Situs Edukasi | Educational Norjatar

Situs Edukasi

Situs Edukasi, Situs Belajar, Seputar Pendidikan, Data Pendidikan, Info Guru, Tunjangan Guru, UN, Perangkat Mengajar.

Situs Edukasi

Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.

Situs Edukasi

Situs Edukasi, Situs Belajar, Seputar Pendidikan, Data Pendidikan, Info Guru, Tunjangan Guru, UN, Perangkat Mengajar.

Situs Edukasi

Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.

Situs Edukasi

Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.

Soal Pilihan Ganda Animasi

Soal Animasi 


Pilihlah Jawaban Yang Paling Tepat!

1. Hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak disebut dengan….
a. Film
b. Movie
c. Animasi
d. Cinema
e. Diorama

2. Teknik pembuatan animasi sanggup dilakukan dengan proses konvensional dan digital, berikut ini yang BUKAN merupakan kelebihan proses pembuatan animasi secara digital dibandingkan dengan secara konvensional….
a. Setiap kesalahan sanggup dikoreksi dengan cepat
b. sanggup dengan cepat diadakan perubahan pada gambar
c. antara perpindahan gerakan pada gambar yang satu dan selanjutnya sanggup digenerate sehingga lebih sedikit membuat gambar
d. setiap detail kesalahan adakala harus diulang kembali dari awal
e. mulai dari perancangan model hingga pengisian suara/dubbing sanggup dilakukan dengan mempergunakan satu personal komputer

3. Dalam bahasa inggris berdasarkan arti harfiah, kata animasi (animate) artinya….
a. Memberi jiwa, menghidupkan serta menggerakan benda mati
b. Menyembah benda mati dan berhala
c. Makhluk hidup dalam golongan hewan
d. Sesuatu yang mengasyikan
e. Hasil kreativitas manusia

4. Berikut ini merupakan kaidah-kaidah dalam pembuatan film animasi, KECUALI….
a. Kaidah Penciptaan Gerak
b. Kaidah Pengaturan Waktu (timing)
c. Kaidah Sebab Akibat
d. Kaidah Gerakan Newton
e. Kaidah Relativitas Einstein

5. Kaidah pengaturan waktu – berdasarkan ragam pergerakannya – di bedakan menjadi 5, yang BUKAN merupakan kaidah pengaturan waktu tersebut adalah….
a. Konstan
b. Akselerasi
c. Deselerasi
d. Zero
e. Irrelevan

6. Yang BUKAN merupakan peranan storyboard pada animasi adalah….
a. Storyboard dibentuk untuk menjelaskan skenario secara lebih detail dari detik demi detik
b. Storyboard menjelaskan perihal susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik beserta suaranya
c. Storyboard menjelaskan perihal susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik beserta grafisnya
d. Storyboard menjelaskan perihal susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik beserta animasi dan video yang dibutuhkannya
e. Storyboard menjelaskan perihal susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik beserta biaya pembuatan dan nama-nama kru yang terlibat

7. Teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik biar terlihat bergerak sendiri, dan biasanya dibentuk dari campuran dari foto-foto, dengan secara umum dikuasai tokoh animasinya dibentuk memakai lilin/tanah liat ialah animasi….
a. Animasi komputer
b. Animasi stop motion
c. Animasi komputer
d. Animasi 3 dimensi
e. Animasi model

8. Nama lain dari animasi stop motion adalah….
a. Clay motion
b. Kartun
c. Manga
d. Rare motion
e. Photo motion

9. Animasi yang dihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap ialah pengertian dari animasi ….
a. Animasi Tradisional
b. Animasi Komputer
c. Stop-motion animation
d. Wayang
e. Puppet

