YAYASAN PENDIDIKAN PANCA KARYA NUSANTARA (YPPKN)
Situs Edukasi
Situs Edukasi, Situs Belajar, Seputar Pendidikan, Data Pendidikan, Info Guru, Tunjangan Guru, UN, Perangkat Mengajar.
Situs Edukasi
Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.
Situs Edukasi
Situs Edukasi, Situs Belajar, Seputar Pendidikan, Data Pendidikan, Info Guru, Tunjangan Guru, UN, Perangkat Mengajar.
Situs Edukasi
Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.
Situs Edukasi
Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.
40 Pola Soal Kk 2 Memahami Alir Proses Produksi Produk Multimedia
Sahabat pembaca yang baik hati, dan supaya dalam keadaan Yang Baik, kali ini penulis ingin sharing goresan pena yang berjudul " 40 Contoh Soal KK 2 Memahami Alir Proses Produksi Produk Multimedia " untuk lebih lanjutnya sebagai berikut :
YAYASAN PENDIDIKAN PANCA KARYA NUSANTARA (YPPKN)
Mata Diklat : Memahami Alir Proses Produksi Multimedia
YAYASAN PENDIDIKAN PANCA KARYA NUSANTARA (YPPKN)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
TUNAS HARAPAN RIMBO BUJANG
Alamat: Jln. 16 Poros Ds. Perintis Rimbo Bujang Kab. Tebo
UJIAN AKHIR SEKOLAH (UAS)
TAHUN AJARAN .........../.........
Mata Diklat : Memahami Alir Proses Produksi Multimedia
Kelas : X Multimedia
Tanggal : ………………………………………………
Pilihlah Jawaban Yang Anda Anggap Paling Benar
1. Dibawah ini yaitu proses pada pre-production, kecuali ....
A. Penuangan inspirasi
B. Perencanaan produk
C. Perencanaan proses produksi
D. Penyusunan dokumentasi
E. Pengujian beta
2. Proses penyiapan semua elemen yang terlibat dalam sebuah produksi (shoting) film/video disebut ....
A. Pre production
B. Per production
C. Production
D. Post production
E. Pre product
3. Realisasi dari sebuah inspirasi ajaran dan gagasan yang bertujuan untuk menuangkannya kedalam media visual dan audio disebut ....
A. Story line
B. Script
C. Naskah dongeng
D. Ide dan pemilihan konsep
E. Sinopsis
4. Berikut yaitu beberapa hal dalam memilih estimasi penjadwalan dilakukan lebih panjang, kecuali ....
A. Adanya keadaan diluar kendali dalam percepatan pekerjaan
B. Pekerjaan memerlukan waktu yang panjang
C. Pengerjaan secara tergesa akan mengakibatkan penurunan kualitas produk
D. Estimasi pekerjaan yang tidak teralokasi
E. Konsumen kebanyakan menawar waktu pengerjaan
5. Ringkasan cerita/film, menjadi bentuk pemendekan dari sebuah film dengan tetap memperhatikan unsur-unsur cerminan film tersebut di sebut ....
A. Script
B. Story line
C. Story board
D. Shot list
E. Log
6. Daftar pengambilan gambar pada setiap adegan, dan divisualisasikan dalam bentuk bagan gambar kalau diharapkan disebut ....
A. Script
B. Story line
C. Story board
D. Shot list
E. Log
7. catatan yang dibentuk untuk menjelaskan penandaan setiap gambar peradegan yang sudah final diambil, dilengkapi dengan keterangan koordinat waktu (time code) pada kaset yang dipakai disebut ....
A. Script
B. Story line
C. Story board
D. Shot list
E. Log
8. Sudut pandang pengambilan gambar yang sanggup dilihat dari viewfinder pada sebuah kamera film/video di sebut ....
A. Anggle
B. Close up
C. Zoom out
D. Teknik shooting
E. Directing
9. Teknik pengaturan posisi gambar, ukuran & kedalaman ruang, perspektif & mood adegan untuk menghasilkan gambaran sesuai dengan tuntutan script/naskah disebut ....
A. Transformasi
B. Keterpaduan
C. Komposisi
D. Visual morphing
E. Translasi visual
10. Dalam teknik visualisasi, istilah teknik yang mengekplorasi format tiga dimensi dinamakan ....
A. Translasi visual
B. Visual morphing
C. Fotografi
D. prototipe
E. model making
11. Yang merupakan tahap produksi dari Hivemanagement yaitu :
A. Penerimaan Kesepakatan Penelitian
B. Kesepakatan Penelitian Penerimaan
C. Penerimaan Penelitian Kesepakatan
D. Penelitian Kesepakatan Penerimaan
E. Kesepakatan Penerimaan Penelitian
12. Semua fungsi produk sudah dibangun diimplementasikan dan diintegrasikan maka produk tersebut sudah mencapai tahap ....
A. Alpha version
B. Beta version
C. Charlie version
D. Delta version
E. Final version
13. Teknik visualisasi dengan mengambil esensi dari suatu image, diringkas, direka ulang menjadi image gres di sebut ....
A. Transformasi
B. Reka ulang
C. Pencitraan
D. Visual morphing
E. Translasi visual
14. Pembagian tahap pada proses post production ada dua yaitu offline dan online. Yang termasuk dalam tahap offline yaitu ....
A. Titling
B. 3D
C. Color grading
D. Capture
E. Compositing
15. Pembagian tahap pada proses post production ada dua yaitu offline dan online. Yang ermasuk dalam tahap online, kecuali....
A. Motion graphic
B. Visual effect
C. Edit
D. Music and sound FX
E. Titling
16. Berikut ini yaitu proses yang terjadi pada post production, kecuali ....
A. Beta testing
B. Evaluation
C. Revise software and content
D. Golden master release
E. Client sign-off and founding
17. Berikut yaitu hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam tahap presentasi penawaran produk, kecuali :
A. Proposal tertulis
B. Kecakapan berbicara
C. Handouts
D. Slide Presentasi
E. Produk Kaprikornus
18. Di bawah ini yaitu hal-hal yang sanggup dilakukan pada ketika kita memakai photosop, kecuali
A. Memberikan efek gambar
B. Memperbaiki iritasi mata merah pada foto
C. Memasukkan atau mengimport bunyi
D. Mengandakan gambar
E. Memperbaiki tingkat kecerahan gambar
19. Untuk menciptakan menyimpan gambar dengan nama lain (save as), sanggup juga dengan memakai shortcut keyboard ..
A. ctrl + s
B. shift + alt + s
C. alt + s
D. shift + s
E. shift + ctrl + s
20. berikut ini yaitu salah satu hasil karya dari photoshop, kecuali ....
A. brosur
B. animasi
C. poster
D. cover buku
E. kartu
21. Urutan alir proses produksi multimedia yang benar yaitu ...
a. Pre Production – Post Production – Production
b. Pre Production – Production – Post Production
c. Production – Pre Production – Post Production
d. Production – Post Production – Pre Production
e. Post Production – Pre Production – Production
22. Membuat Storyboard yaitu salah satu proses dalam produksi multimedia, proses tersebut masuk kedalam ...
a. Production
b. Post Production
c. Pre Production
d. Perencanaan
e. Perancangan
23. Yang termasuk kedalam proses pre production adalah, kecuali ...
a. Pemrosesan Isi
b. Perencanaan Produk
c. Penyusunan Tim
d. Penandatangan Kontrak
e. Pembiayaan
24. Yang termasuk kedalam proses production yaitu ...
a. Editing
b. Mengintegrasikan Isi dan Software
c. Penyusunan Tim
d. Penandatangan Kontrak
e. Pembiayaan
25. Evaluasi dan Revisi yaitu bab dari proses
a. Editing b. Testing c. Pre Production
d. Production e. Post Production
26. Setelah mengatakan jasa, informasi dari klien diharapkan guna :
a. Menimbang biaya produksi
b. Menimbang biaya produksi dan penyusunan tim
c. Menimbang biaya penyusunan tim
d. Menimbang biaya produksi dan jangka waktu pengerjaan
e. Menimbang jangka waktu pengerjaan
27. Dibawah ini yaitu software aplikasi yang sanggup dipakai untuk menyunting audio ...
a. Adobe Audition
b. Adobe Photoshop
c. Adobe Illustrator
d. Winamp
e. Window Media Player
28. Salah satu software pengolah gambar vektor adalah.
a. Adobe Premier
b. Adobe Ilustrator
c. Adobe Photoshop
d. Adobe Dreamwaver
e. Adobe Audition
29. Sebelum pencetakan gambar vector sebaiknya dilihat orientasi pencetakan yang dilakukan dengan ....
a. Melakukan penyettingan pada tool bar
b. Melakukan penyettingan pada page setup
c. Melakukan penyettingan pada table
d. Melakukan penyettingan pada head print
e. Melakukan penyettingan pada vga card
30. Salah satu format file grafik yang sanggup dibuka oleh seluruh sofware pengolah gambar adalah....
a. CDR b. PSD c. AI d. FLA e. JPG
31. .... yaitu format file yang sanggup dibentuk oleh software pengolah gambar vektor ...
