Situs Edukasi | Educational Norjatar

Situs Edukasi

Situs Edukasi, Situs Belajar, Seputar Pendidikan, Data Pendidikan, Info Guru, Tunjangan Guru, UN, Perangkat Mengajar.

Situs Edukasi

Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.

Situs Edukasi

Situs Edukasi, Situs Belajar, Seputar Pendidikan, Data Pendidikan, Info Guru, Tunjangan Guru, UN, Perangkat Mengajar.

Situs Edukasi

Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.

Situs Edukasi

Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.

Daftar Nama Finalis Lomba Best Practices Nasional Tahun 2018

Daftar Nama Finalis Lomba Best Practices Nasional Tahun 2018 - Halo teman Situs Edukasi, pada postingan ini saya akan berbagi Daftar Nama Finalis Lomba Best Practices Nasional untuk Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Widyaiswara Kemendikbud Tahun 2018 yang sanggup anda unduh secara gratis.

Selamat kami ucapkan kepada bapak/ibu Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Widyaiswara Kemendikbud peserta Lomba Best Practices tahun 2018, yang telah lolos menjadi finalis Lomba Best Practices Nasional Tahun 2018.

Para finalis Lomba Best Practices Nasional Tahun 2018 akan masuk ke tahap berikutnya ialah presentasi dan wawancara yang akan dilaksanakan di Jakarta, Hotel Swis-Belresidences Kalibata Jakarta.

Undangan Peserta Penilaian Presentasi dan Wawancara Lomba Best Practices Nasional Tahun 2018 oleh Panitia Tim dari Kesharlindung Dit. Pembinaan Tenaga Kependidikan Dikdasmen akan menghubungi Bapak dan Ibu Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Widyaiswara Kemendikbud Finalis Lomba Best Practices Nasional 2018.

Peru bapak ibu ketahui bersama untuk acara Finalis Lomba Best Practices Nasional Tahun 2018 tidak dipungut biaya, semua biaya ditanggung oleh Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Dikdasmen.

Informasi yang kami sanggup dari Panita Finalis Lomba Best Practices Nasional Tahun 2018, Bapak dan Ibu Finalis Lomba Best Practices Nasional yang diundang ke Jakarta pada lokasi yang saya sebutkan diatas untuk tahapan evaluasi simpulan "Penilaian Presentasi dan Wawancara", bapak dan ibu penerima Finalis LBPN tahun 2018 harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan paparan presentasi naskah best practices dalam bentuk powerpoint (ppt);
  2. Bagi penerima yang berkeinginan untuk memperkenalkan profil sekolah dan naskah best practices-nya, diperkenankan untuk membawa brosur, leaflet, banner, buku, dan barang-barang advertising lainnya.
  3. Membawa naskah Best Practices dalam bentuk hardcopy dan softcopy;
  4. Membawa pakaian PSL (Jas Dasi)
  5. Membawa Surat Tugas yang ditandatangani oleh atasan langsung; 
  6. SPPD Pusat yang telah ditandatangani oleh pejabat yang berwenang dan distempel oleh instansi masing-masing sebanyak 2 (dua) lembar setiap orang; 
  7. Biodata yang sudah diisi; 
  8. Biaya perjalanan dinas dan kemudahan selama acara dibebankan pada DIPA Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2018, sesuai ketentuan yang berlaku, sebagai berikut:
    a. Peserta memakai pesawat ekonomi yang dibuktikan dengan tiket, airport tax, dan boarding pass ASLI
    b. Bagi yang memakai transportasi darat/laut:
    1. Menyerahkan bukti tiket darat/laut;
    2. Untuk transportasi darat, tidak berlaku kendaraan sewa/rental.

Berikut ini daftar nama Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Widyaiswara Kemendikbud Finalis Lomba Best Practices Nasional Tahun 2018.


Selengkapnya, bagi bapak dan ibu Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Widyaiswara Kemendikbud yang ingin mengunduh Daftar Finalis Lomba Best Practices Nasional Tahun 2018 sanggup melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.

Finalis Lomba Best Practices Nasional 2018.pdf, Unduh File

Demikian Daftar Nama Finalis Lomba Best Practices Nasional Tahun 2018 yang sanggup saya bagikan, biar bermanfaat.
Sumber http://www.websiteedukasi.com/

Download Aplikasi E-Rapor Smp Versi 1.2 Tahun 2018

Download Aplikasi E-Rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 1.2 Tahun 2018 - e-Rapor Sekolah Menengah Pertama yaitu aplikasi berbasis web, di mana dalam satu sekolah aplikasi ini cukup diinstal pada server atau komputer yang difungsikan sebagai server. Sedangkan client (dalam hal ini admin, guru, wali kelas, dan akseptor didik,kepala sekolah dan orang tua) sanggup mengakses melalui komputer lain yang terhubung melalui jaringan baik internet, maupun intranet, dengan memakai web browser.

Aplikasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama tahun 2018 dikembangkan dengan merujuk kepada panduan evaluasi tahun 2017 cetakan ketiga yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMP.

