Situs Edukasi | Educational Norjatar

Situs Edukasi

Situs Edukasi, Situs Belajar, Seputar Pendidikan, Data Pendidikan, Info Guru, Tunjangan Guru, UN, Perangkat Mengajar.

Situs Edukasi

Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.

Situs Edukasi

Situs Edukasi, Situs Belajar, Seputar Pendidikan, Data Pendidikan, Info Guru, Tunjangan Guru, UN, Perangkat Mengajar.

Situs Edukasi

Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.

Situs Edukasi

Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.

Soal Latihan Dan Kunci Tanggapan Pretest Ppg Mata Pelajaran Ppkn (Pkn) Smp Sma Smk

SOAL LATIHAN DAN KUNCI JAWABAN PRETES PPG MATA PELAJARAN PPKN (PKn) Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas SMK

Ini hanya sebatas soal Soal Latihan Dan Kunci Jawaban Pretes PPG Mata Pelajaran PPKN (PKn). Soal ini bertujuan sebagai materi bacanan untuk memperkaya wawasan guru PPKn (PKn). Makara sekali lagi ini hanya sebatas Latihan. Berikut Soal Latihan Dan Kunci Jawaban Pretes PPG Mata Pelajaran PPKN (PKn) Tahun 2017 2018 2019 2020 2021.


1. Pengakuan negara lain merupakan komplemen dalam unsur-unsur terbentuknya suatu negara. Hal itu merupakan pengertian dari unsur terbentuknya negara yang bersifat …..
a.   deklaratif
b.   konstitutif
c.   de jure
d.   de facto
e.   konsultatif
Jawaban: A

2. Berikut ini ialah pengertian negara sebagai organisasi kekuasaan yaitu …..
a. organisasi yang menyatukan kelompok insan yang kemudian disebut bangsa.
b. organisasi kesusilaan yang timbul alasannya ialah sintesa antara kemerdekaan individu dan ke- merdekaan universal.
c. masyarakat aturan yang dibuat alasannya ialah perjanjian masyarakat yang bertujuan untuk perdamaian.
d. organisasi yang melaksanakan kehendak anggotanya yang mana kehendak itu dituangkan dalam hukum.
e. organisasi yang mempunyai wewenang berkuasa yang diciptakan oleh sekelompok insan atau bangsa.
Jawaban: E 


3. Suatu negara yang merupakan adonan dari beberapa negara cuilan merupakan pengertian bentuk negara …..…..
a.    protektorat
b.    dominion
c.    uni
d.   kesatuan
e.    serikat
Jawaban: E

4. Suatu wilayah dikuasai oleh bangsa lain tanpa reaksi yang berarti dan berdirilah negara di wilayah itu. Proses terbentuknya negara ini ialah secara.…..
a.    peleburan
b.    penaikan
c.    penguasaan
d.   penyerahan
e.    proklamasi
 Jawaban: C

5. Negara tidak terjadi alasannya ialah kehendak insan melainkan kehendak Tuhan. Hal ini merupakan terjadinya negara berdasarkan teori …..
a.    perjanjian masyarakat
b.    ketuhanan
c.    kedaulatan hukum
d.   kedaulatan raja
e.    kedaulatan negara
Jawaban: B

6. Salah satu kerugian yang paling utama ditimbulkan oleh sifat ekstrimisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yaitu …..
a.    tumbuhnya sikap menang sendiri.
b.    semakin kuatnya individualisme.
c.    dapat menimbulkan perpecahan.
d.   menimbulkan rasa saling curiga.
e.    berkembangnya nasionalisme sempit.
Jawaban: C

7. Contoh sikap empati dalam kehidupan masyarakat yaitu …..
a.    menghindarkan diri dari perbedaan pendapat.
b.    memenuhi kebutuhan hidup masing-masing.
c.    menyadari akan hak dan kewajibannya di masyarakat.
d.   mengatur kehidupan seseorang yang kurang beruntung.
e.    meningkatkan kesejahteraan hidup keluarga.
Jawaban: C

8. Prinsip-prinsip dasar kehidupan demokrasi ialah penting untuk mewujudkan kehidupan bernegara yang konstitusional. Berikut ini yang merupakan prinsip-prinsip dasar kehidupan demokrasi yaitu …..
a.    pemerintahan berdasarkan kekuasaan absolut.
b.    peranan media massa yang terbatas.
c.    sistem peradilan yang berpihak pada kekuasaan.
d.   adanya penyelenggaraan pemilu yang demokratis.
e.    kurangnya pendidikan demokrasi di sekolah.
Jawaban:D

9. Kelompok politik yang tumbuh dalam masyarakat yang terdiri dari aneka macam kelompok yang dibuat atas dasar kesamaan menyerupai partai politik, kelompok kepentingan, media massa dan sebagainya disebut …..
a.    infrastruktur politik
b.    supra struktur politik
c.    sistem politik
d.   partisipasi politik
e.    partai politik
Jawaban:A

10.  Perhatikan beberapa kegiatan di bawah ini:
             1.     Menyampaikan aspirasi
             2.     Kegiatan wisata
             3.     Kampanye partai
             4.     Kegiatan pemilihan umum
             5.     Tindakaan sosial
Berdasarkan pilihan di atas, kegiatan yang membuktikan partisipasi politik yaitu …..
a.    1, 2, 3
b.    1, 3, 4
c.    2, 3, 4
d.   2, 4, 5
e.    3, 4, 5
Jawaban:B

Soal Latihan Dan Kunci Jawaban Pretes PPG Mata Pelajaran PPKN (PKn) Tahun 2017 2018 2019 2020 2021.

11.  Bagi negara Indonesia, kerjasama antar negara di dunia sangat bermanfaat untuk …..
a.     mampu menandingi negara adidaya dalam kemampuan militer.
b.    berusaha mengatasi ketertinggalan dengan tunjangan dan kerjasama dengan negara lain.
c.     mendekati negara maju dan kuat untuk memperoleh proteksi keamanan.
d.    menghindari ancaman dari negara maju.
e.     menyaingi kekuatan besar yang sudah ada dan berpengaruh.
 Jawaban:B

12. Persetujuan secara formal terhadap perjanjian yang melahirkan kewajiban-kewajiban internasional dan negara penerima perjanjian diberi kesempatan mengadakan pengamatan untuk terikat atau tidak, merupakan salah satu tahapan perjanjian internasional yaitu .....
a.     perundingan
b.    penandatanganan
c.     pengesahan
d.    ratifikasi
e.     pertimbangan
Jawaban:C


13. Perhatikan pilihan di bawah ini:
             1.     Perjanjian yang membentuk hukum (law making treaties)
             2.     Perjanjian yang bersifat khusus (treaty contract)
             3.     Perjanjian politik
             4.     Perjanjian ekonomi
             5.     Perjanjian bilateral
             6.     Perjanjian multilateral
Berdasarkan pilihan di atas, penggolongan perjanjian internasional berdasarkan fungsinya yaitu .....
a.    1, 2
b.    2, 3
c.    3, 4
d.   4, 5
e.    5, 6
Jawaban:A

14. Sistem pemerintahan dimana menteri-menteri tidak bertanggung jawab kepada Dewan Perwakilan Rakyat atau dewan legislatif tetapi kepada presiden disebut .....
a.     Parlementer.
b.    Presidensiil.
c.     Republik.
d.    Monarchi.
e.     Demokrasi.
Jawaban:B

15. Bentuk pemerintahan Negara Jerman ialah Republik parlementer. Hal ini berarti .....
a.    Kepala pemerintahan dipimpin oleh presiden sedangkan kepala negara ialah perdana menteri.
b.    Kepala pemerintahan sekaligus kepala negara dipimpin oleh presiden.
c.    Kepala pemerintahan sekaligus kepala negara dipimpin oleh perdana menteri.
d.   Kepala pemerintahan dipimpin oleh perdana menteri sedangkan presiden sebagai kepala negara.
e.    Menteri membantu presiden dalam menjalankan pemerintahan.
Jawaban:D


16. Di dalam negara bersistem parlementer menyerupai Jepang, kedudukan kaisar atau raja ialah sebagai …..
a.     Kepala negara.
b.    Kepala pemerintahan.
c.     Perdana menteri.
d.    Presiden.
e.     Menteri.
Jawaban:A
 