10. Tehnik animasi stop-motion pertama kali ditemukan oleh Stuart Blakton pada tahun 1906; yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya dengan still camera, kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya. Tehnik animasi stop-motion ini paling sering dipakai dalam visual effect untuk film-film di era….
a. Tahun 40-50 an
b. Tahun 50-60 an
c. Tahun 60-70 an
d. Tahun 70-80 an
e. Tahun 90an – sekarang
11. Berikut ini yang BUKAN merupakan jenis dari animasi stop motion adalah….
a. Tanah Liat (Clay)
b. Guntingan (Cutout)
c. Gambar (Graphic)
d. Aktor Hidup (Pixilation)
e. Mayat Hidup (Zombie)
12. Berikut ini yang merupakan pola serial film yang dibentuk dengan teknik Animasi stop motion adalah….
a. Spongebob Squarepants
b. Shaun The Sheep
c. Avatar The legend of Ang
d. Donald Duck
e. Transformer
13. Cara kerja stopmotion yaitu mengharuskan animator mengubah scene secara fisik, memfoto satu per satu frame, mengubah scene lagi dan memfoto satu frame lagi, dan seterusnya. Frame dalam animasi stop motion berarti….
a. Frame ialah satuan terkecil dalam video, dan dipakai untuk menandai atau menyimpan objek.
b. Frame ialah bingkai atau figura, sebagai embel-embel tampilan dalam foto yang dipajang
c. Frame ialah kerangka dalam sebuah gambar
d. Frame ialah tubuh atau cuilan utama yang menjadi fokus dalam gambar
e. Frame ialah susunan objek-objek yang menyatu dan menjadi gambar
14. Yang BUKAN merupakan kekurangan dari animasi stop motion adalah….
a. Proses pengerjaan yang relativ lama
b. Harus mempunyai konsep yang matang
c. Harus mempunyai ketelitian dan ketelatenan
d. Keterbatasan gerak objek
e. Dapat dibentuk dengan hanya memakai still camera
15. Animasi tradisional juga sering disebut … sebab tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas ibarat sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan.
a. animasi 3 dimensi
b. cel animation
c. Stop motion
d. Story board
e. Scene
16. Pada animasi tradisional, objek utama yang mengeksploitir gerak dibentuk terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis untuk menghemat pembuatan gambar. Istilah untuk gambar latar belakang adalah….
a. Background
b. Backstage
c. Backsound
d. Backbone
e. Backpacker
17. Berikut ini yang BUKAN merupakan jenis-jenis animasi tradisional adalah….
a. Zoetrope
b. Thaumatrope
c. Phenakistoscope
d. Praxinoscope
e. Telescope
18. Storyboard (script) adalah….
a. Ide berupa gambar yang berupa skema dan goresan pena suatu animasi
b. kumpulan gambar yang dimainkan secara berurutan dengan kecepatan tertentu, sehingga gambar tersebut terlihat bergerak
c. frame dimana Anda memilih perubahan pada tombol atau animasi
d. mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek baru
e. perubahan bentuk dari suatu objek menjadi objek lain atau dari suatu objek menjadi teks dan sebaliknya
19. Tahapan cara pembuatan animasi tradional yang benar adalah….
a. Pra produksi > produksi > pasca produksi
b. Pasca produksi > produksi > pra produksi
c. Pra produksi > pasca produksi > produksi
d. Produkasi > pra produksi > pasca produksi
e. Produksi > pasca produksi > pra produksi
20. Seni menghasilkan gambar bergerak dengan sendirinya, melalui penggunaan komputer disebut dengan….
a. Animasi komputer
b. Animasi stop motion
c. Animasi tradisional
d. Animasi digital
e. Animasi analog
21. Animasi yang secara keseluruhan dikerjakan dengan memakai komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta Istimewa efeknya dsb, semuanya di kerjakan dengan komputer. Adalah pengertian dari animasi ….
a. Animasi Tradisional
b. Animasi Komputer
c. Animasi Stop-Motion
d. Animasi Tween
e. Animasi Shape
22. Contoh aplikasi yang dipakai untuk membuat animasi komputer adalah….
a. MS Word
b. Windows Media Player
c. Windows Movie Maker
d. Dream Weaver
e. Corel Photo Paint
23. Software yang dipakai untuk membuat animasi 2D ialah ….
a. CorelDraw
b. ACDC
c. Mozilla Firefox
d. Macromedia Flash
e. Adobe Photoshop
24. Animasi komputer mulai ada sesudah teknologi komputer berkembang pada tahun 1980-an, para animator mulai menyadari bahwa manipulasi gambar tiap frame memakan memori komputer yang sangat besar. Oleh sebab itu pada tahun 1990-an, George Lucas’s Indrustrial Light and Magic, Steve Job’s Pixar Animation, dan perusahaan setipe dengannya mulai membuat komputer yang canggih dengan kegiatan yang diperbaharui. Film animasi komputer 3D yang pertama kali terkenal di masa ini adalah….
a. Mickey Mouse
b. Aladin
c. Toy Story
d. Cinderlella
e. Pocahontas
25. Berikut ini yang BUKAN merupakan prinsip kerja animasi komputer pada tahap Pra-produksi adalah….
a. Menyusun konsep
b. Menyusun skenario
c. Pembentukan karakter
d. Menyusun storyboard
e. Melakukan rendering
26. Yang merupakan prinsip kerja animasi komputer pada tahapan produksi adalah….
a. composite
b. key motion
c. editing
d. rendering
e. Storyboard
27. Shortcut key untuk test movie pada flash adalah….
a. Ctrl + Z
b. Ctrl + J
c. F8
d. F9