a. JPG, DAT, BMP
b. JPG, DAT, TIFF
c. JPG, GIF, WAV
d. JPG, GIF, AVI
e. JPG, GIF, TIFF
32. Dalam Adobe Illustrator, tool yang dipakai untuk menggabungkan warna dengan type radial dan linier yaitu ...
a. Color Tool
b. Pen Tool
c. Swatches Tool
d. Gradient Tool
e. Type Tool
33. Warna standar pada aplikasi pengolah gambar vektor yang akan dipakai untuk printing yaitu ...
a. CNYK b. CNYB c. CMYK d.RGB e. RKG
34. Kumpulan dari titik-titik (pixel) yang membentuk sebuah gambar disebut ...
a. Grayscale
b. Line Art
c. Vektor
d. Bitmap
e. Multitones
35. Gambar-gambar yang merupakan hasil scan yaitu ...
a. Full Color
b. Grayscale
c. Vektor
d. Bitmap
e. Multitones
36. Dibawah ini yaitu tumpuan multimedia production, kecuali ...
a. Text
b. Video
c. Music
d. Internet
e. Animasi
37. Sudut pandang pengambilan gambar yang sanggup dilihat dari viewfinder pada
sebuah kamera film/video yaitu ...
a. Anggel b. Lighting c. Cature
d. View d. Corner
38. Orang yang memimpin pelaksanaan shoting dan bertugas mengatur bagaimana tim dalam pembuatan film seperti: aktor, cameramen, lighting, artistik, editor & special effect artist harus tampil sebagaimana mestinya dalam pembuatan sebuah film sesuai dengan script/naskah yaitu kiprah seorang ...
a. Produser
b. Skenario
c. Sutradara
d. Penulis Naskah
e. Direktur
39. Ringkasan cerita/film, menjadi bentuk pemendekan dari sebuah film dengan tetap memperhatikan unsur-unsur cerminan film tersebut yaitu pengertian dari ...
a. Storyboard
b. Script
c. Naskah
d. Sinopsis
e. Log
40. Berikut yaitu desain yang sanggup kita tawarkan ke konsumen, kecuali :
a. Biaya Produksi
b. Suara
c. Navigasi
d. Warna
e. Konten
Ringkasan Bahan Multimedia Kk 9 Menguasai Cara Menggambar Clean-Up Dan Sisip
Sahabat pembaca yang baik hati, dan agar dalam keadaan Yang Baik, kali ini penulis ingin sharing goresan pena yang berjudul Ringkasan Materi Multimedia KK 9 Menguasai Cara Menggambar Clean-up dan Sisip.untuk lebih lanjutnya sebagai berikut :
anda juga sanggup mencoba mempelajari soalnya pada link berikut ini
final kata selamat belajar, agar bermanfaat, dan kami nantikan kunjungan anda di website Situs Edukasi Norjatar/">Situs Edukasi Norjatar kami lagi di lain waktu..
RINGKASAN MATERI CARA MENGGAMBAR CLEANUP DAN SISIP
Banyaknya siswa yang bertanya ihwal materinya, serta sebagai media mencar ilmu siapa saja dan dimana saja, maka berikut ini saya postingkan sedikit ringkasan materi KK 9 Menguasai cara meng gambar clean-up dan sisip
PENGERTIAN CLEAN UP DAN SISIP
Clean up adalah menggambar dengan cara membersihkan/menghaluskan gambar supaya tampak lebih indah dengan cara menduplikat atau pun menggandakan gambar yang kita clean up, jadi gambar yang kita clean up niscaya akan tamapak lebih bagus.
Sisip yaitu menyisipkan gambar atau teks pada animasi ataupun gambar , akan tetapi untuk mendapat hasil sisipan yang baik , kita juga harus mengatur dramatisasinya . Apakah gambar sudah sesuai dengan background yang ditempati, maka dari itu dari segi warna,ukuran,dan pencahayaan perlu kita atur ulang.
Jadi menggambar dengan cara clean up dan sisip yaitu menggambar dengan membersihkan gambar yang kemudian kita perindah supaya tampak lebih nyata, dan untuk mendapat hasil maksimal kita sisipkan gambar yang bertujuan untuk menserasikannya
A. Mendeskripsikan gambar yang asli
Mengambar
Menggambar (Inggris: drawing) yaitu kegiatan membentuk imajinasi, dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat. Bisa pula berarti membuat gejala tertentu di atas permukaan dengan mengolah gesekan dari alat gambar. Pelakunya terkenal dengan sebutan Penggambar/juru gambar (inggris:draftsman) yang merupakan salah satu bab pekerjaan dari perupa.
Perkembangan perangkat lunak grafis membuat kegiatan menggambar bisa pula dilakukan dengan sentuhan penuh alat-alat komputer. Contohnya yaitu karya gambar oleh Peter Welleman.
Berikut daftar perangkat lunak yang memungkinkan kegiatan menggambar :
1. Microsoft Expression
2. Inkscape
3. Adobe Photoshop
4. Adobe Illustrator
5. Paint Shop Pro
6. Corel Painter
7. Pixia
8. Kolourpaint
9. Microsoft Paint
10. The GIMP
11. openCanvas
B.Cara Menggambar Clean Up & Sisip
"Clean-Up" merujuk kepada proses penyempurnaan karya seni garang animasi 2D.
Tujuan bersih-bersih yaitu untuk membuat animasi dengan halus, garis konsisten seni dan garis berat sebelum ditransfer ke cels untuk melukis. Kadang-kadang animator menandai catatan pada seni bersih-bersih dengan pensil atau tinta, dalam warna-warna yang tidak akan ditransfer ke sel-sel, pada baris dibersihkan bekerja - biasanya untuk inkers dan pelukis yang akan berurusan dengan aneka macam warna garis dan isi di cels.
Clean up dan sisip
Menggambar clean up adalah membersihkan gambar dengan cara menggandakan pada animasi.Gambar sisip adalah menyisipkan gambar atau teks pada animasi.
Menu Disk Cleanup yang kita jumpai pada Windows sanggup membantu kita dalam membersihkan hard disk kita dari file-file yang sebetulnya tidak kita perlukan, kita juga bisa menghapus permanen file-file yang tidak kita perlukan, seperti:
a. File yang masih tersimpan di Recycle Bin
b. File-file sementara (temporary)
c. Chaced halaman web yang tidak kita perlukan
d. File-file download yang tersimpan sementara di dalam hard disk.
Ketika kita menjalankan Disk Cleanup sebagai bab rutin dari "Maintenance Wizard", kita bisa mengatur tipe-tipe file yang akan kita hapus.Bila kita menjalankan Disk Cleanup sebagai acara tersendiri, Disk Cleanup bisa membuat kita menghitung ruang hard disk yang akan kita dapatkan dengan menghapus file-file yang tidak kita perlukan, juga bisa menampilkan deskripsi dan isi file-file tersebut. Kita juga bisa menghapus file komponen windows yang tidak kita perlukan ibarat file tema desktop misalnya.Disk Cleanup juga bisa digunakan untuk meng-uninstall acara yang ingin kita hapus.
Membuat gambar clean up dan sisip
DESKRIPSI UNIT: Unit ini mendeskripsikan ketrampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memperhalus gambar kunci dan untuk membuat gambar tiga dimensi untuk meyakinkan bahwa laporan kreatif itu sepenuhnya terpenuhi dalam produksi pada industri budaya.