17.  Lembaga negara yang berwenang memutus sengketa antar lembaga negara dan perselisihan hasil pemilu ialah ….
a.     Mahkamah Konstitusi
b.    Mahkamah Agung
c.     Komisi Yudisial
d.    DPR
e.     MPR
 Jawaban:A


18. Tugas dan wewenang MPR sesudah amandemen Undang-Undang Dasar 1945 kecuali  ….
a.     mengubah UUD.
b.    menetapkan UUD.
c.     melantik presiden dan wakil presiden.
d.    memberhentikan presiden dan wakil presiden pada masa jabatannya berdasarkan UUD.
e.     memilih presiden dan wakil presiden.
Jawaban:E
 
19. Presiden tidak sanggup membubarkan dewan perwakilan rakyat sebagai mana diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945, hal ini karena  ….
a.     memiliki kedudukan sejajar.
b.    anggota dewan perwakilan rakyat merupakan utusan partai politik.
c.     DPR mengawasi pemerintah.
d.    DPR memberi pertimbangan dalam pengangkatan menteri.
e.     bertanggung jawab kepada rakyat.
Jawaban:A

20. Berikut ini merupakan kelemahan sistem pemerintahan presidensiil yang pernah berlaku di Indonesia pada masa orde gres yaitu …..
a.     badan direktur lebih stabil kedudukannya alasannya ialah tidak tergantung pada parlemen.
b.     masa jabatan tubuh direktur lebih terang dengan jangka waktu lima tahun.
c.     penyusun kegiatan kerja kabinet gampang diadaptasi dengan jangka waktu masa jabatannya.
d.     kekuasaan direktur diluar pengawasan pribadi legislatif sehingga sanggup membuat kekuasaan mutlak.
e.     legislatif bukan tempat kaderisasi untuk jabatan-jabatan direktur alasannya ialah sanggup diisi oleh orang luar termasuk anggota dewan legislatif sendiri.
 Jawaban:D

Soal Latihan Dan Kunci Jawaban Pretes PPG Mata Pelajaran PPKN (PKn) Tahun 2017 2018 2019 2020 2021.

21. Bentuk negara kita berdasarkan pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945 ialah …..
a.     Presidensiil
b.    Federasi
c.     Parlementer
d.    Republik
e.     Kesatuan
Jawaban:E
 
22.  Perbedaan sistem pemerintahan di Indonesia dengan sistem pemerintahan negara Malaysia ialah …..
a.     Indonesia bersistem republik presidensiil sedangkan Malaysia bersistem monarkhi parlementer.
b.    Presiden Indonesia sebagai kepala negara sedangkan Raja Malaysia sebagai kepala pemerintahan.
c. Perdana menteri Malaysia memegang jabatan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, presiden RI hanya sebagai simbol negara.
d.    Menteri di Indonesia dipilih oleh dewan perwakilan rakyat sedangkan menteri di Malaysia dipilih oleh Perdana Menteri.
e.     Raja Malaysia sebagai kepala negara sedangkan presiden RI sebagai kepala pemerintahan.
Jawaban:A
 
23.  Lahirnya globalisasi sangat dipengaruhi oleh perkembangan pesat dari …..
a.     kemajuan insan dalam hidupnya.
b.    dorongan alamiah sebagai mahluk social.
c.     majunya teknologi komunikasi dan transportasi.
d.    kepandaian insan dalam hidupnya.
e.     kerja keras dari insan yang ingin maju.
Jawaban:C


24. Sebagai penyaring utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk menangkal arus negatif globalisasi yaitu …..
a.     kebiasaan masyarakat.
b.    nilai-nilai Pancasila.
c.     pandangan para ahli.
d.    tradisi dan rutinitas.
e.     sikap pemimpin bangsa.
Jawaban:B

25. Perkembangan dan kemajuan IPTEK sangat mendukung upaya ketergantungan di aneka macam aspek kehidupan global. Namun ada dampak negatif yang harus diwaspadai yaitu …..
a.     saling bekerja sama.
b.    hidup teratur.
c.     berdisiplin.
d.    bersikap individualis.
e.     dapat memanfaatkan waktu.
Jawaban:D

26. Globalisasi membawa efek positif dan negatif sehingga kita harus mewaspadainya. Berikut ini merupakan efek positif dari masa globalisasi yaitu …..
a.     konglomerasi
b.    demokratisasi.
c.     konsumerisme.
d.    sekulerisasi.
e.     westernisasi.
Jawaban:B


27.  Dengan masuknya aneka macam efek dari negara lain yang dikhawatirkan sanggup membahayakan budaya bangsa, maka sikap yang harus kita lakukan yaitu …..
a.     menutup arus informasi dan komunikasi.
b.    melarang keluarga bepergian ke luar negeri.
c.     menerimanya dengan penuh selektif.
d.    melarang pembelian produk luar negeri.
e.     melarang orang absurd masuk ke Indonesia.
 Jawaban:C

28. Yang tidak termasuk pengertian pers dipandang dari segi ilmu komunikasi yaitu …..
a.     usaha mencetak dan menerbitkan.
b.    surat kabar dan majalah yang berisi berita.
c.     usaha pengumpulan dan penyiaran berita.
d.    penyaluran gosip melalui media massa, surat kabar, dan TV.
e.     orang yang bergerak dalam penyiaran berita.
Jawaban:A

29.  Melalui gosip yang disajikan, pers memperlihatkan kiprah semoga masyarakat sanggup mengembangkan kegiatan berwirausaha sehingga menjadi masyarakat yang produktif. Hal ini merupakan salah satu fungsi pers yaitu fungsi …..
a.    informasi.
b.    hiburan
c.    kontrol sosial.
d.   pendidikan.
e.    wahana obrolan publik.
Jawaban:D

30.  Perhatikan pernyataan berikut:
1.    Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui.
2.    Menegakan nilai-nilai dasar demokrasi.
3.    Mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang sempurna dan akurat.
4.    Melakukan kontrol sosial.
5.    Media massa sebagai sarana pendidikan.
6.    Media hiburan bagi masyarakat.
Berdasarkan pernyataan di atas, yang bukan merupakan peranan pers nasional yaitu …..
a.    1, 2
b.    2, 3
c.    3, 4
d.   4, 5
e.    5, 6
 Jawaban:E

Soal Latihan Dan Kunci Jawaban Pretes PPG Mata Pelajaran PPKN (PKn) Tahun 2017 2018 2019 2020 2021.

31. Pers yang tidak sesuai dengan sistem nilai yang berlaku dalam masyarakat dan kode etik jurnalistik maka harus …..
a.    berhadapan dengan hokum dan ditarik dari peredaran.
b.    dilindungi pemerintah dikarenakan telah dijaminkan.
c.    dibubarkan dewan pers alasannya ialah melanggar UU Pers.
d.   tetap terbit alasannya ialah kehidupan pers telah diberi kebebasan.
e.    dibiarkan bebas alasannya ialah jaman reformasi.
Jawaban:C

32.  Dampak negatif penyalahgunaan kebebasan media massa bagi masyarakat ialah …..
a.    mempercepat kerusakan moral bangsa.
b.    menghambat kegiatan masyarakat sehari-hari.
c.    mengganggu ekonomi masyarakat.
d.   merugikan investor yang bergerak di bidang media.
e.    masyarakat menjadi malas bekerja.
Jawaban:A

33. Pembaharuan yang sangat fundamental bagi pers nasional dengan disahkannya UU No. 40/1999 perihal Pers ialah …..
a.    pers diberi kebebasan seluas-luasnya untuk memperlihatkan informasi kepada masyarakat.
b.    Pers tidak lagi diharapkan instruksi etik dalam kegiatan jurnalistik.
c.    Urusan ijin terbit dipermudah dan lancar, serta surat ijin tidak lagi diperlukan.
d.   Pers dibebaskan dari segala tuntutan aturan jikalau terjadi pemberitaan yang salah.
e.    Pers diberi kesempatan seluas-luasnya untuk menggali informasi di masyarakat.
Jawaban:C


34. Sesuatu disebut bernilai atau bermakna apabila bersifat penting dan harus ada keberadaannya. Hal ini merupakan makna dari …..
a.     Nilai materiil.
b.    Nilai vital.
c.     Nilai kerohanian
d.    Nilai keindahan.
e.     Nilai religius.
Jawaban: A