e. Ctrl+Enter
28. Dengan Frame rate = 12 fps, Untuk membuat animasi yang panjangnya 5 detik, maka jumlah frame yang diharapkan ialah ….
a. 65 frame
b. 15 famre
c. 1,4 frame
d. 120 frame
e. 60 frame
29. Yang BUKAN merupakan bidang kehidupan yang dipengaruhi oleh imbas animasi komputer adalah….
a. Perfileman
b. Periklanan
c. Pembelajaran atau pendidikan
d. Game
e. Perikanan
30. Proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memperlihatkan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan memilih keyframe awal dan simpulan sehingga sanggup terbentuk frame-frame gres disebut dengan….
a. Framing
b. Tweening
c. Rendering
d. Scripting
e. Coding
31. Bahasa pemrograman yang biasa dipakai dalam aplikasi pembuatan animasi Flash adalah….
a. PHP
b. Action Script
c. C
d. Pascal
e. basic
32. Konsep dasar penciptaan animasi komputer secara metode manual berarti….
a. mengandalkan kemampuan animator secara penuh. Seluruh gerakan dibentuk dengan insting dan skill animator.
b. memakai pertolongan gerak abjad aslinya dan dipindahkan geraknya dengan alat motion capture, kemudian di aplikasikan ke objek digital.
c. memakai penghitungan secara fisika pada objek yang akan di animasikan, kemudian disimulasikan secara realtime.
d. Menggunakan sekumpulan objek yang sanggup dianimasikan secara bersamaan membentuk sebuah pola, contohnya asap, daun berguguran, api, hujan, salju, segerombolan burung, dan sebagainya.
e. Menggunakan kertas gambar yang dalam pembuatan sebelumnya diprogram menjadi frame di komputer, jadi yang semula kumpulan gambar menjadi kumpulan frame.
33. Istilah frame kunci yang sanggup bangkit sendiri, contohnya Pada Adobe Flash diumpamakan ibarat kanvas yang berisi gambar dan digambarkan sebagai sebuah bundar yang sanggup terisi dalam frame merupakan pengertian dari….
a. Tween
b. Pixel
c. Keyframe
d. Layer
e. Timeline
34. Tempat pengaturan timing atau waktu animasi dan penggabungan objek-objek dari masing-masing layer ialah pengertian dari istilah….
a. Pixel
b. Frame
c. Layer
d. Timeline
e. Scene
35. Subselection tool pada flash dipakai untuk….
a. Mengubah warna objek
b. Mengubah bentuk melalui titik-titik pada pinggiran objek
c. Mengubah jenis frame pada sebuahlayer
d. Mengubah warna stage
e. Membuka properties pada sebuah objek
36. Free Transform tool pada flash dipakai untuk….
a. Mengubah bentuk obyek
b. Memberi warna
c. Membuat Garis
d. Membuat obyek berbentuk persegi
e. Memasukkan Text
37. Yang paling sempurna untuk membuat animasi yang berubah bentuk, menggunakan….
a. Motion tween
b. Motion path
c. Motion guide
d. Motion shape
e. Motion graphic
38. Shortcut F8 pada flash dipakai untuk.…
a. Play
b. Insert frame
c. Insert key frame
d. Convert to symbol
e. Paste
39. Frame-frame yang berfungsi untuk mengontrol objek yang dibentuk dalam stage atau layer yang akan dibentuk animasinya disebut….
a. Timeline
b. Stage
c. Panel
d. Property
e. Work Area / Lembar Kerja
40. Untuk menggerakkan objek sesuai jalur yang diinginkan dengan memakai suatu garis yang memandu digunakan….
a. Motion shape
b. Motion guide
c. Break apart
d. Motion tween
e. Keyframe
41. Properties, Filter dan parameter, Action, library, color & align info & Transform di kelompokan ke dalam golongan….
a. Stage
b. Frame
c. Layer
d. Timeline
e. Panel
42. Menggambar garis dengan pertolongan titik-titik bantu ibarat dalam pembuatan garis, kurva, atau gambar ialah fungsi dari icon….
a. Pen Tool
b. Lasso Tool
c. Free Transform tool
d. Sub Selection tool
e. Selection tool
43. Cara menambah frame pada flash ialah ….
a. Insert > Frame
b. Delete > Frame
c. Insert > Timeline Effects > Frame
d. Insert > Timeline > Frame
e. Insert > Frame > Frame
44. Yang dipakai untuk mengatur kecepatan animasi pada layer dalam flash adalah….
a. Stage
b. Panel
c. Frame
d. Tools
e. Timeline
45. Tool untuk mengatur tampilan lembar kerja pada flash ialah ….
a. Color
b. Options
c. Menu
d. View
e. Selection
46. Untuk melaksanakan pengaturan ukuran layar, warna background, framerate, dan dimensi dari animasi yang akan dibuat,merupakan fungsi dari….
a. Library
b. Stage
c. Menubar
d. Document Properties
e. Toolbar
47. Kita sanggup memasukkan sebuah gambar ke dalam stage dengan memakai perintah….
a. File – Import – Import to Stage
b. File – Import – Ctrl + R
c. File – Import – Import Video
d. File – Import – Ctrl + R
e. File – Import – Import to library
48. Area daerah kita bekerja dan membuat objek atau animasi disebut….
a. Options
b. Timeline
c. Panel
d. Stage
e. Property
49. Cara untuk menyimpan hasil animasi pada flash dalam bentuk video ialah ….
a. File -> Export -> Movie -> (pilih) *.JPG
b. File -> Export -> Movie -> (pilih) *.FLA
c. File -> Export -> Movie -> (pilih) *.PNG
d. File -> Export -> Movie -> (pilih) *.AVI
e. File -> Export -> Movie -> (pilih) *.PSD
50. Untuk menyimpan dan mengubah file grafik flash ke format grafik lain ialah memakai menu….
a. Export
b. Import
c. Save as
d. Save in
e. Save default