Tugas dan Kewenangan Admin Admin yaitu orang yang ditunjuk oleh kepala sekolah untuk bertanggung jawab penuh atas kelancaran penggunaan aplikasi e-Rapor serta mempunyai hak akses
dalam pengoperasian e-Rapor. Pada hakikatnya kiprah utama admin yaitu mempersiapkan data rujukan baik data yang diambil dari Dapodik maupun data Referensi Lokal, Sehingga e-Rapor sanggup dipakai sebagaimana mestinya. Mengingat begitu penting dan strategisnya kedudukan admin dalam e-Rapor, maka dibutuhkan seseorang yang mempunyai tanggung jawab, pengabdian serta integritas kepribadian yang sangat tinggi. Admin mempunyai kiprah sebagai berikut:

  1. Melakukan instalasi e-Rapor ke dalam server.
  2. Melakukan sinkronisasi data ke dapodik.
  3. Mengedit profil sekolah.
  4. Memberi hak jalan masuk kepada user dalam hal ini, guru mata pelajaran, wali kelas, guru Bimbingan dan Konseling serta akseptor didik, kepala sekolah dan orang bau tanah siswa.
  5. Menyosialiasikan e-Rapor, membagikan username dan password kepada yang bersangkutan.
  6. Memetakan mata pelajaran
  7. Menyesuaikan data muatan lokal
  8. Menginput kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran.
  9. Menginput interval predikat mata pelajaran.
  10. Menginput data tanggal rapor. 
  11. Mencetak rapor.
  12. Mengirim nilai ke dapodik.
  13. Melakukan backup dan restore data.
  14. Menginput nilai US/USBN khusus untuk kelas IX 

Di dalam melaksanakan tugasnya, admin hendaknya selalu berkoordinasi dengan:

  1. Kepala sekolah, selaku pemangku kebijakan di sekolah.
  2. Wakil kepala urusan kurikulum, dalam hal teknis penilaian.
  3. Operator Dapodik, dalam hal sinkronisasi data dapodik dan pengiriman nilai ke dapodik.
  4. Guru mata pelajaran, dalam proses dan input penilaian.
  5. Wali kelas, dalam hal teknis pencetakan dan kelengkapan data serta nilai yang dibutuhkan e-Rapor

Pada postingan ini saya akan berbagi Aplikasi beserta Panduan Aplikasi e-Rapor versi 1.2 jenjang Sekolah Menengah Pertama Tahun Pelajaran 2017/2018 (Aplikasi Resmi Direktorat PSMP) yang sanggup Anda unduh secara gratis.

Selengkapnya, Bagi bapak dan ibu Guru yang ingin mengetahui ihwal Cara menginstall Aplikasi e-Rapor, Cara Login sebagai Admin, Cara mengambil Data Dapodik pada E-Rapor, Cara Mapping Mata Pelajaran, Cara Input KKM dan Cara Input Nilai Pada e-Rapor, Mengirim Nilai Ke Dapodik (Sinkronisasi) hingga Cara Cetek Leger dan Cetak Rapor silahkan baca Panduan Aplikasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017/2018 pada link yang saya sematkan dibawah ini;

Aplikasi E-Rapor dan Panduan Aplikasi E-Rapor Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017/2018

Aplikasi E Rapor Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017 - 2018, Panduan Aplikasi E Rapor Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017 - 2018, Aplikasi Penilaian Sekolah Menengah Pertama Terbaru Versi 1.0 Tahun 2017 dan Update e Rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 1.1, Unduh Link 1

Aplikasi E Rapor Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017 - 2018, Panduan Aplikasi E Rapor Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017 - 2018, Aplikasi Penilaian Sekolah Menengah Pertama Terbaru Versi 1.0 Tahun 2017 dan Update e Rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 1.1, Unduh Link 2

Aplikasi E Rapor Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017 - 2018, Panduan Aplikasi E Rapor Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017 - 2018, Aplikasi Penilaian Sekolah Menengah Pertama Terbaru Versi 1.0 Tahun 2017 dan Update e Rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 1.1, Unduh Link 3

LINK ALTERNATIF E-RAPOR Sekolah Menengah Pertama 2018 VERSI 1.00

Aplikasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama 2018 Versi 1.00 dan Panduan e-Rapor Sekolah Menengah Pertama versi 1.0 dan Update e Rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 1.1, Unduh


APLIKASI E-RAPOR Sekolah Menengah Pertama 2018 VERSI 1.2

Aplikasi E-Rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 1.2 Tahun 2018 telah dirilis, bapak/ibu Operator sekolah silahkan gunakan e-rapor Sekolah Menengah Pertama versi 1.2 untuk menginput nilai USBN. Dalam penginputan nilai lakukan secara manual eksklusif dari dapodik jangan anda sinkronkan nilai E-Rapor ke dapodik alasannya yaitu sanggup mengakibatkan data menjadi ganda di dapodik.