35. Berikut ini merupakan norma yang bersumber pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu norma …..
a.    Agama.
b.    Kesusilaan.
c.    Hukum.
d.   Kesopanan.
e.    Keindahan.
Jawaban:C

36. Dasar negara Pancasila mempunyai korelasi yang erat dengan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Hubungan tersebut diantaranya  …..
a.    pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan sumber penyusunan dasar Negara.
b.    Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan klasifikasi dari nilai-nilai Pancasila.
c.    Pancasila memuat tujuan nasional Negara Indonesia merdeka.
d.   penyusunan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 bersamaan dengan penyusunan dasar negara.
e.    Rumusan sila Pancasila menjadi bertambah saat dijabarkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.
Jawaban:B


37. Konstitusi memuat prinsip-prinsip yang paling pokok atau dasar dalam penyelenggaraan ketatanegaraan. Hal ini merupakan substansi konstitusi Undang-Undang Dasar 1945 sebagai …..
a.     hukum tertinggi.
b.    hukum dasar.
c.     dasar negara
d.    fundamen negara.
e.     sumber tertib hukum.
Jawaban:C

38.  Pengamalan konstitusi harus dilakukan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Berikut ialah kegiatan pengamalan konstitusi yaitu ….
a.     sosialisasi hasil amandemen Undang-Undang Dasar 1945.
b.    gerakan mengubah pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.
c.     mempelajari pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 saja tanpa mengetahui batang tubuhnya.
d.    tidak memberi kesempatan forum negara melaksanakan kiprah dan wewenangnya.
e.     menghalangi diskusi perihal batang tubuh Undang-Undang Dasar 1945.
Jawaban:A

39.  Pancasila sebagai ideologi terbuka mempunyai ciri khas tersendiri yaitu ….
a.     mengikuti ideologi lain.
b.    bersifat ekslusif.
c.     isinya bersifat operasional.
d.    nilai dan cita-citanya diambil dari budaya sendiri.
e.     dapat diintervensi oleh budaya asing.
Jawaban:D

40. Menurut Dr. Alfian, kekuatan ideologi bergantung pada dimensi realita, fleksibilitas, dan idealisme. Yang merupakan dimensi idealisme dari ideologi Pancasila ialah …..
a.    memiliki keluwesan dalam menjawab tantangan kini dan masa depan.
b.    menerima kemajuan jaman yang baik sesuai dengan nilai-nilai ideal.
c.    dapat mendapatkan kemajuan kalau menguntungkan.
d.   menyesuaikan diri dengan efek jaman.
e.    cita-cita hidup berbangsa dan bernegara terwujud secara nyata.
Jawaban:E

Soal Latihan Dan Kunci Jawaban Pretes PPG Mata Pelajaran PPKN (PKn) Tahun 2017 2018 2019 2020 2021.

41. Pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan ketatanegaraan Negara RI. Hal ini merupakan fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai …..
a.     paradigma pembangunan.
b.    moral pembangunan.
c.     sumber nilai.
d.    perjanjian luhur bangsa.
e.     dasar negara.
 Jawaban:E

42. Perilaku konstitusional dalam hidup berbangsa dan bernegara perlu diamalkan. Berikut ini yang termasuk sikap konstitusional yaitu …..
a.     sabar mendapatkan kenyataan hidup.
b.    partisipasi dalam kegiatan masyarakat.
c.     ikut serta gotong-royong alasannya ialah ada kepentingan.
d.    taat dan tertib berlalu lintas.
e.     menghormati orang yang lebih tinggi dari kita.
 Jawaban:D

43. Rumusan dasar sila-sila Pancasila sebagaimana tercantum dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 diputuskan oleh …..
a.     BPUPKI
b.    PPKI
c.     KNIP
d.    Presiden
e.     DPR
Jawaban:A


44. Berikut ini merupakan penggolongan hak asasi insan yang berkaitan dengan pendidikan warga negara yaitu …..
a.     Hak asasi sosial budaya.
b.    Hak asasi politik
c.     Hak asasi ekonomi.
d.    Hak asasi persamaan hukum.
e.     Hak asasi proteksi hukum.
Jawaban: A  

45. Berikut ini merupakan rujukan hak asasi yang dimiliki oleh warga negara Indonesia di bidang ekonomi yaitu …..
a.     melanjutkan pendidikan yang diinginkannya.
b.    memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak.
c.     mengembangkan budaya nasional.
d.    memilih dalam pemilu apabila memenuhi persyaratan.
e.     melanjutkan keturunan sesuai perundang-undangan yang berlaku.
Jawaban: B 

46.  Landasan Idiil penegakan HAM di Indonesia yaitu …..
a.     Pancasila
b.    UUD 1945
c.     Tap MPR No. XVII/MPR/1998
d.    UU No. 39/1999
e.     KUHP
 Jawaban:A


47.  Berikut ini yang bukan subyek aturan internasional yaitu …..
a.     negara
b.    organisasi internasional
c.     individu
d.    kelompok pemberontak
e.     Palang Merah Indonesia
Jawaban: E

48. Pelanggaran HAM berat yang ditentang oleh Nelson Mandela di Afrika Selatan sebelum ia menjabat presiden ialah diskriminasi orang berdasarkan warna kulit atau ras yang dikenal dengan …..
a.     Kejahatan kemanusiaan.
b.    Genosida.
c.     Konflik.
d.    Apartheid.
e.     Rasisme.
Jawaban: D

49.  Perhatikan pilihan di bawah ini:
1.   Pelaku ekonomi berlangsung dengan praktik Korupsi dan Nepotisme.
2.   Pemerintahan yang sentralistis menimbulkan kesenjangan dengan rakyatnya.
3.   Nilai agama dijadikan sumber tindakan dan sikap.
4.   Hukum yang berjalan sesuai dengan prinsip negara hukum.
Dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan ialah .....
a.     1, 2
b.    1, 3
c.     1, 4
d.    2, 3
e.     3, 4
Jawaban:A

Soal Latihan Dan Kunci Jawaban Pretes PPG Mata Pelajaran PPKN (PKn) Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017 2018 2019 2020 2021.

50. Upaya meningkatkan jaminan keadilan sanggup diwujudkan dalam aneka macam aspek kehidupan menyerupai bidang sosial budaya. Contoh upaya tersebut yaitu ….
a.    menyantuni fakir miskin dan bawah umur yang terlantar.
b.    memilih wakil rakyat sesuai aspirasinya.
c.    memberikan masukan pada penyelenggara supaya jujur.
d.   meningkatkan kemandirian partai politik.
e.    memberi tunjangan subsidi atau modal bagi warga yang tidak mampu.
Jawaban:A


51. Rakyat, wilayah, dan pemerintah yang berdaulat merupakan unsur-unsur terbentuknya suatu negara yang harus ada. Hal itu merupakan pengertian dari unsur terbentuknya suatu negara yang bersifat  …..
a.   deklaratif
b.   konstitutif
c.   de jure
d.   de facto
e.   pelengkap

Jawaban.   B     

52.  Berikut ini ialah pengertian negara sebagai organisasi politik yaitu …..
a.   organisasi yang menyatukan kelompok insan yang kemudian disebut bangsa.
b.   organisasi kesusilaan yang timbul alasannya ialah sintesa antara kemerdekaan individu dan kemerdekaan universal.
c.   masyarakat aturan yang dibuat alasannya ialah perjanjian masyarakat yang bertujuan untuk perdamaian.
d.   organisasi yang melaksanakan kehendak anggotanya yang mana kehendak itu dituangkan dalam hokum.
e.   organisasi kekuasaan yang diciptakan oleh sekelompok insan atau bangsa.
Jawaban.   D

53. Suatu negara yang merdeka dan berdaulat, mempunyai hanya satu pemerintah pusat yang mengatur seluruh tempat merupakan pengertian bentuk negara …..
a.   kesatuan
b.   serikat
c.   protektorat
d.   dominion
e.   uni

Jawaban.   A

54. Terbentuknya negara saat suatu bangsa yang dijajah oleh bangsa lain melaksanakan perlawanan, berhasil merebut kembali dan menyatakan kemerdekaan. Proses terbentuknya negara ini secara …..
a.   pendudukan
b.   peleburan
c.   penguasaan
d.   penyerahan
e.   proklamasi
Jawaban.   E