sumber : https://yogapermanawijaya.wordpress.com 

Ujian Final Sekolah Smk Dan Sma

Selamat menyiapkan diri untuk melakukan ujian nasional 2015, sebelum ujian nasional yang direncanakan tanggal 13-16 APRIL 2015, seluruh siswa/siswi Sekolah Menengan Atas maupun Sekolah Menengah kejuruan akan mengikuti ujian final sekolah, contohnya di daerah kami akan dilaksanakan US / ujian sekolah tanggal 23 Maret 2015.

oleh alasannya itu kami ucapkan, biar sukses dan biar mendapat hasil yang terbaik... bagi siswa/i

persiapkan diri anda dari mental, sampai fisik, serta kemampuan anda dalam mengerjakan soal

tetaplah bersemangat, untuk menghasilkan usaha anda
yakinlah, usaha tidak ada yang sia sia, dan setiap ada kemauan disitu ada jalan... he h e he... kata kata yang tetap teringat dari waktu saya masih berguru dan usaha dulu....

12 Prinsip Dasar Animasi

Pertanyaan yang mungkin muncul antara lain :

1)      Apa itu 12 prinsip animasi?

Kata “animasi” berasal dari kata “animate,” yang berarti untuk menciptakan obyek mati menjadi menyerupai hidup. Prinsip dasar ini merupakan hasil eksperimen dan latihan mereka serta atas harapan dari Disney untuk memikirkan suatu cara bagaimana menciptakan sebuah animasi semirip mungkin dengan gerakan kasatmata sebuah obyek baik itu benda, binatang maupun manusia.
Dua belas Prinsip Dasar Disney Animation adalah seperangkat prinsip-prinsip animasi dan perjuangan untuk menghasilkan animasi yang lebih realistis. Tujuan utama dari prinsip-prinsip yakni untuk menghasilkan delusi abjad berpegang pada dasar aturan fisika , tetapi mereka juga berurusan dengan isu-isu yang lebih abstrak, menyerupai waktu emosional dan daya tarik karakter.

2)      Siapa yang merumuskan 12 prinsip animasi?

Dua orang animator profesional Frank Thomas  dan Ollie Johnston memberikan 12 prinsip animasi yang di adopsi dari animasi produksi Walt Disney. Animasi ini bergotong-royong paling pas dipakai untuk animasi kartun dan ditulis ke dalam buku berjudul The Illusion of Life: Disney Animation di tahun 1981.Buku ini jadi maha penting sebab berisi rangkuman teknik menciptakan animasi di Disney Animation semenjak tahun 1930.

3)      Kapan 12 prinsip animasi muncul?

12 prinsip dasar animasi pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 1930 yang ditulis dalam bukunya berjudul“ The Illussion of Life ”.
4)      Mengapa 12 prinsip animasi muncul?