Daftar Pembaharuan dan Perbaikan di e-rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 1.2:

  • [Pembaharuan] Penambahan fitur status online user;
  • [Pembaharuan] Update database e-Rapor ke Versi 3.73;
  • [Pembaharuan] Pembaharuan dan perbaikan sistem kirim nilai ke dapodik sesuai role dapodik terbaru;
  • [Pembaharuan] Pembaharuan dan perbaikan role pengambilan data dari dapodik, yaitu hanya mengambil data yang telah dikirim ke server pusat;
  • [Pembaharuan] Pembaharuan fitur hapus anggota kelas, untuk keperluan menghapus data siswa dari rombel yang salah;
  • [Pembaharuan] Penambahan panjang huruf keterangan ketercapaian KD dari 200 menjadi 300 karakter;
  • [Pembaharuan] Penambahan fitur input nilai final ketika login semester sebelum semester aktif;
  • [Pembaharuan] Penambahan fitur input daerah tandatangan rapor;
  • [Pembaharuan] Pembaharuan tampilan keterangan rapor kelas IX semester 2 menjadi Lulus / Tidak Lulus;
  • [Pembaharuan] Penambahan data Tim Teknis pada halaman depan e-Rapor;
  • [Perbaikan] Perbaikan bug cetak leger K2013;
  • [Perbaikan] Perbaikan bug tampilan konversi tanggal pada cetak tambahan rapor;
  • [Perbaikan] Perbaikan bug tampilan KKM pada cetak massal rapor KKM Tunggal;

CATATAN PENTING

Bagi yang sudah memakai e-Rapor V1.1, untuk menjalankan aplikasi tersebut silahkan update dengan cara sebagai berikut:

  • Pastikan sudah melaksanakan instalasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama V1.0 dan sudah update ke V1.1;
  • Backup pekerjaan anda sebelum update ke Versi 1.2;
  • File backup di Versi 1.1 hanya sanggup di restore di Versi 1.1 (database yang sama);
  • Lakukan updater dari Versi 1.1 ke Versi 1.2 (jangan melaksanakan uninstal aplikasi e-Rapor V1.1 yang sudah terinstal sebelumnya);
  • Selama proses update, tutup semua aplikasi lainnya, dan pastikan antivirus dinonaktifkan;
  • Jika penginputan nilai rapor sudah dilakukan secara manual eksklusif di dapodik, jangan melaksanakan sinkron nilai e-Rapor ke dapodik alasannya yaitu akan mengakibatkan data menjadi ganda di dapodik;
  • Sebelum melaksanakan sinkron ke dapodik, pastikan tidak ada data pembelajaran yang ganda;
  • Disiplin untuk menciptakan akun admin lebih dari satu, dan selalu melaksanakan backup sehabis selesai melaksanakan pengerjaan e-Rapor;
  • Penginputan nilai USBN sanggup dilakukan di e-Rapor yang kemudian disinkronkan ke dapodik.
  • Bagi yang akan mulai memakai e-Rapor V1.2
  • Sangat disarankan bagi admin untuk membaca tuntas panduan e-Rapor dan panduan penilaian;
  • Sebelum mulai memakai e-Rapor, pastikan data pada dapodik sudah final; Jangan hingga ada lagi siswa salah rombel, siswa salah data rincian, penginputan dapodik yang tidak sesuai mekanisme alasannya yaitu sanggup mengakibatkan permasalahan bertingkat.
  • Silakan mulai mekanisme penginstalan e-Rapor mulai dari Versi 1.0, kemudian updater Versi 1.1, kemudian lanjut ke updater Versi 1.2;
  • Pastikan menginstal e-Rapor diperangkat yang terdapat aplikasi Dapodik;
  • Selama proses instal dan update, tutup semua aplikasi lainnya, dan pastikan antivirus dinonaktifkan;
  • Setelah selesai instalasi, akan muncul 2 port yang sanggup diakses. Port 2679 untuk jalan masuk local host, dan port 3679 untuk jalan masuk melalui client;
  • Disiplin untuk menciptakan akun admin lebih dari satu, dan selalu melaksanakan backup sehabis selesai melaksanakan pengerjaan e-Rapor;
  • Pastikan untuk tidak menginstal versi 2018, alasannya yaitu versi tersebut yaitu versi ujicoba. (Jika sudah menginstal e-rapor Sekolah Menengah Pertama versi 2018, lakukan uninstall e-rapor Sekolah Menengah Pertama versi 2018, kemudian install ulang instalasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama V1.0 kemudian update ke e-Rapor SMP  V1.1, dan update kembali ke Versi 1.2)

Bagi Bapak/Ibu Operator Sekolah Yang belum mempunyai Aplikasi E-Rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 1.2 Tahun 2018 sanggup mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.

Aplikasi E-Rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 1.2 Tahun 2018, Unduh

Catatan: Sebelum mengunduh silahkan anda lihat terlebih dahulu dengan doubel klik pada aplikasi e-rapot, anda pilih Update e-rapor Sekolah Menengah Pertama v1.1 to v.1.2.

