Situs Edukasi | Educational Norjatar

Keuntungan Angket

Keuntungan angket tertutup
    Berapa di antara laba angket tertutup adalah :
1.    Hasilnya gampang diolah, diberi aba-aba dan diskor, bahkan sanggup diolah dengan memakai komputer.
2.    Responden tidak perlu menulis atau mengekspresikan buah pikirannya dalam bentuk tulisan.
3.    Mengisi angket relatif tidak banyak memerlukan waktu dibandingkan dengan angket terbuka.
4.    Lebih besar impian bahwa angket itu diisi dan dikembalikan jikalau angket itu tertutup.
Kekurangan angket tertutup


1.    Keberatan utama adalah bahwa responden tidak diberi kesempatan memberi tanggapan yang tidak tercantum dalam angket itu, sehingga beliau terpaksa mencek atau menentukan tanggapan yang tidak sepenuhnya sesuai dengan pendapatnya.
2.    Ada kemungkinan bahwa responden asal-asal saja mencek atau mengisinya, tanpa memikirkan benar-benar apakah tanggapan itu sesuai atau tidak dengan pendiriannya. Angket pengukur perilaku biasanya memuat sejumlah item yang sanggup menyampaikan konsistensi dalam jawaban. Jawaban yang tidak konsisten mengandung ketidakbenaran. Kecerobohan menjawab antara lain disebabkan oleh panjangnya angket itu sehingga menjadikan keengganan untuk mengeluarkan waktu yang banyak untuk itu.

Keuntungan angket terbuka
1.    Angket terbuka berkhasiat sekali jikalau peneliti kurang mengenal sampel.
2.    Item yang terbuka memberi kesempatan untuk memberi tanggapan secara bebas dengan kemungkinan terungkapnya hal-hal yang sebelumnya tak terduga oleh luas pandangan dan pengertiannya.

Kekurangan angket terbuka
1.    Kelemahan utama dan angket terbuka adalah kesulitan dalam pengolahannya lantaran tanggapan sukar diberi aba-aba atau diklasifikasikan. Kategorisasi yang salah tentu akan memberi kesimpulan yang keliru.
2.    Angket terbuka memerlukan waktu yang banyak untuk mengisinya. Karena itu lebih banyak kemungkinan angket serupa ini tidak dikirimkan kembali kepada peneliti dibandingkan dengan angket tertutup. Selain itu tak semua orang sanggup menyatakan pikiran dan perasaannya dalam bentuk tulisan.
3.    Nilai tanggapan angket terbuka mungkin tidak sama lantaran perbedaan dalam kemampuan menyampaikan buah pikiran secara tertulis yang bertalian dengan taraf pendidikan para responden. Juga perbedaan lain, menyerupai kedudukan sosial ekonomi membawa perbedaan dalam tafsiran dan tanggapan atas pertanyaan yang terbuka. Perbedaan ini tentu juga mungkin sekali terdapat dalam angket tertutup.


0 comments:

Post a Comment