55. Negara diciptakan oleh insan melalui perjanjian masyarakat demi ketentraman hidupnya. Hal ini merupakan terjadinya negara berdasarkan teori …..
a.   perjanjian masyarakat
b.   ketuhanan
c.   kedaulatan hukum
d.   kedaulatan raja
e.   kedaulatan negara
Jawaban.   A

56.  Sikap yang kurang mendukung usaha untuk menggalang persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia harus kita hindari. Salah satu sikap yang harus kita hindari yaitu …..
a.   bangga sebagai bangsa yang bertanah air Indonesia.
b.   keselamatan bangsa dan negara diletakan di atas kepentingan pribadi ataugolongan.
c.   selalu mempermasalahkan Bhinneka Tunggal Ika.
d.   cinta tanah air dan bangsa.
e.   rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.
Jawaban   C

57. Contoh sikap pengendalian diri dalam kehidupan masyarakat yaitu …..
a.   menunggu di luar apabila terlambat hadir.
b.   hidup sederhana untuk menatap masa depan.
c.   menjalani hidup apa adanya.
d.   tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
e.   menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia.
Jawaban.   D

58. Ketentraman dan ketertiban masyarakat akan terwujud apabila prinsip-prinsip kehidupan demokrasi ditegakan. Berikut ini yang merupakan prinsip kehidupan demokrasi yaitu …..
a.   peradilan yang berpihak kepada kekuasaan.
b.   tiadanya proteksi hak asasi manusia.
c.   kekuasaan politik lebih tinggi daripada penegakan hukum.
d.   adanya penyelenggaraan pemilu secara periodik.
e.   kurangnya partisipasi warga dalam pembuatan keputusan politik.
Jawaban.   D

59. Struktur politik pemerintahan yang berkaitan dengan lembaga-lembaga negara yang ada serta korelasi ketatanegaraan antara forum negara satu dengan lainnya disebut …..
a.   infrastruktur politik
b.   supra struktur politik
c.   sistem politik
d.   partisipasi politik
e.   partai politik
Jawaban.   B


60.  Perhatikan beberapa kegiatan di bawah ini:
1.   Kegiatan pemilihan
2.   Kegiatan religi
3.   Lobbying
4.   Kegiatan organisasi
5.   Tindakaan sosial
Berdasarkan pilihan di atas, kegiatan yang membuktikan partisipasi politik yaitu …..
a.    1, 2, 3
b.   2, 3, 4
c.    3, 4, 5
d.   1, 3, 4
e.    2, 4, 5
Jawaban. D

Soal Latihan Dan Kunci Jawaban Pretes PPG Mata Pelajaran PPKN (PKn) Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017 2018 2019 2020 2021.

61.  Pengaturan korelasi internasional bermanfaat bagi negara Indonesia yaitu …..
a.    memudahkan negara penjajah dalam mengelola tempat jajahannya.
b.   menjadikan ketergantungan dengan negara maju.
c.    menumbuhkan kelompok-kelompok negara maju.
d.   mencukupi kebutuhan yang tidak sanggup dipenuhi sendiri.
e.    mendorong daerah-daerah untuk memerdekakan diri.

Jawaban. D

62.  Tahapan pembuatan perjanjian internasional yang banyak diwarnai oleh perundingan dan lobi yaitu .....
a.    perundingan
b.   penandatanganan
c.    pengesahan
d.   ratifikasi
e.    pertimbangan

Jawaban. A 

63.  Perhatikan pilihan di bawah ini:
1.   Perjanjian yang membentuk hukum (law making treaties)
2.   Perjanjian yang bersifat khusus (treaty contract)
3.   Perjanjian politik
4.   Perjanjian regional
5.   Perjanjian bilateral
6.   Perjanjian multilateral
Berdasarkan pilihan di atas, penggolongan perjanjian internasional berdasarkan subjek yang terikat yaitu .....
a.   1, 2
b.   2, 3
c.   3, 4
d.   4, 5
e.   5, 6

Jawaban. E

64. Sistem pemerintahan dimana menteri-menteri bertanggung jawab kepada Dewan Perwakilan Rakyat atau dewan legislatif disebut .....
a.   Parlementer.
b.   Presidensiil.
c.   Republik.
d.   Monarchi.
e.   Demokrasi.

Jawaban. A

65.  Bentuk pemerintahan Negara Inggris ialah monarchi parlementer. Hal ini berarti .....
a. Kepala pemerintahan dipimpin oleh ratu Inggris sedangkan kepala negara ialah perdana menteri.
b.   Kepala pemerintahan sekaligus kepala negara dipimpin oleh ratu Inggris.
c.   Kepala pemerintahan sekaligus kepala negara dipimpin oleh perdana menteri.
d.  Kepala pemerintahan dipimpin oleh perdana menteri sedangkan ratu Inggris sebagai kepala negara.
e.   Menteri membantu ratu Inggris dalam menjalankan pemerintahan.

Jawaban. D


66. Di dalam sistem pemerintahan presidensiil menyerupai Indonesia, kedudukan presiden ialah sebagai …..
a.   Kepala pemerintahan sekaligus kepala negara.
b.   penanggung jawab aneka macam kehidupan berbangsa dan bernegara.
c.   Panglima tertinggi dari angkatan laut, angkatan udara, dan angkatan darat.
d.   dapat membubarkan dewan legislatif dan sebaliknya.
e.   pelaksana pemerintahan tertinggi dari semua bidang kehidupan.

Jawaban. A

67.  Setelah Undang-Undang Dasar 1945 diamandemen oleh MPR maka presiden/wakil presiden sanggup diberhentikan oleh …..
a.   MPR.
b.   demonstrasi rakyat.
c.   DPR.
d.   Mahkamah Konstitusi.
e.   MA.

Jawaban. A

68.  Salah satu rujukan pelaksanaan hak prerogatif presiden berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 ialah …..
a.   menyetujui undang-undang.
b.   menetapkan APBN.
c.   mengangkat anggota DPR.
d.   menetapkan UUD.
e.   memberi grasi.

Jawaban. E

69.  Lembaga negara yang bertugas memutuskan undang-undang berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 ialah …..
a.   Presiden dan MPR.
b.   Presiden dan DPR.
c.   DPR dan MPR.
d.   Mahkamah Konstitusi.
e.   Mahkamah Agung.

Jawaban. B

70. Berikut ini merupakan kelemahan sistem pemerintahan parlementer yang pernah berlaku di Indonesia kurun waktu 17 Agustus 1950 – 5 Juli 1959 yaitu …..
a.  pembuat kebijakan sanggup ditangani secara cepat alasannya ialah gampang terjadi penyesuaian pendapat antara direktur dan legislatif.
b.   garis tanggung jawab dalam pembuatan dan pelaksanaan kebijakan publik jelas.
c.  kelangsungan kedudukan tubuh direktur atau kabinet tidak bisa ditentukan berakhir sesuai dengan masa jabatannya alasannya ialah sewaktu-waktu kabinet sanggup bubar.
d.   adanya pengawasan yang kuat dari dewan legislatif terhadap kabinet.
e.    kesiapan berdemokrasi menjadikan stabilnya kehidupan politik.

Jawaban. C
Soal Latihan Dan Kunci Jawaban Pretes PPG Mata Pelajaran PPKN (PKn) Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017 2018 2019 2020 2021.

71.  Bentuk pemerintahan negara kita berdasarkan pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945 adalah…..
a.   Republik
b.   Kesatuan
c.   Presidensiil
d.   Ministeriil
e.   Parlementer

Jawaban. A

72. Perbedaan sistem pemerintahan di Indonesia dengan sistem pemerintahan negara Singapura ialah …..
a.   Indonesia bersistem presidensiil sedangkan Singapura bersistem parlementer.
b.   Indonesia bersistem parlementer sedangkan Singapura bersistem presidensiil.
c.   Presiden Indonesia sebagai kepala negara sedangkan presiden Singapura sebagai kepala pemerintahan.
d.  Perdana menteri Singapura memegang jabatan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, presiden RI hanya sebagai simbol negara.
e.   Menteri di Indonesia dipilih oleh dewan perwakilan rakyat sedangkan menteri di Singapura dipilih oleh Perdana Menteri.