Demikian Aplikasi e-Rapor versi 1.2 dan Panduan Aplikasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama Tahun 2017/2018 (Aplikasi Resmi Direktorat PSMP) yang sanggup saya bagikan, agar bermanfaat.
Sumber http://www.websiteedukasi.com/

Download Kegiatan Kerja Kepala Madrasah Mi, Mts, Ma 2018

Download Program Kerja Kepala Madrasah Mi, MTs, MA 2018 yaitu seperangkat pendukung kinerja kepala madrasah yang wajib dimiliki setiap Kepala Sekolah baik itu Kepala Madrasah Ibtidaiyah/ MI, Kepala Madrasah Tsanawiyah/ MTs dan Kepala Madrasah Aliyah/ MA. Program Kerja Kepala Madrasah ini sanggup anda download secara gratis melali link yang tersedia dibawah.

Contoh Program Kerja ini mudah-mudahan relevan untuk dipakai anda disekolah masing-masing. Disini aku sediakan 3 Program Kerja Kepala Madrasah untuk setiap Kepala Madrasah yang telah aku sebutkan diatas. Tentu dengan adanya proker ini akan sangat menunjang terlaksananya kiprah dan wewenang kepala madrasah dalam menjalankan tugasnya.

Download Program Kerja Kepala Madrasah Mi Download Program Kerja Kepala Madrasah Mi, MTs, MA 2018

Download Program Kerja Kepala Madrasah Tahun 2018


Untuk menjamin semua acara akan berlangsung sebagaimana yang direncanakan, dan dikelola dengan baik, maka salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Kepala Madrasah di antaranya yaitu pengetahuan perihal manajemen. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 perihal Standar Kepala Sekolah/Madrasah menetapkan 5 (lima) dimensi kompetensi yaitu:
  1. Kepribadian,
  2. Manajerial,
  3. Kewirausahaan,
  4. Supervisi, dan
  5. Sosial. 

Download Juga !!!

Download Format Laporan Supervisi Akademik Kepala Sekolah 2018

Download Format Laporan Supervisi Akademik Kepala Sekolah 2018 ini merupakan format terbaru untuk laporan supervisi yang sudah dilakukan kepala sekolah kepada guru. Seperti yang sudah saya bahas pada postingan sebelumnya mengenai Supervisi Akademik Kepala Sekolah, nah disini saya akan share untuk menciptakan Laporan Supervisi Kepala Sekolah. Bagi anda yang membutuhkannya Contoh Laporan Supervisi ini silahkan download linknya dibawah.

File ini tidak sanggup dipisahkan dengan banyak sekali manajemen kepala sekolah lainnya khususnya Instrumen Supervisi yang merupakan alat untuk menilai kualitas guru dikelas. Tentunya Laporan Supervisi Kepala Sekolah ini sangat penting alasannya yaitu hasil dari evaluasi guru oleh kepala sekolah tidak bermuara dikepala sekolah, melainkan pihak/ lembaga/ jabatan yang lebih tinggi ibarat dinas pendidikan bab tertentu akan meminta laporan tersebut.

Download Format Laporan Supervisi Akademik Kepala Sekolah  Download Format Laporan Supervisi Akademik Kepala Sekolah 2018

Supervisi yang dilaksanakan yaitu supervisi kunjungan kelas. Kepala Sekolah sebagai supervisor mengunjungi kelas dan melaksanakan observasi dan wawancara serta studi dokumen. Supervisor sambil melaksanakan kunjungan kelas mengisi instrumen yang telah disiapkan dari instrumen yang ketika pelaksanaan supervisi merupakan dokumen hasil supervisi tehadapadministrasi guru dan proses pembelajaran. 



Hasil supervisi perlu ditindaklanjuti semoga menawarkan imbas yang positif untuk meningkatkan profesionalisme guru. Dampak positif ini diperlukan sanggup dirasakan masyarakat maupun stakeholders. Tindak lanjut tersebut berupa: penguatan dan penghargaan diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar, teguran yang bersifat mendidik diberikan kepada guru yang belum memenuhi standard dan guru diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan/penataran lebih lanjut. 

Download Juga !!!

Format Buku Investigasi Persiapan Mengajar Guru Tahun 2018

Format Buku Pemeriksaan Persiapan Mengajar Guru Tahun 2018 ini merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru dalam proses berguru mengajar. Contoh Format Buku Pemeriksaan ini khusus pada Persiapan Mengajar yang akan dilakukan oleg Guru. Dalam Daftar Pemeriksaan Persiapan Mengajar ini menyangkut pada segala bentuk persiapan mengajar guru ibarat RPP, Media Pembelajaran, Alat Peraga, Buku Sumber, Narasumber, dll. 

Setiap guru yang mengajar disekolah wajib untuk diperiksa oleh kepala sekolah dalam persiapan mengajarnya baik secara manajemen maupun alat/ materi pendukung. Download Contoh Buku Pemeriksaan Persiapan Mengajar ini untuk melengkpai atau dijadikan rujukan bagi kepala sekolah yang belum memilikinya.

Format Buku Pemeriksaan Persiapan Mengajar Guru Tahun  Format Buku Pemeriksaan Persiapan Mengajar Guru Tahun 2018

Seorang kepala sekolah bertanggungjawab terhadap acara pembelajaran sesuai dengan peraturan yang ditetapkan Pemerintah. Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah tergantung kepada kemampuan berafiliasi dengan seluruh warga sekolah, serta kemampuannya mengendalikan pengelolaan sekolah untuk membuat proses berguru mengajar.