12 Prinsip animasi muncul atau diperkenalakan sebab bertujuan untuk setiap animasi yang dibuat kelihatan menarik, dramatis, dengan gerakan yang alami. .

sumber : wikipedia.org

baca selanjutnya pada artikel 12 prinsip utama animasi lanjutan

Jenis-Jenis Animasi , Animasi Tradisional, Animasi Stop Motion, Dan Animasi 3 Dimensi

1. Animasi Stop Motion

Stop motion berasal dari dua kata yaitu stop dan motion. Stop =berhenti dan motion=bergerak. Jadi, stop motion berarti berhenti dan bergerak. Satop motion yakni suatu teknik animasi utnuk menciptakan objek yang dimanipulasi secara fisik biar terliahat bergerak sendiri. Animasi stop motion biasa disebut dengan clay animation atau clay-mation sebab dalam perkembangannya jenis animasi sering memakai clay(tanah liat) sebagai objek teknik stop motion. Teknik stop motion ini pertama kali ditemukan oleh Stuart Blankton pada tahun 1906, yaitu dengan menggambarkan verbal wajah sebuah aksara kartun di atas papan tulis kemudian gambar tersebut diambil dengan still camera, kemudian gambar dihapus dan digambar verbal berikutnya dan dipotret kembali, dan seterusnya secara berulang.

2. Animasi Tradisional

Animasi tradisional biasanya dikenal dengan animasi cell atau animasi yang dihasilkan dengan tangan yaitu setiao proses memakai tangan. Animasi tradisional merupakan proses yang dipakai untuk film-film animasi yang paling usang yaitu pada kurun ke-20. Contoh film ciri animasi tradisional menyerupai Pinocchio, Akira.

3. Animasi 3D

Animasi 3D yakni persembahan grafik yang dicapai melalui komputer dan digital generator. Animasi 3d sendiri yakni sebuah model yang memiliki bentu, volume, dan ruang sehingga sanggup dilihat dari segala arah. Teknologi animasi 3D kini ini banyak dipakai untuk menciptakan film-film animasi. Contoh film cirri animasi 3D yaitu Toy Story, Upin Ipin, dll.

4. Animasi Kombinasi

Animasi kombinasi yakni adonan dari teknik animasi yang berbeda. Animasi kombinasi dibedakan menjadi 3 yaitu:
1. Kombinasi animasi 2D & 3D : penggabungan teknik animasi 2D dan 3D. Contohnya menyerupai film The Road to Eldorado, Titan A.E.
2. 2D and Live Shot : penggabungan teknik animasi 2D dengan Live Shot (Syuting Ade-gan). Contohnya menyerupai pada film Space Jam, Osmosis Jones.

3. 3D and Live Shot : penggabungan teknik animasi 3D dengan Live Shot (Syuting Ade-gan). Contohnya menyerupai pada film Jurasic Park, Titanic, Lord of the Ring, Harry Potter, Stuart Little, Scooby Doo.

sumber : wikipedia.org

Shortcut Pada Photoshop Yang Sering Digunakan

Result
Windows
Mac OS
Cycle through tools with the same shortcut key
Shift-press shortcut key (if Use Shift Key for Tool Switch preference is selected)
Shift-press shortcut key (if Use Shift Key for Tool Switch preference is selected)
Cycle through hidden tools
Alt-click + tool (except add anchor point, delete anchor point, and convert point tools)
Option-click + tool (except add anchor point, delete anchor point, and convert point tools)




Move tool
V
V
Rectangular Marquee tool
Elliptical Marquee tool
M
M
Lasso tool
Polygonal Lasso tool
Magnetic Lasso tool
L
L
Magic Wand tool
Quick Selection tool
W
W
Crop tool
Slice tool
Slice Select tool
C
C
Eyedropper tool
Color Sampler tool
Ruler tool
Note tool
Count tool*
I
I
Spot Healing Brush tool
Healing Brush tool
Patch tool
Red Eye tool
J
J
Brush tool
Pencil tool
Color Replacement tool
Mixer Brush tool
B
B
Clone Stamp tool
Pattern Stamp tool
S
S
History Brush tool
Art History Brush tool
Y
Y
Eraser tool
Background Eraser tool
Magic Eraser tool
E
E
Gradient tool
Paint Bucket tool
G
G
Dodge tool
Burn tool
Sponge tool
O
O
Pen tool
Freeform Pen tool
P
P
Horizontal Type tool
Vertical Type tool
Horizontal Type mask tool
Vertical Type mask tool
T
T
Path Selection tool
Direct Selection tool
A
A
Rectangle tool
Rounded Rectangle tool
Ellipse tool
Polygon tool
Line tool
Custom Shape tool
U
U
3D Object Rotate tool*
3D Object Roll tool*
3D Object Pan tool*
3D Object Slide tool*
3D Object Scale tool*
K
K
3D Camera Rotate tool*
3D Camera Roll tool*
3D Camera Pan tool*
3D Camera Walk tool*
3D Camera Zoom*
N
N
Hand tool
H
H
Rotate View tool
R
R
Zoom tool
Z
Z
Use same shortcut key for Liquify

