Situs Edukasi | Educational Norjatar

Jenis-Jenis Animasi , Animasi Tradisional, Animasi Stop Motion, Dan Animasi 3 Dimensi

1. Animasi Stop Motion

Stop motion berasal dari dua kata yaitu stop dan motion. Stop =berhenti dan motion=bergerak. Jadi, stop motion berarti berhenti dan bergerak. Satop motion yakni suatu teknik animasi utnuk menciptakan objek yang dimanipulasi secara fisik biar terliahat bergerak sendiri. Animasi stop motion biasa disebut dengan clay animation atau clay-mation sebab dalam perkembangannya jenis animasi sering memakai clay(tanah liat) sebagai objek teknik stop motion. Teknik stop motion ini pertama kali ditemukan oleh Stuart Blankton pada tahun 1906, yaitu dengan menggambarkan verbal wajah sebuah aksara kartun di atas papan tulis kemudian gambar tersebut diambil dengan still camera, kemudian gambar dihapus dan digambar verbal berikutnya dan dipotret kembali, dan seterusnya secara berulang.

2. Animasi Tradisional

Animasi tradisional biasanya dikenal dengan animasi cell atau animasi yang dihasilkan dengan tangan yaitu setiao proses memakai tangan. Animasi tradisional merupakan proses yang dipakai untuk film-film animasi yang paling usang yaitu pada kurun ke-20. Contoh film ciri animasi tradisional menyerupai Pinocchio, Akira.

3. Animasi 3D

Animasi 3D yakni persembahan grafik yang dicapai melalui komputer dan digital generator. Animasi 3d sendiri yakni sebuah model yang memiliki bentu, volume, dan ruang sehingga sanggup dilihat dari segala arah. Teknologi animasi 3D kini ini banyak dipakai untuk menciptakan film-film animasi. Contoh film cirri animasi 3D yaitu Toy Story, Upin Ipin, dll.

4. Animasi Kombinasi

Animasi kombinasi yakni adonan dari teknik animasi yang berbeda. Animasi kombinasi dibedakan menjadi 3 yaitu:
1. Kombinasi animasi 2D & 3D : penggabungan teknik animasi 2D dan 3D. Contohnya menyerupai film The Road to Eldorado, Titan A.E.
2. 2D and Live Shot : penggabungan teknik animasi 2D dengan Live Shot (Syuting Ade-gan). Contohnya menyerupai pada film Space Jam, Osmosis Jones.

3. 3D and Live Shot : penggabungan teknik animasi 3D dengan Live Shot (Syuting Ade-gan). Contohnya menyerupai pada film Jurasic Park, Titanic, Lord of the Ring, Harry Potter, Stuart Little, Scooby Doo.

sumber : wikipedia.org

0 comments:

Post a Comment