Dalam melakukan pengelolaan pendidikan tentu saja harus didukung oleh banyak sekali macam jenis-jenis manajemen pendidikan yang tertib dan teratur ini tentu saja bertujuan untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna penyelenggaraan Sekolah / Madrasah, salah satu pola kelengkapan manajemen yang harus dimiliki oleh kepala sekolah ialah Format Buku Pemeriksaan Persiapan Mengajar ini tentunya.

Download Juga !!!

Rpl Bk Kelas 7 Smp/Mts Semester 2 & 1 K13 Revisi 2017

RPL BK Kelas 7 SMP/MTs Semester 2 & 1 K13 Revisi 2017 - Halo teman Situs Edukasi, pada postingan ini aku akan menyebarkan perangkat pembelajaran BK terbau yakni RPL Bimbingan Konseling (BK) Kelas 7 jenjang SMP/MTs Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang sanggup anda unduh secara gratis.

RPL Bimibingan dan Konseling Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 lengkap untuk semester 1/ ganjil dan semester 2/ genap yang sanggup anda jdikan sebagai tumpuan dalam pembuatan perangkat pembelajaran BK kurikulum 2013 Revisi 2017 tahun pelajaran 2018/2019.

Perangkat pembelajaran BK terbaru ini aku sanggup dari website programpendidikan.com, didalam RPL BK Kelas 7 jenjang SMP/MTs K13 Revisi 2017 ini lengkap dengan tema.

Untuk lebih jelasnya, bapak ibu guru BK sanggup lemihat penampakan gambar RPL BK kelas 7/ VII melalui penampakan gambar di bawah ini.


Rencana Pelaksanaan layanan (RPL) BK Kelas 7 SMP/MTs K13 Revisi 2017 ini sanggup bapak/ibu unduh eksklusif di situs aktivitas programpendidikan.com melalui tautan link yang aku sematkan di bawah ini.

RPL BK Kelas 7 Semester 1 K-13 Revisi 2017, Unduh File
RPL BK Kelas 7 Semester 2 K-13 Revisi 2017, Unduh File

Demikian aku sampaikan RPL BK Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017, sekian dan agar bermanfaat.
Sumber http://www.websiteedukasi.com/

Download Format Buku Kerja Kepala Sekolah Sd Tahun 2018

Format Buku Kerja Kepala Sekolah SD Tahun 2018 merupakan manajemen kepala sekolah yang berbentuk Buku Kerja. Download Buku Kerja Kepala Sekolah 2017 ini untuk menunjang kiprah dan kewenangan anda sebagai Kepala Sekolah. Kepala Sekolah merupakan manager yang bertanggungjawab penuh terhadap kemajuan dan kemunduran sekolah. Tentu dengan tanggungjawab yang besar tersebut harus didukung dengan perlengkapan manajemen seperti Buku Kerja Kepala Sekolah ini.

Buku Agenda Kerja Kepala Sekolah atau Buku Kerja ini intinya sanggup diterapkan untuk Kepala Sekolah semua jenjang mulai dari SD/Mi, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. Semoga buku ini sesuai dengan cita-cita dari tujuan bapak/ ibu kepala sekolah mengjunjungi blog ini. Format Buku Kerja Kepala Sekolah ini disimpan dalam bentuk pdf pada akun google drive, dan tentunya sanggup diedit dengan mengconvertnya kedalam bentuk docx.

Format Buku Kerja Kepala Sekolah SD Tahun  Download Format Buku Kerja Kepala Sekolah SD Tahun 2018

Dalam buku ini, di bahas beberapa hal, mulai dari bagaimana menjadi Kepala Sekolah yang profesional, klarifikasi perihal kepala sekolah sebagai pemimpin profesional, ciri-ciri kepala sekolah profesional. selain itu juga dikupas bagaimana peranan kepemimpinan kepala sekolah profesional, kiprah pokok dan fungsi kepala sekolah dalam perencanaan program, pelaksanaan planning kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah serta pembahasan mengenai sistem info manajemen dan tahapan aktivitas kepala sekolah.

Download Buku Kerja Kepala Sekolah SD 2018


Beberapa poin penting sebagai konten dalam buku ini, sanggup bapak/ ibu kepala sekolah sekalian lihat pada daftarnya dibawah ini :
  • Contoh Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah.
  • Contoh Format Rencana Kerja Jangka Menengah, Rencana Kerja Tahunan, Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah, Program Prioritas.
  • Contoh Struktur Organisasi Sekolah.
  • Contoh Kelengkapan Administrasi Kepala Sekolah.
  • Contoh Petunjuk Teknis Pengembangan Diri Peserta Didik.
  • Contoh Kalender Pendidikan Sekolah.
  • Perencanaan Program Induksi.
  • Contoh Pedoman Kerja Sekolah.
  • Kode Etik Guru Indonesia.
  • Contoh Sistematika Pengembangan KTSP.
  • Contoh Format Program Supervisi dan Evaluasi Kinerja.
  • Contoh Analisis Kebutuhan Tenaga Pendidik dan Kependidikan.
  • Contoh MoU Kemitraan.
  • Contoh Pedoman Akademik.
  • Contoh Penulusuran Alumni/Tamatan.
  • Contoh Format Pendayagunaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
  • Contoh Kode Etik Warga Sekolah.
  • Contoh Tata Tertib Peserta Didik.
  • Contoh Format Laporan Bulan Kepala Sekolah.
  • Manajemen Sekolah dalam Foto.