Jasa Online

WWW.RUMAHCHUMAIDI.BLOGSPOT.COM yaitu daerah berkumpulnya para desainer, photoshoper, videographer, pendidik, dan penerima ajar yang tergabung dalam AMC ( Ahmad Media Community) atau juga disebut komunitas yang dibentuk pak ahmad.
komunitas ini terdiri dari banyak sekali etnis, suku, latar belakang, serta banyak sekali kalangan bisnis, yang siap untuk membantu anda dalam banyak sekali hal.

kali ini sudah sanggup mendapatkan pesanan untuk beberapa jasa, antara lain :



Editing Gambar / Foto
Pembuatan Animasi Sederhana
Editing Video
Pembuatan Iklan video,
 dan lain sebagianya.

bagi yang berminat untuk mencoba edit foto dan lain silahkan kirimkan foto anda ke Situs Edukasi Norjatar@gmail.com
lampirkan undangan editing anda

Keuntungan Angket

Keuntungan angket tertutup
    Berapa di antara laba angket tertutup adalah :
1.    Hasilnya gampang diolah, diberi aba-aba dan diskor, bahkan sanggup diolah dengan memakai komputer.
2.    Responden tidak perlu menulis atau mengekspresikan buah pikirannya dalam bentuk tulisan.
3.    Mengisi angket relatif tidak banyak memerlukan waktu dibandingkan dengan angket terbuka.
4.    Lebih besar impian bahwa angket itu diisi dan dikembalikan jikalau angket itu tertutup.
Kekurangan angket tertutup


1.    Keberatan utama adalah bahwa responden tidak diberi kesempatan memberi tanggapan yang tidak tercantum dalam angket itu, sehingga beliau terpaksa mencek atau menentukan tanggapan yang tidak sepenuhnya sesuai dengan pendapatnya.
2.    Ada kemungkinan bahwa responden asal-asal saja mencek atau mengisinya, tanpa memikirkan benar-benar apakah tanggapan itu sesuai atau tidak dengan pendiriannya. Angket pengukur perilaku biasanya memuat sejumlah item yang sanggup menyampaikan konsistensi dalam jawaban. Jawaban yang tidak konsisten mengandung ketidakbenaran. Kecerobohan menjawab antara lain disebabkan oleh panjangnya angket itu sehingga menjadikan keengganan untuk mengeluarkan waktu yang banyak untuk itu.

Keuntungan angket terbuka
1.    Angket terbuka berkhasiat sekali jikalau peneliti kurang mengenal sampel.
2.    Item yang terbuka memberi kesempatan untuk memberi tanggapan secara bebas dengan kemungkinan terungkapnya hal-hal yang sebelumnya tak terduga oleh luas pandangan dan pengertiannya.

Kekurangan angket terbuka
1.    Kelemahan utama dan angket terbuka adalah kesulitan dalam pengolahannya lantaran tanggapan sukar diberi aba-aba atau diklasifikasikan. Kategorisasi yang salah tentu akan memberi kesimpulan yang keliru.
2.    Angket terbuka memerlukan waktu yang banyak untuk mengisinya. Karena itu lebih banyak kemungkinan angket serupa ini tidak dikirimkan kembali kepada peneliti dibandingkan dengan angket tertutup. Selain itu tak semua orang sanggup menyatakan pikiran dan perasaannya dalam bentuk tulisan.
3.    Nilai tanggapan angket terbuka mungkin tidak sama lantaran perbedaan dalam kemampuan menyampaikan buah pikiran secara tertulis yang bertalian dengan taraf pendidikan para responden. Juga perbedaan lain, menyerupai kedudukan sosial ekonomi membawa perbedaan dalam tafsiran dan tanggapan atas pertanyaan yang terbuka. Perbedaan ini tentu juga mungkin sekali terdapat dalam angket tertutup.