Jawaban. A

73. Istilah globalisasi menunjuk pada sebuah proses tumbuhnya kesadaran global bahwa dunia ialah sebuah lingkungan yang terbangun sebagai satu kesatuan yang utuh. Proses globalisasi ialah …..
a.    proses tatanan masyarakat yang populer diseluruh dunia dan seolah-olah tidak mengenal batas-batas wilayah.
b.   meningkatnya korelasi internasional.
c.    semakin diturunkankan batas antar negara, contohnya kendala tarif ekspor impor, kemudian lintas devisa, maupun migrasi.
d.   semakin tersebarnya hal material maupun imaterial ke seluruh dunia.
e.    semakin menyebarnya pikiran dan budaya dari barat sehingga mengglobal.

Jawaban. A

74. Dengan adanya sistem globalisasi sebagai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sebaiknya kita …..
a.    memanfaatkan kemajuan secara keseluruhan.
b.   berhati-hati dalam menerapkan kemajuan IPTEK.
c.    kita harus memanfaatkan potensi bangsa kita sendiri.
d.   tidak semua yang modern itu baik untuk bangsa kita.
e.    menyaring kemajuan itu dengan nilai-nilai Pancasila.

Jawaban. E

75. Globalisasi mempunyai efek positif terhadap aspek politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu …..
a.    munculnya gerakan separatism.
b.   tumbuhnya kesadaran berdemokrasi.
c.    muncul keberanian menentang pemerintah.
d.   merebaknya ideologi politik.
e.    sering terjadi demonstrasi.

Jawaban. B

76. Proses globalisasi kehidupan umat insan yang positif menjadi kebutuhan, sehingga secara sengaja dilakukan melalui …..
a.    kampanye anti terorisme.
b.   kesepakatan pasar bebas.
c.    kemajuan IPTEK.
d.   perdagangan narkoba.
e.    pesta olahraga dunia.

Jawaban. B

77.  Sikap bijaksana yang harus kita ambil terhadap efek globalisasi ialah …..
a.    menyeleksi.
b.   menyesuaikan.
c.    menolak.
d.   menutup diri.
e.    kompromi.

Jawaban. A

78. Berikut ini merupakan pengertian pers berdasarkan UU No. 40 tahun 1999 perihal Pers yaitu …..
a.    alat untuk menjepit atau memadatkan.
b.   alat cetak untuk mencetak buku atau surat kabar
c.    enyiaran-penyiaran pikiran, gagasan, atau berita-berita dengan kata tertulis.
d.   lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik.
e.    orang yang bekerja di bidang persurat kabaran.

Jawaban. D

79. Masyarakat berlangganan atau mempunyai surat kabar alasannya ialah memerlukan informasi mengenai aneka macam kejadian aktual. Hal ini merupakan salah satu fungsi pers yaitu fungsi …..
a.    kontrol sosial.
b.   pendidikan.
c.    informasi.
d.   hiburan.
e.    membangun masyarakat madani.

Jawaban. C

80. Selain sebagai media penyampai informasi, pers juga mempunyai kiprah umum sebagai berikut:
1.   Alat propaganda bagi kepentingan partai politik atau golongan.
2.   Alat untuk membuatkan informasi penting.
3.   Sumber penghasilan wartawan.
4.   Penyampai gosip dan hiburan.
5.   Wahana komunikasi publik.
Berdasarkan pernyataan di atas, yang merupakan peranan pers yaitu …..
a.    1, 2, 3
b.   1, 3, 5
c.    1, 4, 5
d.   2, 3, 4
e.    2, 4, 5

Jawaban. E

81.  Salah satu upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers ialah …..
a.    mendatangkan laba popularitas diri.
b.   menyelaraskan dengan kepentingan pemerintah.
c.    membela kepentingan penguasa.
d.   membuat Undang-Undang Pers.
e.    mengkritisi kebijakan pimpinan media massa.

Jawaban. D 

82. Contoh gosip pada media massa yang dianggap menyimpang dari instruksi etik jurnalistik ialah …..
a.    informasi yang tidak merugikan kepentingan bangsa dan negara.
b.   Informasi yang tidak memancing konflik dalam masyarakat.
c.    berita yang sanggup mempererat persatuan bangsa.
d.   berita yang sopan dan diperoleh secara terang dan akurat.
e.    berita yang sensasional dan membuat kemunduran bangsa.

Jawaban. E

83. Peranan pers mengalami perubahan dari pers masa kolonial ke arah usaha kemerdekaan bangsa. Peranan pers nasional sesudah 17 Agustus 1945 memfokuskan untuk menjadi …..
a.    corong penguasa RI yang mendukung usaha melawan seni administrasi pecah belah Belanda.
b.   satu-satunya sumber informasi masyarakat untuk mengetahui perkembangan keadaan.
c.    mitra kerja Belanda untuk mengetahui tawanan-tawanan Belanda yang masih tinggal di RI.
d.   mitra kerja Jepang untuk mengetahui serdadu yang masih tertinggal.
e.    satu-satunya sumber gosip untuk mengetahui kemerdekaan RI.

Jawaban. A

84. Sesuatu disebut bernilai atau bermakna apabila memenuhi unsur-unsur sebagai berikut kecuali …..
a.    disukai kelompoknya.
b.   unik dan langka.
c.    bernilai religius.
d.   memiliki keindahan.
e.    berguna bagi insan lain.

Jawaban. A

85. Berikut ini merupakan norma yang bersumberkan pada tata nilai budaya atau budbahasa masyarakat yang berlaku, yaitu norma …..
a.    Agama.
b.   Kesusilaan.
c.    Hukum.
d.   Kesopanan.
e.    Keindahan.

Jawaban. D

86.  Dasar negara mempunyai korelasi yang erat dengan konstitusi. Hal itu karena…..
a.    negara yang didirikan harus mempunyai dasar negara.
b.   penyusunan konstitusi bersamaan dengan penyusunan dasar negara.
c.    dasar negara digunakan untuk menyusun konstitusi negara yang didirikan.
d.   konstitusi negara di pakai untuk menyusun dasar negara yang digunakan.
e.    salah satu syarat berdirinya negara harus mempunyai konstitusi.

Jawaban. C 

87.  Berikut ini merupakan substansi konstitusi dari Undang-Undang Dasar 1945 yaitu …..
a.    sebagai aturan dasar dan dasar negara.
b.   sebagai aturan dasar tertulis dan nilai-nilai penyusunan dasar negara.
c.    sebagai aturan dasar dan aturan tertinggi negara.
d.   sebagai sumber aturan dan tujuan nasional.
e.    sebagai fundamen negara dan suasana kebatinan pendiri negara.

Jawaban.C

88. Sebagai warga negara yang baik maka sikap yang perlu kita kembangkan terhadap konstitusi antara lain …..
a.    menyadari bahwa konstitusi ialah urusan pejabat negara.
b.   berbeda pendapat semoga konstitusi senantiasa berubah.
c.    memahami bahwa perubahan konstitusi sanggup dilakukan sesuai mekanisme yang berlaku.
d.   mematuhi konstitusi yang sesuai dengan visi dan misi kelompoknya.
e.    sepakat menempatkan konstitusi sebagai dasar negara.

Jawaban. C

89. Ideologi yang dianut suatu negara sanggup bersifat terbuka dan tertutup. Makna Pancasila sebagai ideologi terbuka ialah …..
a.    membuka diri mendapatkan semua kemajuan yang ada.
b.   menerima kemajuan pengetahuan sesuai dengan kepribadiannya.
c.    dapat mendapatkan kemajuan kalau menguntungkan.
d.   perpaduan dari aneka macam ideologi bangsa lain.
e.    terbuka untuk dibicarakan dengan negara lain.

Jawaban. B 

90. Menurut Dr. Alfian, kekuatan ideologi bergantung pada dimensi realita, fleksibilitas, dan idealisme. Yang merupakan dimensi realitas dari ideologi Pancasila ialah …..
a.    memiliki keluwesan dalam menjawab tantangan kini dan masa depan.
b.   menerima kemajuan jaman yang baik sesuai dengan nilai-nilai idealisme.
c.    dapat mendapatkan kemajuan kalau menguntungkan.
d.   menyesuaikan diri dengan efek jaman.
e.    cita-cita hidup berbangsa dan bernegara terwujud secara nyata.

Jawaban. B

91. Nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila tidak diragukan lagi karena merupakan filsafat bangsa, dasar negara, dan ideologi negara. Hal ini merupakan kedudukan Pancasila sebagai …..
a.    paradigma pembangunan.
b.   moral pembangunan.
c.    sumber nilai.
d.   perjanjian luhur bangsa.
e.    dasar negara.

Jawaban. C

92. Sikap positif yang perlu dikembangkan sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila. Contoh sikap positif tersebut yaitu …..
a.    selalu mengikuti perkembangan budaya asing.
b.   bergaya hidup individualistik.
c.    mentaati norma dan peraturan yang berlaku.
d.   pantang mengalah kalau keinginan belum tercapai.
e.    senang dengan kebanggaan orang asing.


Jawaban. C

93. Pancasila sebagai dasar negara secara yuridis formal konstitusional tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Hal ini merupakan fungsi Pancasila sebagai …..
a.    ideologi terbuka.
b.   sumber hukum.
c.    alat pemersatu bangsa.
d.   kepribadian bangsa.
e.    cita-cita bangsa.

Jawaban. B

94. Hak asasi insan merupakan hak dasar yang dimiliki oleh insan semenjak lahir sebagai anugerah Tuhan. Berikut ini yang bukan merupakan penggolongan HAM yaitu …..
a.    Hak asasi diskriminasi sosial.
b.   Hak asasi politik
c.    Hak asasi ekonomi.
d.   Hak asasi persamaan hukum.
e.    Hak asasi proteksi hukum.

Jawaban. A

95. Berikut ini merupakan rujukan hak asasi yang dimiliki oleh warga negara Indonesia di bidang politik yaitu …..
a.    memilih dalam pemilu apabila memenuhi persyaratan.
b.   melanjutkan keturunan sesuai perundang-undangan yang berlaku.
c.    melanjutkan pendidikan yang diinginkannya.
d.   melakukan usaha jual beli.
e.    mengembangkan budaya nasional.

Jawaban. A

96. Tap MPR No. XVII/MPR/1998 perihal HAM merupakan landasan ….. dalam penegakan HAM di Indonesia.
a.    idiil
b.   konstitusional
c.    operasional
d.   yuridis
e.    adat

Jawaban. C

97. Berikut ini ialah tiga sumber aturan primer aturan internasional yaitu …..
a.    Perjanjian internasional, prinsip aturan umum, dan kebiasaan internasional.
b.   Keputusan internasional, kebiasaan internasional, dan prinsip aturan umum.
c.    Perjanjian internasional, kebiasaan internasional, dan yurisprudensi internasional.
d.   Putusan Mahkamah Internasional, perjanjian internasional, dan prinsip aturan umum.
e.    Kebiasaan internasional, perjanjian internasional, dan Putusan Mahkamah Internasional.

Jawaban. C

98. Sadam Husein, presiden Iraq dianggap melaksanakan pelanggaran HAM berat dengan usaha membunuh massal suku Kurdi di Iraq Selatan. Pelanggaran HAM ini dikenal dengan …..
a.    Kejahatan kemanusiaan.
b.   Genosida.
c.    Diskriminasi.
d.   Apartheid.
e.    Rasisme.

Jawaban. B

99.  Perhatikan pilihan di bawah ini:
1.   Pemerintahan yang sentralistis menimbulkan kesenjangan dengan rakyatnya.
2.   Hukum yang berjalan sesuai dengan prinsip negara hukum.
3.   Pelaku ekonomi berlangsung dengan praktik Korupsi dan Nepotisme.
4.   Nilai agama dijadikan sumber tindakan dan sikap.
Dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan ialah .....
a.   1, 2
b.   1, 3
c.   1, 4
d.   2, 3
e.   3, 4

Jawaban. B

100. Upaya meningkatkan jaminan keadilan sanggup diwujudkan dalam aneka macam aspek kehidupan menyerupai bidang ekonomi. Contoh upaya tersebut yaitu ….
a. menyantuni fakir miskin dan bawah umur yang terlantar.
b. memberi beasiswa.
c. meningkatkan kualitas sumber daya insan dan lingkungan hidup.
d. meningkatkan kemandirian partai politik.
e. memberi tunjangan subsidi bagi warga yang tidak mampu.

Kunci Jawaban:  E




Soal Dan Balasan Uas (Pas) Smp Kelas 9 Semester 1 (Ganjil)

SOAL DAN JAWABAN UAS (PAS) Sekolah Menengah Pertama KELAS 9 SEMESTER 1 (GANJIL) 
Penilaian Akhir Semester (PAS) ialah kegiatan yang dilakukan untuk meng­ukur pencapaian kompetensi akseptor didik di simpulan semester genap. Cakupan evaluasi meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.

Hasil evaluasi simpulan semester selanjutnya diolah dan dianalisis untuk menge­tahui ketuntasan berguru akseptor didik. Hasil evaluasi ini sanggup dimanfaatkan untuk program remedial,  pengayaan  dan pengisian rapor.

Selain Penilaian Akhir Semester (PAS), dikenal juga istilah Penilaian Akhir Tahun (PAT) ialah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di simpulan semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi akseptor didik pada simpulan semester genap. Cakupan evaluasi meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap saja, atau sanggup merepresentasi­kan KD dalam kurun waktu satu tahun pelajaran (mencakup KD pada semester 1 dan semester 2).

Hasil evaluasi simpulan tahun selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan berguru akseptor didik. Hasil evaluasi ini sanggup dimanfaatkan untuk aktivitas remedial, pengayaan, dan pengisian rapor.

Sebentar lagi adik-adik akan menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) semester 1 atau Ganjil.  Agar adik-adik Sekolah Menengah Pertama khusus Kelas 9 sanggup nilai baik dalam Penilaian Akhir Semester (PAS) atau UAS semester 1 atau Ganjil kelas 9 SMP/MTS. Berikut ini beberapa Link  Download Kumpulan Soal PAS atau UAS SMP/MTS  Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 dan KTSP yang mudah-mudahan sanggup membantu

Kumpulan Soal PAS atau UAS SMP/MTS  kelas 9 Semester 1/Ganjil  Kurikulum 2013 dan KTSP tentunya hanya sebagai latihan untuk menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) atau UAS yang sebentar lagi kan dilaksanakan.

Badi  Adik-adik yang berminat mempelajari soal-soal PAS atau UAS SMP/MTS kelas 9 Semester 1/Ganjil  Kurikulum 2013 dan KTSP silahkan diunduh melalui tautan dibawah ini.





Demikian isu Kumpulan Soal UAS / PAS SMP/MTS kelas 9 Semester 1 (Ganjil)  Kurikulum 2013 dan KTSP. Semoga bermanfaat




Soal Latihan Uas Pkn Smp Kelas 8 Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013

Berikut ini Contoh Soal Latihan UAS PKn Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013. Ini hanya teladan soal latihan ya, bukan soal yang sebenarnya ditujukan untuk Anda yang ingin memperkaya pengetahuan perihal PPKN Sekolah Menengah Pertama Kelas 8.

1.    Pancasila berasal dari bahasa…..
a. Sansakerta        b. Yunani        c. Romawi        d. Inggris

2.    Pada tanggal 18 Agustus 1945 Undang-Undang Dasar 1945 disahkan oleh…..
a. BPUPKI            b. PPKI            c. KNIP        d. BKR


3. Saat secara yuridis formal Pancasila diletakkan sebagai dasar negara oleh PPKI pada tanggal …
A. 28 Mei 1945
B. 22 Juni 1945
C. 18 Agustus 1945
D. 17 Juli 1945

4. Tanggal 1 Juni diperingati sebagai …
A. Hari kebangkitan nasional
B. Hari lahirnya Pancasila
C. Hari kesaktian Pancasila
D. Hari disahkannya Pancasila

5. Perhatikan tokoh berikut ini
I. Moh Yamin
II. Moh Hatta
III. Ahmad Soebardjo
IV. Wachid Hasyim
Tokoh panitian sembilan ditunjukan nomor …
A. I, II dan III
B. I dan III
C. II dan IV
D. Semua benar
6. Pancasila sebagai dasar Negara harus mengerti kegunaannya, salah satu diantaranya ….
A. Untuk melandasi segala sesuatu kehidupan bangsa
B. Untuk menangkal musuh yang akan menghancurkan bangsa kita
C. Sebagai alat yang sanggup dipakai untuk mengatur Negara
D. Sebagai ajaran hidup bagi yang ingin maju
7.    Ideologi sebagai analisis ilmiah dari pikiran insan yakni pendapat…..
a. Jacques Eilul        b. Karl Marx        c. Napoleon        d. Dastutt de Tracy

