteristik tersendiri. Guna memudahkan pengguna di satuan pendidikan serta mendorong terkumpulnya data dengan kualitas baik, maka telah disusun alur penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen.

Sebelum memulai proses instalasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019, petugas pendataan harus memastikan telah mempunyai arahan pendaftaran dan akun Petugas Pendataan yang akan dipakai dalam proses instalasi.

Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 ketika ini tersedia dalam bentuk file installer yang merupakan hasil perbaikan dan pengembangan dari aplikasi versi sebelumnya. Untuk memudahkan menginstall aplikasi dapodik v.2019, diharapkan buku panduan. Buku ini memuat pengenalan dan panduan teknis Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019 mulai dari persiapan dan proses instalasi serta deskripsi dari setiap perbaikan dan perubahan. Buku ini dimaksudkan untuk memperlihatkan akomodasi kepada petugas pendataan dan warga sekolah yang hendak mengimplementasikan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019 secara berdikari di sekolah.

Melalui buku panduan dapodikdsamen 2019 ini, diharapkan hal-hal yang terkait dengan materi seputar implementasi Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019 sanggup dipahami dan dimaknai dengan mudah. Penyusunan buku ini merupakan upaya strategis untuk memperlihatkan akomodasi dalam memperlihatkan informasi yang luas kepada petugas pendataan wacana penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019 dalam bentuk panduan.

Panduan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019 untuk menyamakan persepsi dan pemahaman serta memperlihatkan pedoman yang terang dalam cara penginputan dalam pembaharuan yang terdapat dalam aplikasi. perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:


INSTALASI APLIKASI DAPODIKDASMEN 2019

Spesifikasi Minimum
Sesuai dengan juknis BOS pada Permendikbud No 1 Tahun 2018 tentang
spesifikasi komputer yang harus dimiliki, yaitu:
1) Processor jasus core i3 atau yang setara
2) Memori standar 4 GB
3) Hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD
4) Sistem Operasi windows 10
5) Aplikasi terpasang peramban web google chrome, mozilla firefox

Kode Registrasi dan Akun Petugas Pendataan
Sebelum memulai proses instalasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019,
pastikan sekolah sudah mempunyai arahan pendaftaran dan akun yang akan
dipakai dalam proses instalasi. Kode pendaftaran diperoleh melalui admin
Dapodikdasmen Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk jenjang SD/SMP dan
Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SMA/SMK/SLB.

Unduh Aplikasi Dapodik
Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 ketika ini tersedia dalam bentuk file installer
yang merupakan hasil perbaikan dan pembaruan dari aplikasi versi
sebelumnya. Untuk mengunduh Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019,
lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1) Buka laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
2) Klik sajian Unduhan
3) Klik Unduh Installer

Selengkapnya, anda sanggup mengetahui cara menginstall aplikasi dapodik 2019, melalui buku panduannya yang sanggup anda unduh pada tautan di bawah ini;

Panduan Aplikasi Dapodik 2019.pdf, Unduh
Aplikasi dapodikdasmen 2019, unduh

Demikian Buku Panduan Aplikasi Dapodik Versi terbaru 2019 tahun pelajaran 2018/2019 yang sanggup saya bagikan, semoga bermanfaat. Sumber http://www.websiteedukasi.com/

0 comments:

Post a Comment