Keuntungan Angket

Keuntungan angket tertutup
    Berapa di antara laba angket tertutup adalah :
1.    Hasilnya gampang diolah, diberi aba-aba dan diskor, bahkan sanggup diolah dengan memakai komputer.
2.    Responden tidak perlu menulis atau mengekspresikan buah pikirannya dalam bentuk tulisan.
3.    Mengisi angket relatif tidak banyak memerlukan waktu dibandingkan dengan angket terbuka.
4.    Lebih besar impian bahwa angket itu diisi dan dikembalikan jikalau angket itu tertutup.
Kekurangan angket tertutup


1.    Keberatan utama adalah bahwa responden tidak diberi kesempatan memberi tanggapan yang tidak tercantum dalam angket itu, sehingga beliau terpaksa mencek atau menentukan tanggapan yang tidak sepenuhnya sesuai dengan pendapatnya.
2.    Ada kemungkinan bahwa responden asal-asal saja mencek atau mengisinya, tanpa memikirkan benar-benar apakah tanggapan itu sesuai atau tidak dengan pendiriannya. Angket pengukur perilaku biasanya memuat sejumlah item yang sanggup menyampaikan konsistensi dalam jawaban. Jawaban yang tidak konsisten mengandung ketidakbenaran. Kecerobohan menjawab antara lain disebabkan oleh panjangnya angket itu sehingga menjadikan keengganan untuk mengeluarkan waktu yang banyak untuk itu.

Keuntungan angket terbuka
1.    Angket terbuka berkhasiat sekali jikalau peneliti kurang mengenal sampel.
2.    Item yang terbuka memberi kesempatan untuk memberi tanggapan secara bebas dengan kemungkinan terungkapnya hal-hal yang sebelumnya tak terduga oleh luas pandangan dan pengertiannya.

Kekurangan angket terbuka
1.    Kelemahan utama dan angket terbuka adalah kesulitan dalam pengolahannya lantaran tanggapan sukar diberi aba-aba atau diklasifikasikan. Kategorisasi yang salah tentu akan memberi kesimpulan yang keliru.
2.    Angket terbuka memerlukan waktu yang banyak untuk mengisinya. Karena itu lebih banyak kemungkinan angket serupa ini tidak dikirimkan kembali kepada peneliti dibandingkan dengan angket tertutup. Selain itu tak semua orang sanggup menyatakan pikiran dan perasaannya dalam bentuk tulisan.
3.    Nilai tanggapan angket terbuka mungkin tidak sama lantaran perbedaan dalam kemampuan menyampaikan buah pikiran secara tertulis yang bertalian dengan taraf pendidikan para responden. Juga perbedaan lain, menyerupai kedudukan sosial ekonomi membawa perbedaan dalam tafsiran dan tanggapan atas pertanyaan yang terbuka. Perbedaan ini tentu juga mungkin sekali terdapat dalam angket tertutup.


Jenis-Jenis Angket

Jenis-jenis Angket
    Angket sanggup dibagi berdasarkan sifat tanggapan yang diinginkan (1) tertutup (2) terbuka atau (3) kombinasi kedua macam itu dan cara memberikan atau manajemen angket itu.

Angket tertutup
    Angket tertutup terdiri atas pertanyaan atau pernyataan dengan sejumlah tanggapan tertentu sebagai pilihan. Responden mencek tanggapan yang paling sesuai dengan pendiriannya.
    Angket bentuk serupa ini dipilih jikalau peniliti cukup menguasai bahan yang akan ditanyakan. Selain itu dianggap bahwa responden juga cukup mengetauinya, sehingga sanggup mengantisipasi jawaban-jawaban yang sanggup diberikan dalam angket sebagai alat pengukur perilaku misalnya, yang memperlihatkan gradasi intensitas sikap.

Angket sebagai alat ukur selalu bersifat tertutup.
Contoh :
-    Setujukah Saudara penggunaan eksekusi jasmani dalam pendidikan?
Ya – tidak

Angket terbuka
Angket ini memberi kesempatan penuh memberi tanggapan berdasarkan apa yang dirasa perlu oleh responden. Peneliti hanya memperlihatkan sejumlah pertanyaan berkenaan dengan problem penelitian dan meminta responden menguraikan pendapat atau pendiriannya dengan pajang lebar jikalau diinginkan.
Contoh :
-    Hukuman apakah yang plaing sering Saudara berikan ?