8.    Salah satu peranan ideology berdasarkan Jacques eilul dan Prof. Dr. Paul ricour adalah…..
a. Menganalisis secara ilmiah pikiran manusia
b. Bentuk cacian atau hiaan terhadap bawahannya yang suka berkhayal
c. Memberikan pemenuhan terhadap hak-hak individu
d. Menjembatanai antara founding father dan para generasi penerus

9.    Fungsi ideology bagi kehidupan suatu bangsa adalah…..
a. Bekal dan jalan bagi seseorang untuk menemukan identitasnya
b. Jawaban dan kebutuhan kelompok sosial
c. Menanamkan keyakinan terhadap kesalahan usaha kelompok
d. Mempengaruhi seluruh kegiatan secrara otoriter

10. Pancasila sebagai dasar negara disahkan oleh ….
A. Panitia Persiapan kemerdekaan Indonesia
B. Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia
C. Proklamator
D. Pembentuk negara

Soal Latihan UAS PKn Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013.
11. Dasar negara Pancasila tidak bisa diganti dengan dasar negara lain, alasannya yakni Pancasila mengandung nilai yang berasal dari …
A. Bangsa indonesia dan bangsa lain
B. Bangsa indonesia sendiri
C. Warisan bangsa yang menjajah
D. Budaya bangsa-bangsa

12. Keyakinan akan prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa harus diwujudkan dalam sila . . .
A. Kedua
B. Ketiga
C. Keempat
D. Kelima

13. Salah satu teladan bentuk pengamalan sila ke-4 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yakni …
A. Adanya bersama-sama dimasyarakat
B. Pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung
C. Menyantuni fakir miskin
D. Upacara hari raya keagamaan

14. Pancasila dijadikan sebagai perintis, petunjuk dan ajaran dalam memecahkan masalah-masalah politik, ekonomi, sosial budaya yang timbul dalam masyarakat, maka pancasila sebagai …
A. Dasar negara
B. Ideologi bangsa
C. Pandangan hidup bangsa
D. Kepribadian bangsa

15.    Negara yang menganut Ideologi komunis adalah…..
a. Inggris            b. Prancis        c. Australia        d. Kuba

16.    Pancasila dipakai sebagai penunjuk arah semua kegiatan atau kegiatan hidup dan kehidupan di dalam segala bidang. hal ini menawarkan pancasila sebagai…..
a. Pandangan hidup           b. Dasar negara        
c. Ideologi terbuka               d. Paradigma pembangunan

17.    Pancasila sebagai Ideologi terbuka bisa dijabarkan dalam kehidupan yang faktual menawarkan dimensi…..
a. statis            b. Idealis        c. Normatif        d. Realistis

18.    Bangsa Indonesia besar hati mempunyai ideology pancasila karena…..
a. Dapat mempersatukan Indonesia yang majemuk
b. Mampu menuntaskan segala duduk kasus di tanah air
c. Setiap rencana kudeta sanggup digagalkan
d. Dirumuskan oleh pemimpin bangsa sendiri
19. Menolong sesama merupakan wujud melaksanakan nilai-nilai kemanusian, berdasarkan sila ke …
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Lima

20. Demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu demos dan kratos. Kratos berarti …
A. Rakyat
B. Kekuasaan
C. Pemerintahan
D. Pengusa

Soal Latihan UAS PKn Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013.
21. Kelemahan terbesar pelaksanaan sistem pemerintahan pada masa Orde gres adalah…
A. Tumbuh suburnya praktik KKN
B. Ditinggalkannya pembangunan fisik
C. Para pejabat sangat professional
D. Bahan kebutuhan pokok sulit didapat

22. Pemilu presiden secara pribadi untuk pertama kali dilakukan pada masa presiden …
A. Ir Soekarno
B. Soeharto
C. Abdurahman Wachid
D. Megawati Soekarno Putri

23. Apabila terjadi sengketa duduk kasus Pemilu akan diselesaikan dengan cara …
A. Berbuat anarkis dengan menciptakan kerusakan
B. Menghasut rakyat untuk menolak hasil pemilu
C. Melakukan pemilu ulang
D. Mengajukan banding ke Mahkamah Konstitusi

24. Di bawah ini merupakan lima dasar Negara yang disampaikan secara mulut oleh Prof. Moh. Yamin, kecuali…
A. Peri kebangsaan
B. Peri kemanusiaan
C. Peri ketuhanan
D. Peri kerakyatan
E. Paham kesatuan Negara

25. Pemilihan umum dihentikan diwakilkan termasuk asas …
A. Jujur
B. Adil
C. Bebas
D. Langsung

26. Keputusan musyawarah harus dilaksanakan secara bertanggung jawab oleh …
A. Semua anggota musyawarah tanpa kecuali
B. Pihak-pihak yang mendukung keputusan
C. Kelompok terbesar dalam musyawarah
D. Kelompok minoritas dalam musyawarah

27.    Salah satu teladan consensus nasional yang harus kita taati dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu…..
a. Pancasila sebagai dasar negara
b. Musyawarah untuk mufakat dalam segala massa
c. Membangun insan seutuhnya dan masyarakat Indonesia
d. Mewujudkan suatu masyarakat yang adil dan makmur

28.    Salah satu upaya menggalang persatuan dan kesatuan bangsa dalam konteks kehidupan beragama adalah…..
a. Membangun tempoat ibadah yang berdampingan
b. Menciptakan kebersamaan dengan bersikap toleransi
c. Menumbuhkan sikap patriotism
d. Menciptakan keamanan dan ketertiban

29.    Pelaksanaan musyawarah untuk mufakat yang ditetapkan di negara kita sebenarnya…..
a. Mengambil alih system negara lain
b. Merupakan kepribadian bangsa Indonesia sendiri
c. mengkombinasikan sistem-sistem dari negara barat
d. Mengkombinasikan system dari luar dan dari dalam negeri

30. Perilaku menaati undang-undang yang wajib dilaksanakan oleh semua orang diantaranya, kecuali…
A. Membayar pajak
B. Memiliki akte kelahiran
C. Pelajar dibawah umur mengendarai kendaraan bermoto
D. Melaporkan ke pengurus RT apabila mendapatkan tamu menginap dirumah

Soal Latihan UAS PKn Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013.
31. Tugas dan wewenang MPR dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1495 ialah …
A. Melantik Presiden dan Wakil Presiden
B. Memilih dan melantik Menteri
C. Memutuskan pembubaran Partai Politik
D. Memeriksa, mengelola dan bertanggung jawab keuangan negara
32. Salah satu kiprah pokok Mahkamah Agung adalah…
A. Membentuk undang-undang
B. Memilih Presiden dan Wakil Presiden
C. Menguji peraturan perundang-undangan dibawah Undang-Undang
D. Mengubah dan memutuskan undang-undang
33. Negara Indonesi yakni negara aturan disebut dalam pasal…
A. Pasal 2 ayat 3
B. Pasal 1 ayat 3
C. Pasal 3 ayat 4
D. Pasal 3 ayat 2
34. Berikut merupakan ciri-ciri negara demoktrasi, kecuali …
A. Pemerintahan berdasarkan hukum
B. Memiliki forum perwakilan hukum
C. Presiden dipilih oleh DPR
D. Adanya forum yang mengawasi jalannya pemerintahan.
35. Undang-undang yang mengatur perihal tata urutan perundang-undangan yaitu . . .
A. UU No. 5 tahun 1998
B. UU No. 10 tahun 2004
C. UU No. 20 tahun 2003
D. UU N0. 12 tahun 2011
36. Salah satu cirri-ciri orang yang mempunyai kesadaran aturan yakni . . .
A. Bersikap dan berbuat secara sadar sesuai dengan aturan yang berlaku
B. Memahami dan menghargai adanya aturan-aturan dalam masyarakat
C. Mentaati dan menjalani perintah yang diberikan kepadanya
D. Mematuhi segala aturan yang ada alasannya yakni sanksinya berat
37.    Istilah konstitusi berasal dari kata dalam bahasa prancis, yaitu…..
a. Verfasung        b. Constituer        c. Grondwet        d. Grundgesitz

38.    Suatu konstitusi yang telah dinyatakan secara resmi berlaku suatu negara maka ia mempunyai kekuatan mengikat untuk ditaati dan dilaksanakan. Konstitusi itu bernilai…..
a. Normatif        b. Nominal        c. Semantik        d. Fleksibel