Menemukan syarat-syarat gambar yang asli,
a. Semua syarat gambar orisinil yang terdapat pada lembaran-lembaran model, gambar kunci dan arahan sutradara atau camera sheet.
b. Semua lembaran model dikumpulkan yang sesuai untuk referensi.
c. Semua gambar kunci yang memperlihatkan dilema atau kesalahan berdasarkan orang yang cocok, diperiksa.
d. Semua penggalan animasi yang berlawanan dengan camera sheet, yang menunjukkan masalah atau kesalahan pada personil yang relevan, diperiksa
Membuat gambar-gambar asli
a. Gambar-gambar orisinil itu dipastikan dibentuk dalam batasan produksi.
b. Gambar orisinil diubahsuaikan dengan kunci animasi.
c. Desain yang disetujui / lembaran-lembaran model dipastikan tercermin persis dalam gambar-gambar orisinil yang dianggap sebagai standar yang disepakati.
d. Semua pecahan animasi dicopy ke dalam gambar orisinil dan diberi nomor dengan cermat.
e. Gambar orisinil diidentifikasi dan disimpan dengan aman.
f. Gambar kunci orisinil dibagikan kepada personil yang relevan bilamana diperlukan.
g. Pembetulan pada gambar orisinil dilakukan seperlunya sesudah berkonsultasi dengan personil yang sesuai.
Mengidentifikasi syarat-syarat gambar tiga dimensi.
a. Pemeriksaan gambar kunci asli, yang memperlihatkan dilema atau kesalahan dengan orang yang relevan, dilakukan.
b. Semua pecahan animasi pada camera sheet, yang memperlihatkan dilema atau kesalahan dengan personil yang sesuai, diidentifikasi.
Membuat gambar tiga dimensi.
a. Gambar-gambar tiga dimensi dipastikan bahwa diproduksi dalam batasan produksi.
b. Gambar tiga dimensi itu dipastikan bahwa persis menunjukkan:
-Informasi yang terkandung dalam pecahan-pecahan animasi.
-Kesepakatan dengan design / lembaran- lembaran model.
-Persetujuan standarisasi.
c. Gambar orisinil kunci pada gambar-gambar tiga dimensi dipahami dengan cermat dan akurat.
d. Diikuti pecahan soundtrack yang tersedia.
e. Gambar-gambar tiga dimensi pada personil yang relevan disediakan bilamana diperlukan
f. Gambar tiga dimensi itu dikoreksi seperlunya sesudah berkonsultasi dengan personil yang relevan
BATASAN VARIABEL
a. Storyboard sanggup mencerminkan serangkaian gaya animasi yang meliputi :
- Gambar
- Puppetry
- Digital imaging
- Teknik dan gaya grafik yang luas
b. Perintah software meliputi :
- Gambar
- Puppetry
- Digital imaging
c. Jenis-jenis produksi sanggup meliputi:
- Ciri-ciri film
- Film pendek
- Iklan
- Video musik
- Produksi televisi
d. Personil yang relevan meliputi:
- Desainer produksi
- Supervisor
- Kepala bagian
- Pengarah fotografi
- Sutradara
- Produser
- Pengarah teknis
- Staf teknik lain
- Staf seorang jago lain
- Desainer
- Manajer studio
- Personil produksi animasi
- Artist visual
e. Elemen-elemen yang dianimasikan meliputi :
- Karakter
- Latar
- Property misal furniture
f. Detail untuk gambar kunci sanggup ditemukan pada :
- Storyboard
- Layout gambar
- Layout gambar
- Kamera sheet
- Penggalan soundtrack
g. Image yang dianimasikan sanggup berupa:
- Pencitraan yang digambar tangan
- Bentuk-bentuk dan ‘action’ yang dibuat melalui komputer
h. Penggalan mungkin sanggup menunjukkan:
- Jumlah dimensi yang diperlukan
- Jejak ‘action’ dan penyertaan
i. Gambar-gambar kunci orisinil dan tiga dimensi dapat: :
- Diproduksi dalam aneka macam macam gaya grafis
- Melibatkan banyak gaya dan teknik grafis
PANDUAN PENILAIAN
1. Pengetahuan dan keterampilan penunjang Penilaian harus meliputi bukti pengetahuan utama dan ketrampilan pada bidang-bidang berikut :
a. Visualisasi dan pemahamankonsep kreatif.
b. Memahami skrip, spesifikasi dan instruksi.
c. Prinsip dan teknik produksi animasi.
d. Gambar pada skala.
e. Prinsip dan teknik animasi
f. Komposisi dan pembuatan film
g. Memahami elemen artistik produksi
h. Mengenal metode dan teknik animasi dikala ini
i. Menjaga integritas design
j. Gambar hidup dan terjemahan ke huruf yang dianimasikan
k. Teori warna, garis, dimensi, kedalaman dan penerapannya pada layar kaca
l. Karakter gambar
m. Gambar kartun
n. Prosedur kerja atau adonan keduanya.
2. Konteks penilaian
a. Penilaian mungkin sanggup terjadi pada daerah kerja, diluar tempat.
b. Penilaian diluar daerah kerja harus dilakukan dengan lingkungan kerja yang disimulasikan mendekat daerah kerja.
c. Penilaian sanggup menggunakan beberapa metode untuk menilai kemampuan dan pengetahuan utama yang mendukung penerapan, dan sanggup mencakup:
Contoh kerja atau acara kerja yang disimulasikan.
Pertanyaan mulut / wawancara yang ditujukan untuk mengevaluasi proses yang digunakan dalam menyebarkan dan mewujudkan konsep kreatif.
Laporan / buku catatan kemajuan.
Laporan pihak ketiga dan prestasi otentik sebelumnya.
Bukti portfolio yang menggambarkan proses yang digunakan dalam menyebarkan dan mewujudkan konsep kreatif.
3. Aspek penting penilaian
Bukti berikut ini penting untuk menilai kompetensi dalam unit ini:
Pengembangan gambar-gambar orisinil dan tiga dimensi yang memenuhi persyaratan mudah termasuk dalam jenis produksi dan batasan sumber, khususnya batasan anggaran.
a. Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi.
b. Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi.
c. Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas.
d. Bekerja dengan orang lain dan kelompok
e. Menggunakan ide-ide dan teknik matematika
f. Memecahkan masalah.
g. Menggunakan teknologi
Tracing, berawal dari kata trace, yang bermaksud menelusuri atau penelusuran. Dalam grafis, tracing bermakna menggambar ulang dengan menggunakan acuan/patrun. Bila disederhanakan berarti menggandakan gambar, adapula yang mendefinisikan tracing sebagai proses perubahan format gambar dari bitmap menjadi vector biasa. Tracing ini bisa dilakukan dengan beberapa aplikasi.
Misalnya, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Corel Draw, Zara X ataupun software khusus tracing ibarat Corel Trace dan bahkan Adobe Illustrator keluaran CS versi 1 ke atas sudah menanamkan tool live trace di programnya yang bisa mengkonvert gambar menjadi vector dalam hitungan detik.
Dalam terminologi komputer grafis, vector yaitu sekumpulan objek dalam garis atau bentuk tertentu yang sanggup didefinisikan secara matematis, diisi warna, dan mempunyai resolusi bebas. Karena itu, vector bisa diperbesar dalam ukuran berapa pun tanpa kehilangan resolusinya.
Berbicara tracing, bukan pada tempatnya bila kita membahas tracing dalam konotasi sempit sebagai plagiat atau menggandakan mentah-mentah.Tak patut juga kita membahas apakah tracing termasuk dalam seni murni atau seni terpakai.
Tracing yaitu teknik penggambaran cepat, baik secara manual atau digital. Tracing yaitu tanggapan untuk tuntutan proses produksi yang berpacu dengan waktu. Tanpa tracing, barangkali tak akan ada printing tekstil, screen printing, atau air brush style sekalipun.
Proses pecah warna pada printing tekstil butuh tracing, menggambar motif pada kain batik butuh kemampuan tracing, hingga untuk masking airbrush sekalipun dibutuhkan kemampuan tracing.
Dari keterangan singkat ini bisa kita simpulkan, pengertian tracing tidaklah sesempit arti menggandakan ibarat yang kita bayangkan.
Teknik Tracing dan Penerapannya
Manual Tracing.
Saat masih duduk di dingklik sekolah dasar, saya sering mendapat pelajaran peta buta. Guru memberi saya kiprah untuk menggandakan gambar peta dari atlas.
Untuk memudahkan menggambar peta, guru saya menyarankan untuk mengeblat/ menggandakan ulang dengan cara meletakkan kertas roti di atas gambar peta.
Dari beberapa artikel yang saya baca dan gambaran di atas, dulu tracing memang dilakukan dengan meletakkan gambar orisinil dibawah kertas kalkir, lembaran acetate, mika susu/kodaktris, boleh kertas doorslag, atau kertas roti. Lalu kita menggambar menggunakan tinta cina, rapido, atau tinta afdek yang pekat. Proses manual ini banyak kita lakukan pada proses pecah warna untuk film sablon juga untuk printing tekstil.
Digital Tracing.
Tracing digital dikala ini banyak kita kerjakan dengan pertolongan computer.Gambar orisinil di-scan, kemudian dijiplak lewat pertolongan piranti lunak semacam Adobe Illustrator, Adobe Freehand, Adobe Photoshop, Coreldraw atau Corel Painter.
Studio animasi tradisional dikala itu juga menggunakan cara ini untuk memindahkan gambar kunci dan inbetween animator ke lembar shell acetate. Pekerjaan ini ditangani oleh jago khusus yang disebut clean up animator.
Kadangkala, tracing dilakukan dengan pertolongan proyektor. Banyak dijumpai pada teknik menggambar masking untuk airbrush, dari yang ukuran kecil hingga ukuran billboard.
Bisa dengan pertolongan mouse saja, atau jikalau punya uang bisa menggunakan graphic tablet, yakni pena stylus dengan digitizer pad, semacam Genius atau Wacom.
Produk yang dihasilkan yaitu illustrasi vector, untuk menutupi kebutuhan illustrasi yang akan digunakan pada desain-desain poster, iklan-iklan koran bahkan web dan film-film kartun.
Bila kita melaksanakan tracing digital dengan menggunakan aplikasi berbasis vector semacam Freehand,
anda juga sanggup mencoba mempelajari soalnya pada link berikut ini
final kata selamat belajar, agar bermanfaat, dan kami nantikan kunjungan anda di website Situs Edukasi Norjatar/">Situs Edukasi Norjatar kami lagi di lain waktu..
Laporan Pengadaan Inventaris Dan Barang Habis Pakai Tahun 2018
Laporan Pengadaan Inventaris dan Barang Habis Pakai Tahun 2018 - Halo teman Situs Edukasi, pada postingan ini saya akan berbagi Laporan Pengadaan Inventaris dan Barang Habis Pakai Tahun 2018 yang sanggup anda unduh secara gratis.
Laporan Pengadaan Inventaris dan Barang Habis Pakai merupakan laporan untuk penyediaan barang kantor/ kebutuhan sekolah menunjang pelaksanaan kegiatan. Pengadaan Inventaris dan Barang Habis Pakai sekolah/ madrasah tidaklah sama, semua itu tergantung dari kebutuhan dan acara yang dilakukan.
Rencana kebutuhan Inventaris dan Barang Habis Pakai sebaiknya dibentuk untuk jangka waktu satu tahun anggaran, bersamaan itu pula disusun rencana biaya uang dipakai untuk biaya-biaya pengadaan,penytimpanan, penyaluran, penginventarisasian dan pemelirahaan, sehingga tidak ada acara yang tertinggal dalam perhitungan biaya yang diperlukan.
Didalam Laporan Pengadaan Inventaris dan Barang Habis Pakai terdapat keterangan sumber dana, jenis barang beli, banyaknya barang, harga satuan barang, jumlah harga, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, anda sanggup melihat penampakan Laporan Pengadaan Inventaris dan Barang Habis Pakai Terbaru di bawah ini.
Contoh Laporan Pengadaan Inventaris dan Barang Habis Pakai Terbaru ini di buat dengan mengugunakan Ms Excel, silahkan bapak/ibu guru atau Staf TU edit di sesuaikan dengan kebutuhan sekolah atau instansi masing-masing.
Selengkapnya, bagi anda yang belum memiliki Laporan Pengadaan Inventaris dan Barang Habis Pakai Tahun 2018 sanggup mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.
Laporan Pengadaan Inventaris & Barang Habis Pakai.xlsx, Unduh
Demikian Contoh Laporan Pengadaan Inventaris dan Barang Habis Pakai Tahun 2018 yang sanggup saya bagikan, smeoga bermanfaat. Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Laporan Pengadaan Inventaris dan Barang Habis Pakai merupakan laporan untuk penyediaan barang kantor/ kebutuhan sekolah menunjang pelaksanaan kegiatan. Pengadaan Inventaris dan Barang Habis Pakai sekolah/ madrasah tidaklah sama, semua itu tergantung dari kebutuhan dan acara yang dilakukan.
Rencana kebutuhan Inventaris dan Barang Habis Pakai sebaiknya dibentuk untuk jangka waktu satu tahun anggaran, bersamaan itu pula disusun rencana biaya uang dipakai untuk biaya-biaya pengadaan,penytimpanan, penyaluran, penginventarisasian dan pemelirahaan, sehingga tidak ada acara yang tertinggal dalam perhitungan biaya yang diperlukan.
Didalam Laporan Pengadaan Inventaris dan Barang Habis Pakai terdapat keterangan sumber dana, jenis barang beli, banyaknya barang, harga satuan barang, jumlah harga, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, anda sanggup melihat penampakan Laporan Pengadaan Inventaris dan Barang Habis Pakai Terbaru di bawah ini.
Contoh Laporan Pengadaan Inventaris dan Barang Habis Pakai Terbaru ini di buat dengan mengugunakan Ms Excel, silahkan bapak/ibu guru atau Staf TU edit di sesuaikan dengan kebutuhan sekolah atau instansi masing-masing.
Selengkapnya, bagi anda yang belum memiliki Laporan Pengadaan Inventaris dan Barang Habis Pakai Tahun 2018 sanggup mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.
Laporan Pengadaan Inventaris & Barang Habis Pakai.xlsx, Unduh
Demikian Contoh Laporan Pengadaan Inventaris dan Barang Habis Pakai Tahun 2018 yang sanggup saya bagikan, smeoga bermanfaat. Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Surat Keterangan Hasil Tes Ppdb Terbaru 2018
Surat Keterangan Hasil Tes PPDB Terbaru 2018 - Halo sahabat Situs Edukasi, pada postingan ini saya akan berbagi Surat Keterangan Hasil Tes PPDB Terbaru 2018 yang sanggup anda unduh secara gartis.
Pendaftaran Siswa gres tahun pelajaran 2018/2019 sebentar lagi akan di selenggarakan, biar pelaksanaan acara PPDB berjalan dengan baik dan lancar diharapkan Juknis PPDB. Selain itu diharapkan juga formulir peserta didik dapodik untuk pengisian data siswa di aplikasi dapodik nantinya.
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan acara rutin awal tahun fatwa gres di sekolah/ madrasah. Saat penerimaan siswa gres dilakukan test akademik dengan mengerjakan soal test PPDB. Hasil test akan memilih peserta didik tersebut lolos dan tidaknya menjadi peserta didik tersebut.
Untuk mengetahui hasil test PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) panitai penyelenggara perlu mempersiapakan Surat Keterangan Hasil Tes PPDB. Oleh alasannya yaitu itu, melalui postingan ini saya akan membagikan surat tersebut untuk memudahkan bapak/ ibu guru panitia PPDB.
Surat Keterangan Hasil Tes Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2018/2019 yang coba saya bagikan ini di buat dengan memakai aplikasi pengolah kata Ms Word sehingga sanggup anda edit sesuai kebutuhan.
Rekomendasi kami: Formulir Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru
Untuk lebih jelasnya, bapak/ ibu panitia ppdb silahkan melihat penampakan gambar Surat Keterangan Hasil Tes PPDB Terbaru di bawah ini.
Peserta didik/ siswa gres yang di terima akan mengikuti acara MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), untuk acara ini perlu dipesiapkan juga tata tertip acara MPLS siswa baru.
Rekomendasi kami:
Surat Tugas Kegiatan MPLS Terbaru
Juknis ppdb Madrasah Tahun Pelajaran 2018/2019
Selengakapnya, bagi bapak/ibu guru panitia PPDB yang belum memiliki Surat Keterangan Hasil Tes PPDB Terbaru Tahun Pelajaran 2018/2019 sanggup mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.
Surat Keterangan Hasil Tes PPDB.doc, Unduh
Demikian Contoh Surat Keterangan Hasil Tes PPDB Terbaru Tahun 2018/2019 yang sanggup saya bagikan, semoga bermanfaat. Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Pendaftaran Siswa gres tahun pelajaran 2018/2019 sebentar lagi akan di selenggarakan, biar pelaksanaan acara PPDB berjalan dengan baik dan lancar diharapkan Juknis PPDB. Selain itu diharapkan juga formulir peserta didik dapodik untuk pengisian data siswa di aplikasi dapodik nantinya.
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan acara rutin awal tahun fatwa gres di sekolah/ madrasah. Saat penerimaan siswa gres dilakukan test akademik dengan mengerjakan soal test PPDB. Hasil test akan memilih peserta didik tersebut lolos dan tidaknya menjadi peserta didik tersebut.
Untuk mengetahui hasil test PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) panitai penyelenggara perlu mempersiapakan Surat Keterangan Hasil Tes PPDB. Oleh alasannya yaitu itu, melalui postingan ini saya akan membagikan surat tersebut untuk memudahkan bapak/ ibu guru panitia PPDB.
Surat Keterangan Hasil Tes Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2018/2019 yang coba saya bagikan ini di buat dengan memakai aplikasi pengolah kata Ms Word sehingga sanggup anda edit sesuai kebutuhan.
Rekomendasi kami: Formulir Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru
Untuk lebih jelasnya, bapak/ ibu panitia ppdb silahkan melihat penampakan gambar Surat Keterangan Hasil Tes PPDB Terbaru di bawah ini.
Peserta didik/ siswa gres yang di terima akan mengikuti acara MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), untuk acara ini perlu dipesiapkan juga tata tertip acara MPLS siswa baru.
Rekomendasi kami:
Surat Tugas Kegiatan MPLS Terbaru
Juknis ppdb Madrasah Tahun Pelajaran 2018/2019
Selengakapnya, bagi bapak/ibu guru panitia PPDB yang belum memiliki Surat Keterangan Hasil Tes PPDB Terbaru Tahun Pelajaran 2018/2019 sanggup mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.
Surat Keterangan Hasil Tes PPDB.doc, Unduh
Demikian Contoh Surat Keterangan Hasil Tes PPDB Terbaru Tahun 2018/2019 yang sanggup saya bagikan, semoga bermanfaat. Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Surat Keterangan Hasil Tes Ppdb Terbaru 2018
Surat Keterangan Hasil Tes PPDB Terbaru 2018 - Halo sahabat Situs Edukasi, pada postingan ini saya akan berbagi Surat Keterangan Hasil Tes PPDB Terbaru 2018 yang sanggup anda unduh secara gartis.
Pendaftaran Siswa gres tahun pelajaran 2018/2019 sebentar lagi akan di selenggarakan, biar pelaksanaan acara PPDB berjalan dengan baik dan lancar diharapkan Juknis PPDB. Selain itu diharapkan juga formulir peserta didik dapodik untuk pengisian data siswa di aplikasi dapodik nantinya.
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan acara rutin awal tahun fatwa gres di sekolah/ madrasah. Saat penerimaan siswa gres dilakukan test akademik dengan mengerjakan soal test PPDB. Hasil test akan memilih peserta didik tersebut lolos dan tidaknya menjadi peserta didik tersebut.
Untuk mengetahui hasil test PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) panitai penyelenggara perlu mempersiapakan Surat Keterangan Hasil Tes PPDB. Oleh alasannya yaitu itu, melalui postingan ini saya akan membagikan surat tersebut untuk memudahkan bapak/ ibu guru panitia PPDB.
Surat Keterangan Hasil Tes Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2018/2019 yang coba saya bagikan ini di buat dengan memakai aplikasi pengolah kata Ms Word sehingga sanggup anda edit sesuai kebutuhan.
Rekomendasi kami: Formulir Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru
Untuk lebih jelasnya, bapak/ ibu panitia ppdb silahkan melihat penampakan gambar Surat Keterangan Hasil Tes PPDB Terbaru di bawah ini.
Peserta didik/ siswa gres yang di terima akan mengikuti acara MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), untuk acara ini perlu dipesiapkan juga tata tertip acara MPLS siswa baru.
Rekomendasi kami:
Surat Tugas Kegiatan MPLS Terbaru
Juknis ppdb Madrasah Tahun Pelajaran 2018/2019
Selengakapnya, bagi bapak/ibu guru panitia PPDB yang belum memiliki Surat Keterangan Hasil Tes PPDB Terbaru Tahun Pelajaran 2018/2019 sanggup mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.
Surat Keterangan Hasil Tes PPDB.doc, Unduh
Demikian Contoh Surat Keterangan Hasil Tes PPDB Terbaru Tahun 2018/2019 yang sanggup saya bagikan, semoga bermanfaat. Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Pendaftaran Siswa gres tahun pelajaran 2018/2019 sebentar lagi akan di selenggarakan, biar pelaksanaan acara PPDB berjalan dengan baik dan lancar diharapkan Juknis PPDB. Selain itu diharapkan juga formulir peserta didik dapodik untuk pengisian data siswa di aplikasi dapodik nantinya.
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan acara rutin awal tahun fatwa gres di sekolah/ madrasah. Saat penerimaan siswa gres dilakukan test akademik dengan mengerjakan soal test PPDB. Hasil test akan memilih peserta didik tersebut lolos dan tidaknya menjadi peserta didik tersebut.
Untuk mengetahui hasil test PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) panitai penyelenggara perlu mempersiapakan Surat Keterangan Hasil Tes PPDB. Oleh alasannya yaitu itu, melalui postingan ini saya akan membagikan surat tersebut untuk memudahkan bapak/ ibu guru panitia PPDB.
Surat Keterangan Hasil Tes Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2018/2019 yang coba saya bagikan ini di buat dengan memakai aplikasi pengolah kata Ms Word sehingga sanggup anda edit sesuai kebutuhan.
Rekomendasi kami: Formulir Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru
Untuk lebih jelasnya, bapak/ ibu panitia ppdb silahkan melihat penampakan gambar Surat Keterangan Hasil Tes PPDB Terbaru di bawah ini.
Peserta didik/ siswa gres yang di terima akan mengikuti acara MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), untuk acara ini perlu dipesiapkan juga tata tertip acara MPLS siswa baru.
Rekomendasi kami:
Surat Tugas Kegiatan MPLS Terbaru
Juknis ppdb Madrasah Tahun Pelajaran 2018/2019
Selengakapnya, bagi bapak/ibu guru panitia PPDB yang belum memiliki Surat Keterangan Hasil Tes PPDB Terbaru Tahun Pelajaran 2018/2019 sanggup mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.
Surat Keterangan Hasil Tes PPDB.doc, Unduh
Demikian Contoh Surat Keterangan Hasil Tes PPDB Terbaru Tahun 2018/2019 yang sanggup saya bagikan, semoga bermanfaat. Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Juklak Proteksi Pemerintah Peningkatan Karier Guru Tahun 2018
Juklak Bantuan Pemerintah Peningkatan Karier Guru Tahun 2018 - Halo sahabat Situs Edukasi, pada postingan ini saya akan menyebarkan Petunjuk Pelaksana (Juklak) Bantuan Pemerintah untuk Peningkatan Kompetensi dalam rangka Pengambangan Karier bagi Guru Pendidikan Dasar melalui Pelatihan Kurikulum 2013 Tahun 2018 yang sanggup anda unduh secara gratis.
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyusun Petunjuk Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar melalui Pelatihan Kurikulum 2013. Bantuan Pemerintah tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar untuk peningkatan kompetensi guru dalam rangka pengembangan karier guru.
Petunjuk pelaksanaan (Juklak) Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan K13 menawarkan teladan bagi Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Sekolah Inti dalam penyiapan, pelaksanaan, maupun penilaian pelaksanaan training Kurikulum 2013 serta pertanggungjawaban penggunaan Bantuan Pemerintah.
Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 ialah dana dukungan Pemerintah Pusat yang diberikan kepada Sekolah Inti untuk melakukan training Kurikulum 2013 bagi Guru SD dan SMP yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan disahkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) pada Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar.
Tujuan Bantuan Pemerintah
Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 bertujuan untuk menyelenggarakan Pelatihan kurikulum 2013 bagi guru sasaran yang dilaksanakan di sekolah inti guna meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013.
Secara khusus, training kurikulum 2013 bagi guru bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam:
Penerima Bantuan Pemerintah
Penerima Bantuan Pemerintah untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier bagi Guru Pendidikan Dasar melalui Pelatihan Kurikulum 2013 Tahun Anggaran 2018 ialah Sekolah Inti yang direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melalui SIM PKB dan telah ditetapkan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) serta disahkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) pada Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar. Sasaran akseptor Bantuan Pemerintah untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier bagi Guru Pendidikan Dasar melalui Pelatihan Kurikulum 2013 Tahun Anggaran 2018 ialah 2342 SD Inti dan 95 SMP Inti di 33 provinsi.
Persyaratan Penerima Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 ialah sebagai berikut:
Bentuk dan Sifat Bantuan Pemerintah
Bantuan pemerintah yang diberikan kepada akseptor ialah dukungan untuk melakukan acara training Kurikulum 2013 sebagai bab dari peningkatan kompetesi dalam rangka pengembangan karier. Adapun dukungan pemerintah ini dalam bentuk uang/dana yang dilakukan melalui prosedur transfer. Sifat dukungan pemerintah ialah sebagai berikut:
Selengkapnya, bagi bapak/ ibu guru yang belum mempunyai Petunjuk Pelaksana Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 tahun 2018 sanggup mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.
JUKLAK BANPEM DIKDAS 2018.pdf, Unduh
Demikian Petunjuk Pelaksana (junlak) Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 yang sanggup saya bagikan, supaya bermanfaat. Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyusun Petunjuk Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar melalui Pelatihan Kurikulum 2013. Bantuan Pemerintah tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar untuk peningkatan kompetensi guru dalam rangka pengembangan karier guru.
Petunjuk pelaksanaan (Juklak) Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan K13 menawarkan teladan bagi Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Sekolah Inti dalam penyiapan, pelaksanaan, maupun penilaian pelaksanaan training Kurikulum 2013 serta pertanggungjawaban penggunaan Bantuan Pemerintah.
Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 ialah dana dukungan Pemerintah Pusat yang diberikan kepada Sekolah Inti untuk melakukan training Kurikulum 2013 bagi Guru SD dan SMP yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan disahkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) pada Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar.
Tujuan Bantuan Pemerintah
Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 bertujuan untuk menyelenggarakan Pelatihan kurikulum 2013 bagi guru sasaran yang dilaksanakan di sekolah inti guna meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013.
Secara khusus, training kurikulum 2013 bagi guru bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam:
- menganalisis kompetensi, materi, pembelajaran dan penilaian meliputi:
a. dokumen: SKL, KI-KD dan pedoman mata pelajaran,
b. bahan dalam buku pelajaran,
c. penerapan model pembelajaran,
d. penilaian hasil belajar, - merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP);
- mempraktikkan pembelajaran dan penilaian serta mereviu hasil praktik; dan
- mempraktikkan pengolahan dan pelaporan penilaian hasil belajar.
Penerima Bantuan Pemerintah
Penerima Bantuan Pemerintah untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier bagi Guru Pendidikan Dasar melalui Pelatihan Kurikulum 2013 Tahun Anggaran 2018 ialah Sekolah Inti yang direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melalui SIM PKB dan telah ditetapkan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) serta disahkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) pada Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar. Sasaran akseptor Bantuan Pemerintah untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier bagi Guru Pendidikan Dasar melalui Pelatihan Kurikulum 2013 Tahun Anggaran 2018 ialah 2342 SD Inti dan 95 SMP Inti di 33 provinsi.
Persyaratan Penerima Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 ialah sebagai berikut:
- Memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN);
- Memiliki surat izin penyelenggaraan pendidikan dan sertifikat notaris pendirian yayasan bagi satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat;
- Ditetapkan sebagai Sekolah Inti akseptor dukungan pemerintah oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan disahkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar menurut proposal dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota (dapat diunduh di SIM PKB);
- Mempunyai rekening yang masih aktif di bank Pemerintah atau bank kawan Pemerintah atas nama Sekolah Inti;
- Mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama Sekolah Inti.
Bentuk dan Sifat Bantuan Pemerintah
Bantuan pemerintah yang diberikan kepada akseptor ialah dukungan untuk melakukan acara training Kurikulum 2013 sebagai bab dari peningkatan kompetesi dalam rangka pengembangan karier. Adapun dukungan pemerintah ini dalam bentuk uang/dana yang dilakukan melalui prosedur transfer. Sifat dukungan pemerintah ialah sebagai berikut:
- terbatas dan sementara, artinya pemberian dukungan pemerintah ini diberikan menurut kebutuhan, dan tidak berlangsung terus menerus.
- stimulus, artinya akseptor dukungan harus menawarkan dukungan untuk keberlangsungan acara training Kurikulum 2013 sebagai bab dari peningkatan kompetesi guru Pendidikan dasar dalam rangka pengembangan karier.
Selengkapnya, bagi bapak/ ibu guru yang belum mempunyai Petunjuk Pelaksana Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 tahun 2018 sanggup mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.
JUKLAK BANPEM DIKDAS 2018.pdf, Unduh
Demikian Petunjuk Pelaksana (junlak) Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 yang sanggup saya bagikan, supaya bermanfaat. Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Juklak Proteksi Pemerintah Peningkatan Karier Guru Tahun 2018
Juklak Bantuan Pemerintah Peningkatan Karier Guru Tahun 2018 - Halo sahabat Situs Edukasi, pada postingan ini saya akan menyebarkan Petunjuk Pelaksana (Juklak) Bantuan Pemerintah untuk Peningkatan Kompetensi dalam rangka Pengambangan Karier bagi Guru Pendidikan Dasar melalui Pelatihan Kurikulum 2013 Tahun 2018 yang sanggup anda unduh secara gratis.
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyusun Petunjuk Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar melalui Pelatihan Kurikulum 2013. Bantuan Pemerintah tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar untuk peningkatan kompetensi guru dalam rangka pengembangan karier guru.
Petunjuk pelaksanaan (Juklak) Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan K13 menawarkan teladan bagi Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Sekolah Inti dalam penyiapan, pelaksanaan, maupun penilaian pelaksanaan training Kurikulum 2013 serta pertanggungjawaban penggunaan Bantuan Pemerintah.
Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 ialah dana dukungan Pemerintah Pusat yang diberikan kepada Sekolah Inti untuk melakukan training Kurikulum 2013 bagi Guru SD dan SMP yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan disahkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) pada Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar.
Tujuan Bantuan Pemerintah
Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 bertujuan untuk menyelenggarakan Pelatihan kurikulum 2013 bagi guru sasaran yang dilaksanakan di sekolah inti guna meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013.
Secara khusus, training kurikulum 2013 bagi guru bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam:
Penerima Bantuan Pemerintah
Penerima Bantuan Pemerintah untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier bagi Guru Pendidikan Dasar melalui Pelatihan Kurikulum 2013 Tahun Anggaran 2018 ialah Sekolah Inti yang direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melalui SIM PKB dan telah ditetapkan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) serta disahkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) pada Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar. Sasaran akseptor Bantuan Pemerintah untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier bagi Guru Pendidikan Dasar melalui Pelatihan Kurikulum 2013 Tahun Anggaran 2018 ialah 2342 SD Inti dan 95 SMP Inti di 33 provinsi.
Persyaratan Penerima Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 ialah sebagai berikut:
Bentuk dan Sifat Bantuan Pemerintah
Bantuan pemerintah yang diberikan kepada akseptor ialah dukungan untuk melakukan acara training Kurikulum 2013 sebagai bab dari peningkatan kompetesi dalam rangka pengembangan karier. Adapun dukungan pemerintah ini dalam bentuk uang/dana yang dilakukan melalui prosedur transfer. Sifat dukungan pemerintah ialah sebagai berikut:
Selengkapnya, bagi bapak/ ibu guru yang belum mempunyai Petunjuk Pelaksana Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 tahun 2018 sanggup mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.
JUKLAK BANPEM DIKDAS 2018.pdf, Unduh
Demikian Petunjuk Pelaksana (junlak) Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 yang sanggup saya bagikan, supaya bermanfaat. Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyusun Petunjuk Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar melalui Pelatihan Kurikulum 2013. Bantuan Pemerintah tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar untuk peningkatan kompetensi guru dalam rangka pengembangan karier guru.
Petunjuk pelaksanaan (Juklak) Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan K13 menawarkan teladan bagi Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Sekolah Inti dalam penyiapan, pelaksanaan, maupun penilaian pelaksanaan training Kurikulum 2013 serta pertanggungjawaban penggunaan Bantuan Pemerintah.
Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 ialah dana dukungan Pemerintah Pusat yang diberikan kepada Sekolah Inti untuk melakukan training Kurikulum 2013 bagi Guru SD dan SMP yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan disahkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) pada Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar.
Tujuan Bantuan Pemerintah
Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 bertujuan untuk menyelenggarakan Pelatihan kurikulum 2013 bagi guru sasaran yang dilaksanakan di sekolah inti guna meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013.
Secara khusus, training kurikulum 2013 bagi guru bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam:
- menganalisis kompetensi, materi, pembelajaran dan penilaian meliputi:
a. dokumen: SKL, KI-KD dan pedoman mata pelajaran,
b. bahan dalam buku pelajaran,
c. penerapan model pembelajaran,
d. penilaian hasil belajar, - merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP);
- mempraktikkan pembelajaran dan penilaian serta mereviu hasil praktik; dan
- mempraktikkan pengolahan dan pelaporan penilaian hasil belajar.