Kombinasi angket terbuka dan angket tertutup
    Banyak angket yang memakai kedua macam angket ini sekaligus. Di samping angket yang tertutup yang memiliki sejumlah tanggapan ditambah alternatif terbuka yang memberi kesempatan kepada responden memberi tanggapan di samping atau di luar tanggapan yang tersedia.
Contoh :
    Yang pernah dipakai oleh dosen ialah alat pengajaran :
-    Gambar            -   radio
-    Film            -   televisi
-    Overhead projector    -   diagram    -   …………………
    Angket tertutup dipilih jikalau peneliti sanggup mengantisipasi atau meramalkan lebih dahulu tanggapan yang akan keluar. Ada hal-hal yang gampang dikategorikan, contohnya jenis kelamin, usia, usang pendidikan, agama, partai politik, dan lain-lain. Demikian pula intensitas mengenai perilaku dari sangat baiklah hingga sangat tidak setuju.
    Angket terbuka dipakai jikalau tanggapan tidak sanggup diantisipasikan alasannya ialah sukar dimasukkan dalam sejumlah kategori, atau peneliti belum sepenuhnya mengenal populasi yang sedang diselidiki.
Contoh :
-    Cara-cara pelajar mencontek ialah ………………

Metode Pengumpulan Data Dengan Angket


Penggunaan Angket
    Angket atau questionare yaitu daftar pertanyaan yang didistribusikan melalui pos untuk diisi dan dikembalikan atau sanggup juga dijawab di bawah pengawasan peneliti. Responden ditentukan menurut teknik sampling.
    Angket dipakai untuk mendapat keterangan dari sampel atau sumber yang beraneka ragam yang lokasinya sering tersebar di kawasan yang luas, nasional ada kalanya internasional. Peneliti rasanya mustahil untuk bertemu muka secara eksklusif dengan semua responden alasannya alasan biaya dan waktu.
    Angket pada umumnya meminta keterangan wacana fakta yang diketahui oleh responden atau juga mengenai pendapat atau sikap.
    Angket sanggup contohnya dipakai untuk memperoleh keterangan wacana sekolah (jumlah guru, pegawai, ruang kelas, fasilitas, jumlah murid, dan sebagainya), wacana perilaku mengenai problem sosial, ekonomi, politik, moral, dan sebagainya.

Bilakah angket tidak cocok ?


    Tidak selalu angket merupakan alat yang harmonis untuk mengumpulkan data. Untuk mengetahui jumlah lulusan suatu forum pendidikan, jumlah murid yang putus sekolah, angket tidak sesuai, alasannya keterangan serupa itu lebih gampang diperoleh dari dokumentasi.
    Demikian pula angket tidak cocok untuk mengetahui hal-hal yang sensitif atau bersifat eksklusif contohnya yang mengenai kehidupan seks, perilaku terhadap suku bangsa atau agama lain, dan sebagainya. Untuk itu wawancara lebih sesuai. Demikian pula bagi masalah-masalah lain yang kompleks yang tak sanggup dijawab dengan singkat, angket bukanlah alat yang sanggup digunakan.

Bilakah angket sanggup dipakai ?
    Angket mempunyai kegunaan kalau responden mempunyai pengetahuan, kemampuan, dan kesediaan untuk menjawabnya. Bila responden tidak mengetahui cukup banyak wacana sesuatu, contohnya keadaan kesejahteraan penduduk, atau tidak mempunyai kesanggupan, menyerupai menilai kurikulum sekolah, mutu lulusan, dan sebagainya maka angket itu tidak menghasilkan data yang valid dan reliable. Demikian pula kalau responden tidak bersedia untuk menjawabnya alasannya dianggapnya membahayakan atau merugikan dirinya, contohnya keterangan wacana pendapatnya, sikapnya terhadap atasan atau pemerintah, maka angket bukan merupakan alat yang ampuh. Jika hanya sebagian saja dari sampel yang dapat, mampu, atau bersedia menjawabnya maka kesimpulan menurut data yang dikumpulkan sangat disangsikan kebenarannya.



Selamat Melakukan Ujian Kompetensi Kejuruan / Ukk 2014/2015 Bagi Siswa/I Smk

Kami ucapkan selamat melakukan ujian kompetensi kejuruan bagi anak anakku sekalian, semoga sukses dan lulus semua, dan mendapat nilai sesuai yang diharapkan...

ujian kompetensi kejuruan merupakan salah satu ujian dari sederetan ujian di tingkat SMK, dimana ujian simpulan di smk ada beberapa tahap ujian, antara lain:

1. ujian kompetensi kejuruan / UKK
2. ujian simpulan sekolah / US / UAS
3. ujian nasional UN

ketiga ujian tersebut harus diselesikan semuanya supaya siswa/siswi sanggup dinyatakan lulus dan mendapat ijazah di tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK)