Situs Edukasi | Educational Norjatar

Peralatan Tata Cahaya Yang Cukup Banyak Di Pakai Di Dunia Film, Konser, Studio Maupun Shooting

Sahabat pembaca dan adik adikku mari kini kita mencar ilmu peralatan tata cahaya, ibarat yang di publikasikan oleh bang miftahudin zaini , ini sangat cocok untuk diketahui terutama rekan pengguna peralatan multimedia baik dari penerima didik yang sedang mencar ilmu peralatan tata cahaya, maupun pendidik yang mengajar tata cahaya, eksklusif saja ini lah beberapa peralatan tata cahaya yang cukup banyak di pakai di dunia film , konser, studio maupun shooting.

1. PAR 64 (Parabolic Aluminized Reflector 64)
Berisi bohlam PAR 64 dengan kapasitas 1000 Watt ,Bohlam PAR sendiri terdiri dari 3 (tiga) macam, yaitu CP 60 (very narrow spot), CP 61 (medium/narrow spot), dan CP 62 (flood)


Penggunaan macam bohlam PAR ini biasanya ditentukan dari posisi peletakan dan keperluan dari aktivitas tersebut alat ini Terbuat dari aluminium Terdiri dari 2 warna, yaitu hitam dan silver Dilengkapi dengan filter frame Biasanya disertakan juga warna dari filter tersebut

2. Flood halogen/CYC
Berisi bohlam halogen dengan kapasitas 1000 Watt Biasanya digunakan untuk menerangi area panggung atau area audience
3. Fresnel
Berisi bohlam fresnel dengan kapasitas 1000 Watt atau 2000 Watt Penggunaan lampu jenis ini sebagai lampu netral dan biasanya digunakan untuk keperluan studio TV, yang membutuhkan kejernihan hasil gambar yang dihasilkan oleh kamera video
4. Effect lights
Salah satu komponen dari peralatan tata cahaya yang akhir-akhir ini sering dipergunakan yaitu lampu imbas yang terbagi dalam 2 (dua) jenis, yaitu scanner dan moving light. Sama ibarat peralatan tata cahaya yang lain, aneka macam merek lampu imbas sanggup kita jumpai di pasaran. Kapasitas bohlam biasanya lebih bervariasi, ibarat mulai dari kapasitas 250 Watt, 575 Watt, 1200 Watt, bahkan yang terbaru ada yang berkapasitas 1500 Watt dan 2000 Watt.
Peralatan ini dikendalikan secara otomatis melalui komputer atau lighting console
5. Scanners
 Gerakan vertikal: ± 230°
Gerakan horisontal: ± 75°
Alat ini mempunyai gerakan yang cepat alasannya yaitu reflektor berupa cermin dan sekaligus mempunyai kelemahan yaitu jangkauan area yang terbatas

6. Moving lights

Gerakan vertikal: ± 540°
Gerakan horisontal: ± 267°
Lampu jenis ini terdiri dari 2 (dua) jenis yaitu moving light wash dan moving light profile/spot. Perbedaan kedua jenis ini terletak pada gobo
Memiliki beberapa kemudahan yang lebih lengkap daripada scanner, misal pada fungsi iris, zoom atau frost.
Gerakan alat ini relatif lebih lambat daripada scanner tetapi mempunyai jangkauan area yang lebih luas
7. Smoke machine
Efek asap yang dipergunakan untuk memperjelas garis-garis sinar yang dipancarkan oleh lampu PAR dan lampu efek
Dapat dikendalikan secara otomatis melalui aktivitas komputer atau lighting console, atau manual

8. Follow spot

Alat ini dipergunakan untuk menyorot penampil yang ada dipanggung yang menjadi sorotan utama, ibarat MC, bintang tamu atau seseorang yang Istimewa dalam aktivitas tersebut
Kapasitas bohlam beragam, mulai dari 575 Watt sampai 5000 Watt. Demikian juga dengan jenis bohlam. Pengendalian peralatan ini dikendalikan secara manual
9. City Light Color/Wash

Salah satu peralatan yang cukup sering dipergunakan yaitu city light color/wash Dipakai untuk menciptakan nuansa warna pada suatu area acara. Sering difungsikan sebagai alternatif pengganti lampu PAR. Kapasitas bohlam 2500 Watt
Dikendalikan secara otomatis melalui komputer atau lighting console
10. Mirror ball

Berupa bulatan bola yang ditempeli dengan ratusan beling Tidak menghasilkan sinar tetapi sanggup merefleksikan sinar Nama keren yang sering diucapkan yaitu “bola disko”

sumber : miftahudin zaini blog

0 comments:

Post a Comment