Penerima Bantuan Pemerintah
Penerima Bantuan Pemerintah untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier bagi Guru Pendidikan Dasar melalui Pelatihan Kurikulum 2013 Tahun Anggaran 2018 ialah Sekolah Inti yang direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melalui SIM PKB dan telah ditetapkan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) serta disahkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) pada Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar. Sasaran akseptor Bantuan Pemerintah untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier bagi Guru Pendidikan Dasar melalui Pelatihan Kurikulum 2013 Tahun Anggaran 2018 ialah 2342 SD Inti dan 95 SMP Inti di 33 provinsi.
Persyaratan Penerima Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 ialah sebagai berikut:
- Memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN);
- Memiliki surat izin penyelenggaraan pendidikan dan sertifikat notaris pendirian yayasan bagi satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat;
- Ditetapkan sebagai Sekolah Inti akseptor dukungan pemerintah oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan disahkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar menurut proposal dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota (dapat diunduh di SIM PKB);
- Mempunyai rekening yang masih aktif di bank Pemerintah atau bank kawan Pemerintah atas nama Sekolah Inti;
- Mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama Sekolah Inti.
Bentuk dan Sifat Bantuan Pemerintah
Bantuan pemerintah yang diberikan kepada akseptor ialah dukungan untuk melakukan acara training Kurikulum 2013 sebagai bab dari peningkatan kompetesi dalam rangka pengembangan karier. Adapun dukungan pemerintah ini dalam bentuk uang/dana yang dilakukan melalui prosedur transfer. Sifat dukungan pemerintah ialah sebagai berikut:
- terbatas dan sementara, artinya pemberian dukungan pemerintah ini diberikan menurut kebutuhan, dan tidak berlangsung terus menerus.
- stimulus, artinya akseptor dukungan harus menawarkan dukungan untuk keberlangsungan acara training Kurikulum 2013 sebagai bab dari peningkatan kompetesi guru Pendidikan dasar dalam rangka pengembangan karier.
Selengkapnya, bagi bapak/ ibu guru yang belum mempunyai Petunjuk Pelaksana Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 tahun 2018 sanggup mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.
JUKLAK BANPEM DIKDAS 2018.pdf, Unduh
Demikian Petunjuk Pelaksana (junlak) Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Kompetensi Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan Dasar Melalui Pelatihan Kurikulum 2013 yang sanggup saya bagikan, supaya bermanfaat. Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Soal Pat/ Ukk Matematika Smp/Mts Kelas 7 Tahun 2018
Soal PAT/ UKK Matematika SMP/MTs Kelas 7 Tahun 2018 - Halo sahabat Situs Edukasi, pada postingan ini aku akan mengembangkan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT)/ Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) mata pelajaran Matematika Kelas 7 jenjang SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun 2018 atau tahun pelajaran 2017/2018 yang tentunya sanggup anda unduh secara gratis.
Soal UKK/ PAT Matematika Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun 2018 (tahun pelajaran 2017/2018) ini bukanlah soal bocoran melainkan soal tahun kemudian atau tahun pelajaran 2016/2017. Soal tersebut dijadikan sebagai soal gambar untuk Penilaian Akhir Tahun dan juga di gunakan untuk latihan sebelum menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK/ PAT) tahun pelajaran 2017/2018.
Naskah Soal UKK/ PAT Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini aku share semoga akseptor didik mempunyai citra bentuk soal sehingga akseptor didik khususnya Sekolah Menengah Pertama kelas VII sudah mengetahui bentuk soal Ulangan Kenaikan Kelas (ukk).
Soal Latihan Penilain Akhir Tahun Matematika kelas 7 k13 revisi 2017 ini ada 2 (dua) bentuk soal yaitu soal pilihan ganda dan soal esay, untuk pilihan ganda 40 butir soal dan untuk soal esay 5 (lima) soal. Kemungkinan besar untuk PAT tahuin ini bentuk soalnya dengan tahun lalu.
Berikut ini penampakan gambar Soal PAT/ UKK Matematika Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun 2018.
Selengkapnya, bagi bapak dan ibu guru dan akseptor didik yang ingin mengunduh Naskah Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Matematika Kelas 7 jenjang SMP/MTs kurikulum 2013 sanggup mengunduhnya melalui tautan di bawah ini.
Soal PAT (UKK) Kelas 7 K13 2018 Mapel Matematika Unduh Soal
Demikian Soal PAT/ UKK Matematika Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2017/2018 yang sanggup aku bagikan, semoga bermanfaat. (sumber file: uupendidikan.blogspot.com) Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Soal UKK/ PAT Matematika Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun 2018 (tahun pelajaran 2017/2018) ini bukanlah soal bocoran melainkan soal tahun kemudian atau tahun pelajaran 2016/2017. Soal tersebut dijadikan sebagai soal gambar untuk Penilaian Akhir Tahun dan juga di gunakan untuk latihan sebelum menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK/ PAT) tahun pelajaran 2017/2018.
Naskah Soal UKK/ PAT Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini aku share semoga akseptor didik mempunyai citra bentuk soal sehingga akseptor didik khususnya Sekolah Menengah Pertama kelas VII sudah mengetahui bentuk soal Ulangan Kenaikan Kelas (ukk).
Soal Latihan Penilain Akhir Tahun Matematika kelas 7 k13 revisi 2017 ini ada 2 (dua) bentuk soal yaitu soal pilihan ganda dan soal esay, untuk pilihan ganda 40 butir soal dan untuk soal esay 5 (lima) soal. Kemungkinan besar untuk PAT tahuin ini bentuk soalnya dengan tahun lalu.
Berikut ini penampakan gambar Soal PAT/ UKK Matematika Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun 2018.
Selengkapnya, bagi bapak dan ibu guru dan akseptor didik yang ingin mengunduh Naskah Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Matematika Kelas 7 jenjang SMP/MTs kurikulum 2013 sanggup mengunduhnya melalui tautan di bawah ini.
Soal PAT (UKK) Kelas 7 K13 2018 Mapel Matematika Unduh Soal
Demikian Soal PAT/ UKK Matematika Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2017/2018 yang sanggup aku bagikan, semoga bermanfaat. (sumber file: uupendidikan.blogspot.com) Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Soal Pat/ Ukk Matematika Smp/Mts Kelas 7 Tahun 2018
Soal PAT/ UKK Matematika SMP/MTs Kelas 7 Tahun 2018 - Halo sahabat Situs Edukasi, pada postingan ini aku akan mengembangkan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT)/ Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) mata pelajaran Matematika Kelas 7 jenjang SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun 2018 atau tahun pelajaran 2017/2018 yang tentunya sanggup anda unduh secara gratis.
Soal UKK/ PAT Matematika Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun 2018 (tahun pelajaran 2017/2018) ini bukanlah soal bocoran melainkan soal tahun kemudian atau tahun pelajaran 2016/2017. Soal tersebut dijadikan sebagai soal gambar untuk Penilaian Akhir Tahun dan juga di gunakan untuk latihan sebelum menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK/ PAT) tahun pelajaran 2017/2018.
Naskah Soal UKK/ PAT Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini aku share semoga akseptor didik mempunyai citra bentuk soal sehingga akseptor didik khususnya Sekolah Menengah Pertama kelas VII sudah mengetahui bentuk soal Ulangan Kenaikan Kelas (ukk).
Soal Latihan Penilain Akhir Tahun Matematika kelas 7 k13 revisi 2017 ini ada 2 (dua) bentuk soal yaitu soal pilihan ganda dan soal esay, untuk pilihan ganda 40 butir soal dan untuk soal esay 5 (lima) soal. Kemungkinan besar untuk PAT tahuin ini bentuk soalnya dengan tahun lalu.
Berikut ini penampakan gambar Soal PAT/ UKK Matematika Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun 2018.
Selengkapnya, bagi bapak dan ibu guru dan akseptor didik yang ingin mengunduh Naskah Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Matematika Kelas 7 jenjang SMP/MTs kurikulum 2013 sanggup mengunduhnya melalui tautan di bawah ini.
Soal PAT (UKK) Kelas 7 K13 2018 Mapel Matematika Unduh Soal
Demikian Soal PAT/ UKK Matematika Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2017/2018 yang sanggup aku bagikan, semoga bermanfaat. (sumber file: uupendidikan.blogspot.com) Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Soal UKK/ PAT Matematika Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun 2018 (tahun pelajaran 2017/2018) ini bukanlah soal bocoran melainkan soal tahun kemudian atau tahun pelajaran 2016/2017. Soal tersebut dijadikan sebagai soal gambar untuk Penilaian Akhir Tahun dan juga di gunakan untuk latihan sebelum menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK/ PAT) tahun pelajaran 2017/2018.