Download Juga !!!

Download Kumpulan Manajemen Kepala Sekolah Sd/Mi Tahun 2018

Download Kumpulan Administrasi Kepala Sekolah SD/Mi Tahun 2018 ini merupakan perangkat yang secara khusus aku bagikan dalam kesempatan kali ini.  Dalam postingan kali ini anda sanggup dapatkan 39 manajemen kepala sekolah secara gratis baik untuk khususnya untuk jenjang SD dan MI. Administrasi disediakan sesuai dengan bidang kiprah kepala sekolah mulai dari kiprah umum, kiprah kesiswaan, dan kiprah kepegawaian. Setidaknya kumpulan manajemen kepala sekolah ini sanggup menjadi referensi bagi anda kepala sekolah SD dan Mi dalam menunjang kiprah dan kewajibannya.

Tugas kepala sekolah tidak lepas dari yang namanya Administrasi Kepala Sekolah baik kepala sekolah SD, kepala sekolah Sekolah Menengah Pertama maupun kepala sekolah SMA. Dalam postingan kali ini aku lampirkan rujukan manajemen kepala sekolah khususnya SD, yang sanggup anda download pada link downoad dibawah. File ini ialah manajemen kepala sekolah SD terbaru 2017 yang mungkin anda butuhkan dalam memenuhi tuntutan adm kepalas sekolah.

Download Kumpulan Administrasi Kepala Sekolah SD Download Kumpulan Administrasi Kepala Sekolah SD/Mi Tahun 2018

Langsung saja segera Download Administrasi Kepala Sekolah SD ini untuk anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Atau hanya sekedar mengganti identitas sja, sebab file ini sudah sanggup digunakan secara langsung.

Administrasi Kepala Sekolah SD/MI

{Download} Buku Supervisi Kelas
{Download} Buku Ekspedisi
{Download} Buku Hubungan Kemasyarakatan
{Download} Buku Kunjungan Pengawas
{Download} Buku Notulen Rapat Guru
{Download} Buku Pemerikasaan Administrasi Guru
{Download} Buku Pemeriksaan Persiapan Mengajar
{Download} Buku Pencpaian Target Kurikulum
{Download} Buku Pengaduan/Masukan
{Download} Buku Penyelesaian Kasus di Sekolah
{Download} Buku Program Bimbingan
{Download} Buku Tamu Khusus
{Download} Buku Tamu Umum
{Download} Buku Daftar Pembagia Tugas Mengajar
{Download} Buku Penyerahan Nilai Hasil Belajar
{Download} Buku Kegaiatan yang Menggunakan SK Kepala Sekolah
{Download} Buku Persiapan Mengajar
{Download} Buku Calon Peserta Didik Baru
{Download} Buku Kenaikan Kelas
{Download} Buku Klapper
{Download} Buku Penyerahan Ijazah
{Download} Buku Penyerahan Laporan Penilaian Hasil Belajar
{Download} Buku Peserta Didik Baru
{Download} Buku Prestasi Kesiswaan Akademik dan Non Akademik
{Download} Buku Rekap Mutasi Siswa
{Download} Buku Daftar Hasil Ujian Akhir
{Download} Buku Daftar Rekapitulasi Kenaikan Kelas
{Download} Formulir Pendaftaran Siswa Baru
{Download} Papan Absen Harian Siswa
{Download} Papan Rekafitulasi Absen Harian Siswa
{Download} Surat Keterangan Pindah Sekolah
{Download} Surat Permohonan Pindah Sekolah
{Download} Buku Diklat Penataran
{Download} Buku Ijin Keluar Pegawai/Guru
{Download} Buku Keadaan Barang Inventaris
{Download} Buku Penghargaan
{Download} Buku Prestasi Siswa
{Download} Buku Seminar Loka Karya
{Download} Buku Piket Guru



Download Juga !!!

Program Bk Smp/Mts Kurikulum 2013 Revisi 2017

Program BK SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Halo teman Situs Edukasi, pada postingan ini aku akan menyebarkan perangkat pembelajaran terbaru yakni Program Bimbingan Konseling (BK) jenjang SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang sanggup anda unduh secara gratis.

Program Kerja BK K13 Revisi 2017 ini sanggup bapak dan ibu guru jadikan sebagai contoh/ rujukan dalam pembuatan perangkat pembelajaran Bimbingn Konseling Kurikulum 2013.

