Situs Edukasi | Educational Norjatar

Aliran Umum Agenda Penemuan Desa Tahun 2018

Pedoman Umum Program Inovasi Desa Tahun 2018 - Halo sahabat Situs Edukasi, pada postingan ini saya akan berbagi Pedoman Umum Program Inovasi Desa sesuai Permendesa PDTT Nomor 48 Tahun 2018 yang sanggup anda unduh secara gratis.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia telah mengeluarkan Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2018 Tentang  Pedoman Umum Program Inovasi Desa.

Sehubungan adanya perubahan substansi pada pengaturan terkait Pedoman Umum Program Inovasi Desa, perubahan lokasi, dan alokasi pertolongan pemerintah sebagai lokus pelaksanaan aktivitas Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa pada Program Inovasi Desa, maka Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 83 Tahun 2017 perihal Penetapan Pedoman Umum Program Inovasi Desa perlu disesuaikan.


Dengan berlakunya Keputusan Menteri Nomor 48 Tahun 2018 ini, maka Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 83 Tahun 2017 perihal Penetapan Pedoman Umum Program Inovasi Desa dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

PID secara umum bertujuan untuk mendorong penggunaan Dana Desa yang lebih berkualitas, efektif dan efesien melalui banyak sekali aktivitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat Desa. Dalam jangka menengah, upaya ini dibutuhkan mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan serta membangun kapasitas Desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat dan kemandirian Desa, sesuai dengan arah dan kebijakan dan target Kementerian Desa PDTT pada RPJMN 2015-2019.

Adapun SISTEMATIKA Permendesa PDTT Nomor 48 Tahun 2018 yaitu sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
BAB II RANCANGAN, PENGELOLAAN, DAN PENGENDALIAN
BAB III PENGUATAN MANAJEMEN
BAB IV PENGELOLAAN PENGETAHUAN DAN INOVASI DESA
BAB V PROGRAM PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA
BAB VI PENGELOLAAN KEUANGAN
BAB VII PEMANTAUAN DAN EVALUASI
BAB VIII PROGRAM SOSIAL DAN LINGKUNGAN DESA
(SOCIAL AND ENVIRONMENTAL SAFEGUARD)
BAB IX PENUTUP

Selengkapnya, bagi bapak/ ibu Kepala kampung/ Kepala Desa yeng belum mempunyai Pedoman Umum Program Inovasi Desa Tahun 2018 Berdasarkan Permendesa PDTT Nomor 48 Tahun 2018 sanggup mengunduhnya melalui tautn link yang saya sematkan di bawah ini:

Permendesa PDTT No 48 Tahun 2018.pdf, Unduh

Demikian Permendesa PDTT Nomor 48 Tahun 2018 Tentang Pedoman Umum Program Inovasi Desa yang sanggup saya bagikan, biar bermanfaat.
Sumber http://www.websiteedukasi.com/

0 comments:

Post a Comment