Naskah Soal UKK/ PAT Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini aku share semoga akseptor didik mempunyai citra bentuk soal sehingga akseptor didik khususnya Sekolah Menengah Pertama kelas VII sudah mengetahui bentuk soal Ulangan Kenaikan Kelas (ukk).
Soal Latihan Penilain Akhir Tahun Matematika kelas 7 k13 revisi 2017 ini ada 2 (dua) bentuk soal yaitu soal pilihan ganda dan soal esay, untuk pilihan ganda 40 butir soal dan untuk soal esay 5 (lima) soal. Kemungkinan besar untuk PAT tahuin ini bentuk soalnya dengan tahun lalu.
Berikut ini penampakan gambar Soal PAT/ UKK Matematika Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun 2018.
Selengkapnya, bagi bapak dan ibu guru dan akseptor didik yang ingin mengunduh Naskah Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Matematika Kelas 7 jenjang SMP/MTs kurikulum 2013 sanggup mengunduhnya melalui tautan di bawah ini.
Soal PAT (UKK) Kelas 7 K13 2018 Mapel Matematika Unduh Soal
Demikian Soal PAT/ UKK Matematika Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2017/2018 yang sanggup aku bagikan, semoga bermanfaat. (sumber file: uupendidikan.blogspot.com) Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Penetapan Akseptor Ppg/ Ppgj Tahun 2018
Penetapan Peserta PPG/ PPGJ Tahun 2018 - Halo sahabat Situs Edukasi, pada postingan ini saya akan mengembangkan info sertifikasi guru terbaru untuk akseptor PPG Tahap 1 dan Tahap 2 tahun 2018 yakni Penetapan Peserta dan Registrasi Peserta PPG/ PPGJ Dalam Jabatan Tahun 2018 resmi dari Dirjen GTK yang sanggup anda unduh secara gratis.
Pendaftaran PPG Tahap 1 dan Tahap 2 Tahun 2018 sudah di selenggarakan, kini ini banyak dewan guru mengecek Pengumuman hasil pretest PPG Tahun 2018. Bapak/ ibu guru PNS dan Non PNS beranggapan hasil pretest tahap 2 tahun 2018, namun tanggal 18 Mei 2018 untuk pengumuman pretest ppg tahap 1 tahun 2018.
Bukan hanya pengumuman penetapan akseptor calon akseptor PPG tetapi juga konfirmasi dan pendaftaran PPG Tahap 1 tahun 2018. Berikut ini alur Rgistrasi PPG Tahap 1 tahun 2018:
Seluruh guru calon akseptor PPG Dalam Jabatan yang telah lolos seleksi akademik dan manajemen wajib melaksanakan pendaftaran selesai sebelum mengikuti PPG Dalam Jabatan. Tujuan pendaftaran ini ialah untuk memastikan bahwa seluruh akseptor PPG Dalam Jabatan memahami ketentuan yang berlaku selama mengikuti PPG Dalam Jabatan beserta sangsinya dan menyatakan kesanggupannya untuk mengikuti PPG Dalam Jabatan.
Guru yang telah lolos seleksi akademik dan manajemen tetapi belum ditetapkan sebagai Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Tahun 2018 atau guru yang menyatakan “tidak bersedia” dalam proses pendaftaran PPG Dalam Jabatan, akan diprioritaskan untuk mengikuti PPG Dalam Jabatan pada tahun 2019. Guru yang tidak melaksanakan pendaftaran hingga batas waktu yang ditentukan berakhir, maka akan mengikuti antrian penetapan akseptor PPG Dalam Jabatan pada tahun 2019 bergabung dengan guru yang dinyatakan lolos seleksi akademik pada bulan Mei 2018.
Rekomendasi kami: Cara Cek Pretest PPG Tahun 2018
Tahapan pendaftaran calon akseptor PPG Dalam Jabatan hingga menjadi Mahasiswa PPG Dalam Jabatan sebagai berikut:
Pendaftaran PPG Tahap 1 dan Tahap 2 Tahun 2018 sudah di selenggarakan, kini ini banyak dewan guru mengecek Pengumuman hasil pretest PPG Tahun 2018. Bapak/ ibu guru PNS dan Non PNS beranggapan hasil pretest tahap 2 tahun 2018, namun tanggal 18 Mei 2018 untuk pengumuman pretest ppg tahap 1 tahun 2018.
Bukan hanya pengumuman penetapan akseptor calon akseptor PPG tetapi juga konfirmasi dan pendaftaran PPG Tahap 1 tahun 2018. Berikut ini alur Rgistrasi PPG Tahap 1 tahun 2018:
Seluruh guru calon akseptor PPG Dalam Jabatan yang telah lolos seleksi akademik dan manajemen wajib melaksanakan pendaftaran selesai sebelum mengikuti PPG Dalam Jabatan. Tujuan pendaftaran ini ialah untuk memastikan bahwa seluruh akseptor PPG Dalam Jabatan memahami ketentuan yang berlaku selama mengikuti PPG Dalam Jabatan beserta sangsinya dan menyatakan kesanggupannya untuk mengikuti PPG Dalam Jabatan.
Guru yang telah lolos seleksi akademik dan manajemen tetapi belum ditetapkan sebagai Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Tahun 2018 atau guru yang menyatakan “tidak bersedia” dalam proses pendaftaran PPG Dalam Jabatan, akan diprioritaskan untuk mengikuti PPG Dalam Jabatan pada tahun 2019. Guru yang tidak melaksanakan pendaftaran hingga batas waktu yang ditentukan berakhir, maka akan mengikuti antrian penetapan akseptor PPG Dalam Jabatan pada tahun 2019 bergabung dengan guru yang dinyatakan lolos seleksi akademik pada bulan Mei 2018.
Rekomendasi kami: Cara Cek Pretest PPG Tahun 2018
Tahapan pendaftaran calon akseptor PPG Dalam Jabatan hingga menjadi Mahasiswa PPG Dalam Jabatan sebagai berikut:
- Membuka Laman Informasi PPG Dalam Jabatan Guru membuka laman sergur.id dan membaca dengan seksama info dan ketentuan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan yang meliputi:
a. contoh pelaksanaan PPG Dalam Jabatan;
b. alur registrasi;
c. biaya PPG Dalam Jabatan; dan
d. pengisian identitas diri dan pakta integritas. - Melakukan Konfirmasi Kesediaan dan Registrasi Setelah membaca dan memahami info dan ketentuan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan serta pembiayaan, semua guru calon akseptor wajib melaksanakan konfirmasi kesediaan dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Proses konfirmasi dan pendaftaran mengikuti alur yang telah disediakan dalam laman serta mengisi identitas diri yang telah disediakan dalam laman registrasi.
b. Bagi guru yang tidak ingin melanjutkan pendaftaran atau mengundurkan diri sebab alasan keluarga, kesehatan, biaya, atau alasan lainnya, wajib mengkonfirmasi melalui laman semoga sanggup diisi oleh Peserta Cadangan. Guru tersebut akan diberi kesempatan untuk mengikuti PPG Dalam Jabatan pada tahun berikutnya tanpa melalui seleksi akademik dan manajemen lagi.
c. Bagi Peserta Cadangan yang ingin masuk dalam daftar antrian untuk menggantikan akseptor yang mengundurkan diri, sanggup melaksanakan konfirmasi kesediaannya ditempatkan di perguruan tinggi yang pesertanya mengundurkan diri.
d. Guru yang telah menuntaskan konfirmasi dan pendaftaran selesai sebagai akseptor PPG Dalam Jabatan selanjutnya ditetapkan sebagai Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Tahun 2018.
Pengumuman Hasi Pretest Peserta PPG/ PPGJ Tahap 2 Tahun 2018 akan dimumkan pada bulan Juni 2018, jadi untuk bapak/ ibu guru akseptor PPG Tahap II (dua) Tahun 2018 harus bersabar untuk lebih jelasnya anda sanggup cek Jadwal PPG Tahun 2018 atau sanggup melihat aktivitas persiapan dan pelaksanaan PPG dalam jabatan tahun 2018 di bawah ini.
Selengkapnya, bagi bapak/ ibu guru yang ingin yang belum mempunyai Surat Edaran Resmi Dirjen GTK Tentang Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2018 sanggup mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.
Surat Edaran Info Sertifikasi Guru 2018.pdf, Unduh
Demikian Penetapan dan Registrasi Peserta PPG/ PPGJ Tahun 2018 yang sanggup saya sampaikan, semoga bermanfaat.
Sumber http://www.websiteedukasi.com/