Bimbingan dan konseling sebagai bab integral dari proses pendidikan mempunyai tanggung jawab yang cukup besar dalam pengembangan kualitas insan Indonesia yang telah diamanatkan dalam tujuan pendidikan nasional di dalam : Undang-Undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003 yaitu :

(1) beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa,
(2) berakhlak mulia,
(3) mempunyai pengetahuan dan keterampilan,
(4) mempunyai kesehatan jasmani dan rohani,
(5) mempunyai kepribadian yang mantap dan mandiri, serta
(6) mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Tujuan tersebut mempunyai implikasi imperatif (yang mengharuskan) bagi semua tingkat satuan pendidikan untuk senantiasa memantapkan proses pendidikannya secara bermutu ke arah pencapaian tujuan pendidikan tersebut.


Pendidikan yang bermutu ialah merupakan suatu proses yang menghantarkan penerima didik kearah pencapaian perkembangan diri yang optimal. Hal ini alasannya ialah penerima didik sedang berkembang ke arah kematangan atau kemandirian.

Untuk mencapai kematangan tersebut, penerima didik/ siswa memerlukan layanan bimbingan dan konseling alasannya ialah mereka masih kurang mempunyai pemahaman atau wawasan perihal dirinya. Perkembangan penerima didik tidak lepas dari efek lingkungan, baik fisik, psikis maupun sosial.

Selengkapnya, bagi bapak ibu guru Bk yang belum memiliki Program Bimbingan dan Konseling (BK) SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 sanggup mengunduhnya melalui tautan link yang aku sematkan di bawah ini.

Program BK SMP/MTs K13 Revisi 2017.doc, Unduh File

Demikian Program Bimbingan Konseling jenjang SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 yag sanggup aku bagikan, agar bermanfaat.

Sumber http://www.websiteedukasi.com/

Sistem Evaluasi Sbmptn Tahun 2018

Sistem Penilaian SBMPTN Tahun 2018 - Halo sahabat Situs Edukasi, pada postingan ini saya akan berbagi Sistem Penilaian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2018 ulasanya bisa anda baca melalui goresan pena dibawah ini .........

Sistem Penilaian SBMPTN Tahun 2018 dan berbeda dengan Sistem Penilaian SBMPTN Tahun 2017, berikut ini kutipan resmi dari SBMPTN Tentang Sistem Penilaian SBMPTN Tahun 2018.

Berikut ini Surat Edaran wacana Sistem/ Metode Penilaian SBMPTN Tahun 2018 dari Panitia Pusat SN-PMB Perguruan Tinggi Negeri 2018.

Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri 2018 memberikan klarifikasi resmi wacana sistem evaluasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2018 (SBMPTN 2018).

Metode evaluasi ujian tertulis SBMPTN di tahun 2017 dan tahun-tahun sebelumnya dilakukan dengan memakai skor total dari tanggapan penerima tes terhadap soal-soal tes yang diberikan. Peserta yang menjawab dengan benar akan mendapat skor 4, tanggapan salah mendapat skor negatif (- 1) dan tidak menjawab akan mendapat skor nol. Teori yang mendasari mekanisme penyekoran ini ialah Teori Tes Klasik. Pada tahun 2018 metode evaluasi tes dilakukan dengan mekanisme yang berbeda dengan menerapkan Teori Tes Modern yang dikenal dengan Teori Respons Butir (Item Response Theory/IRT).

Metode evaluasi ujian tertulis pada SBMPTN 2018 tidak hanya memperhitungkan jumlah soal yang dijawab dengan benar dan salah oleh peserta, tetapi juga memperhitungkan karakteristik setiap soal khususnya tingkat kesulitan relatif dan sensitifitasnya dalam membedakan kemampuan peserta.

Metode evaluasi oleh Panitia Pusat dilakukan melalui 3 tahap, yang sanggup dijelaskan sebagai berikut:

a) Tahap I, seluruh tanggapan penerima SBMPTN 2018 akan diproses dengan memberi skor 1 (satu) pada setiap tanggapan yang benar, dan skor 0 (nol) untuk setiap tanggapan yang salah atau tidak dijawab/kosong.

b) Tahap II, dengan memakai pendekatan Teori Response Butir (Item Response Theory) maka setiap soal akan dianalisis karakteristiknya, diantaranya ialah tingkat kesulitan relatifnya terhadap soal yang lain, dengan mendasarkan pada teladan response tanggapan seluruh penerima tes tahun 2018. Dengan memakai model matematika, maka akan sanggup diketahui tingkat kesulitan soal-soal yang dikategorikan relatif mudah, sedang, maupun sulit.

c) Tahap III, karakteristik setiap soal yang diperoleh pada Tahap II dipakai untuk menghitung Skor setiap peserta. Soal-soal yang relatif sulit akan mendapat bobot yang lebih tinggi dibanding soal-soal yang relatif lebih mudah. Tahap-tahap penghitungan skor ini dilakukan oleh tim yang mempunyai kompetensi di bidang pengujian, pengukuran dan penilaian.

Dengan sistem evaluasi ini, maka setiap penerima yang sanggup menjawab jumlah SOAL yang SAMA dengan BENAR, akan sanggup memperoleh nilai yang SAMA atau BERBEDA tergantung pada soal mana saja yang mereka jawab dengan benar.

Contoh: penerima A sanggup menjawab dengan benar 5 soal yaitu nomor 1,5,7, 11 dan 13, sedangkan penerima B juga sanggup menjawab 5 soal dengan benar yaitu nomor 1, 5, 9, 12 dan 15, kedua penerima tersebut kemungkinan akan mendapat skor tamat yang berbeda alasannya ialah butir soal yang dijawab dengan benar oleh penerima A kemungkinan mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda dengan butir soal yang dikerjakan dengan benar oleh penerima B.

Metode evaluasi ini sudah usang dipakai secara meluas di negara-negara maju di Amerika dan Eropa alasannya ialah dengan menyertakan karakteristik setiap soal dalam penilaian, skor yang diperoleh akan lebih “fair” dan sanggup membedakan kemampuan penerima dengan lebih baik.

Penting di informasikan bahwa klarifikasi metode evaluasi gres SBMPTN 2018 yang diberikan oleh pihak-pihak lain yang beredar diberbagai media tidak akurat dan cenderung menyesatkan. Hal ini dikarena metode evaluasi pada SBMPTN 2018 membutuhkan persyaratan tertentu yang sulit dipenuhi, antara lain jumlah penerima tes sekitar 800.000 orang, jumlah dan kualitas soal akan direspon secara berbeda dari 800.000 penerima tes dan juga software model matematik yang berbeda akan menawarkan hasil yang berbeda. Petunjuk pengerjaan soal yang sesuai dengan sistem evaluasi di atas, sudah disertakan pada setiap set soal yang diujikan.

Demikian info untuk sanggup diketahui oleh masyarakat dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

Demikianlah Metode/ Sistem Penilaian SBMPTN Tahun 2018 yang sanggup saya informasikan, sekian dari saya dan supaya bermanfaat.
Sumber http://www.websiteedukasi.com/

Daftar Juara Osn Smp Tingkat Provinsi Tahun 2018

Daftar Juara OSN Sekolah Menengah Pertama Tingkat Provinsi Tahun 2018 - Halo teman webisiteedukasi.com, pada postingan ini saya akan mengembangkan Pengumuman Juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang Sekolah Menengah Pertama Tingkat Provinsi Tahun 2018 yang sanggup anda unduh secara gratis.

Kami ucapakan selamat kepada penerima OSN (Olimpiade Sains Nasional) Sekolah Menengah Pertama yang lolos menjadi penerima OSN Tingkat Nasional Tahun 2018. Peserta OSN Sekolah Menengah Pertama yang menjuarai tingkat Provinsi 2018 kembali akan berkompetinsi lomba OSN di tingkat Nasional Tahun 2018.

Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan OSN Tingkat Provinsi dari 34 Provinsi di Indonesia. Telah di umumkan sebanyak 396 penerima yang berhasil untuk maju pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah Menengah Pertama Tingkat Nasional Tahun 2018 yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 s.d 7 Juli 2018 di Kota Padang, Sumatera Barat.

Dari total penerima OSN Tingkat Nasional Tahun 2018 sebanyak 196 siswa dibagi menjadi beberapa penerima dalam bidang masing-masing yakni:

  1. Peserta OSN tingkat nasional tahun 2018 bidang IPA sebanyak 132 siswa
  2. Peserta OSN tingkat nasional tahun 2018 bidang IPS sebanyak 132 siswa
  3. Peserta OSN tingkat nasional tahun 2018 Matematika sebanyak 132 siswa
Note: Untuk gosip lebih lanjut, baik bapak/ibu guru maupun penerima OSN menghubungi Dinas Pendidikan Provinsi masing-masing.

Berikut ini penampkan gambar Daftar Nama Juara OSN Sekolah Menengah Pertama Tingkat Provinsi Tahun 2018


Penetapan Peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah Menengah Pertama Tingkat Nasional Tahun 2018 oleh Kemendikbud sanggup diunduh melalui Surat Keputusan Penetapan Peserta OSN Sekolah Menengah Pertama Tingkat Nasional Tahun 2018.

Selengkapnya, bagi bapak/ibu guru dan penerima OSN yang belum mengetahui pengumuman Juara OSN Sekolah Menengah Pertama Tingkat Provinsi Tahun 2018 sanggup mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.

Juara OSN Sekolah Menengah Pertama Tingkat Provinsi Tahun 2018 bidang IPA, Unduh
Juara OSN Sekolah Menengah Pertama Tingkat Provinsi Tahun 2018 bidang IPS, Unduh
Juara OSN Sekolah Menengah Pertama Tingkat Provinsi Tahun 2018 bidang Matematika, Unduh 

Demikian Daftar Juara Olimpiade Sains (OSN) Sekolah Menengah Pertama Tingkat Provinsi Tahun 2018 atau Peserta Olimpiade Sains (OSN) Sekolah Menengah Pertama Tingkat Nasional Tahun 2018 yang sanggup saya bagikan, supaya bermanfaat.
Sumber http://www.websiteedukasi.com/