39.    Setelah pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) maka system kabinet kita adalah…..
a. Prudensial     b. Semipresidensial   c. Parlementer   d. Semi parlementer

40.    Pada waktu Indonesia membentuk serikat Undang-Undang dasar yang dipakai adalah…..
a. Undang-Undang Dasar 1945      b. Undang-Undang Dasar 1950      c. Piagam Jakarta    d. Konstitusi RIS


Soal Latihan UAS PKn Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013
41.    Presiden Soekarno mengeluarkan dekrit presiden pada tahun 1959 karena…..
a. Konstituante gagal menyusun UD baru
b. Mendapat tekanan dari PKI
c. Ingin mengukuhkan kekuasaannya
d. Ingin menerima pujian
42. Yang dimaksud korupsi yakni ….
A. Kerja sama antara dua orang dari warga yang sedang berselisih untuk menggalang perdamaian
B. Kerja sama secara belakang layar untuk maksud tidak terpuji dengan pemberian sejumlah uang
C. Tindakan berupa penyelewengan, penyuapan, atau penggelapan uang Negara atau perusahaan untuk kepentingan pribadi atau orang lain
D. Permufakatan atau kolaborasi dengan memanfaatkan kelemahan hokum untuk kepentingan pribadi atau orang lain
43. Suatu Negara sanggup disebut Negara demokrasi jikalau ada …
A. Pengakuan hak asasi manusia, partisipasi dan kontribusi rakyat terhadap pemerintah
B. Pengakuan adanya forum eksekutif, legislatif dan yudikatif yang kekuasaannya tidak terpisah
C. Pengakuan terhadap segala kontradiksi yang penyelesaiannya sanggup diserahkan kepada masing-masing individu
D. Pengakuan dari Negara lain yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa
44. Dalam Negara demokrasi berlaku supremasi hukum, yang berarti . ..
A. Ketentuan hokum tidak sanggup diganggu gugat
B. Semua orang tunduk pada hokum yang berlaku
C. Keadilan hanya sanggup diperoleh melalui hokum
D. Mahkamah Agung yakni forum tertinggi
45. Dalam masyarakat demokratis, pergantian kekuasaan secara teratur dilakukan melalui proses . . .
A. Penunjukan oleh pendahuluan
B. Pengangkatan berdasarkan keturunan
C. Pemilihan umum yang berlangsung secara bebas
D. Musyarakat para pemimpin kelompok-kelompok
46. Berikut yang bukan merupakan nilai-nilai suatu masyarakat demokratis yakni …
A. Menyelesaikan perselisihan dengan tenang dan secara melembaga
B. Menjamin terselenggaranya perubahan dalam masyarakat secara damai
C. Menyelenggarakan pergantian kepemimpinan secara teratur
D. Mengutamakan adanya kesamarataan bagi warga Negara
47. Sebagai pelaksanaan demokrasi pancasila, sikap yang harus dihindari oleh masing-masing akseptor musyawarah yakni . . .
A. Mempunyai niat baik, impian luhur, kemauan yang tulus, dan ikhlas
B. Berprinsip pada pendirian dan pendapat yang kuat, tidak sanggup diubah
C. Menghargai pendapat akseptor lain, walaupun tidak sama dengan pendapatnya
D. Menerima dan melaksanakan putusan dengan nrimo dan tanggung jawab
48. Peraturan perundang-undangan yang dibuat oleh DPRD provinsi dengan persetujuan bersama ..
A. Presiden
B. Wakil presiden
C. Gubernur
D. MPR
49.    salah satu bentuk penyimpangan Undang-Undang Dasar 1945 pada masa Orde usang adalah…..
a. MPRS memutuskan Presiden menjadi Presiden seumur hidup
b. Terjadi pemusatan kekuasaan ditangan Presiden
c. Terjadi monopoli penafsiran Pancasila
d. Pembatasan hak-hak politik rakyat

50.    salah satu bentuk penyimpangan terhadap Konstitusi RIS adalah…..
a. Kekuasaan legislative yang seharusnya dilaksanakan Presiden dan dewan perwakilan rakyat dilaksanakan dewan perwakilan rakyat dan senat
b. Terjadi monopoli penafsiran Pancasila
c. Terjadi pemusatana kekuasaan
d. MPRS memutuskan Presiden menjadi Presiden seumur hidup

Soal Latihan UAS PKn Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013.
50.    Terjadi praktik berkelahi kekuatan politik merupakan salah satu bentuk penyimpangan terhadap…..
a. Undang-Undang Dasar 1945 masa Orde lama    b. Konstitusi RIS    c. UUDS 1950        d. Undang-Undang Dasar 1945 masa Orde Baru
51. Peraturan yang mengatur tata pergaulan dalam hidup bermasyarakat, dinamakan …
A. Moral
B. Norma
C. Nilai
D. Kebiasaan

52. Orang yang mempunyai norma kesopanan biasanya mempunyai …
A. Budi pekerti yang luhur
B. Teman yang banyak
C. Uang yang cukup
D. Pengetahuan yang memadai
53. Sikap dan sikap mentaati aturan-aturan aturan yang berlaku tanpa paksaan dari pihak manapun merupakan pengertian …
A. Kesadaran hukum
B. Penegakkan hukum
C. Sosialisasi hukum
D. Aturan hukum
54. Ada empat macam norma, kecuali …
A. Agama
B. Kesopanan
C. Kesusilaan
D. Kepercayaan
55. Norma yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa dan hukuman dosa bagi pelanggarnya yakni pengertian dari ..
A. Norma hukum
B. Norma kesusilaan
C. Norma agama
D. Norma kesopanan
56. Norna kesusilaan bersumber dari ..
A. Kebiasaan dalam masyarakat
B. Hati nurani
C. Kitab suci
D. Peraturan perundang-undangan
57. Kehidupan masyarakat akan menjadi serasi, selaras dan seimbang apabila…
A. Para pemimpin patuh hokum
B. Alat Negara bekerja dengan baik
C. Masyarakat mematuhi norma
D. Masyarakat ulet melaksanakan gotong royong
58. Sanksi bagi yang melanggar norma kesopanan berupa …
A. Pembayaran denda
B. Dicela dan dicemoohkan
C. Penderitaan fisik
D. Rasa penyesalan
59. Hak Asasi Manusia yakni hak dasar atau hak pokok yang dimiliki insan semenjak lahir sebagai …
A. Pemberian dari Negara
B. Pemberian dari orang tuan
C. Pemberian dari Tuhan
D. Pemberian dari orang lain yang lebih berkuasa
60. Salah satu teladan pelanggaran hak asasi insan yakni …
A. Seorang ayah memarahi anaknya yang nakal
B. Seorang pemimpin melarang karyawannya untuk beribadah
C. Seorang guru menghukum siswa yang tidak disiplin
D. Seorang polisi menembak mati perampok yang melawannya

Soal Latihan UAS PKn Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013.
61. Hak menentukan dan dipilih dalam pemilihan umum merupakan teladan …
A. Social and culture right
B. Procedural right
C. Political rights
D. Property rights
62. Setiap warga Negara yang memberikan pendapat dimuka umum berhak untuk …
A. Memperoleh pengawalan ketat
B. Memperoleh pemenuhan kebutuhan hidup
C. Mencela orang lain
D. Mengeluarkan pikiran secara bebas
63. Bahwa setiap bangsa mempunyai hak untuk merdeka. Prinsip tersebut dinyatakan dalam pembukaan UUB 1945 aline ke …
A. Pertama
B. Kedua
C. Ketiga
D. Keempat
64. Dibawah ini yang bukan merupakan forum proteksi HAM yakni …
A. POLRI
B. LBH
C. Pengadilan
D. KPK

65. Yang bertanggung jawab menghormati, melindungi, membela dan menjamin hak asasi insan yakni …
A. Warga Negara dan pemerintah
B. Aparatur Negara dan pemerintah
C. Penjabat Negara dan pemerintah
D. Polisi, Tentara Nasional Indonesia dan penegak hokum lainnya


Daftar Akseptor Ppg Tahun 2018 Silahkan Cek Dengan Login Sim Pkb

New Update Informasi!
Cara Login SIM PKB untuk Cek Daftar Peserta PPG Tahun 2018. Perlu diketahui bahwa bagi guru yang sudah mendaftar PPG semoga segera mengecek di SIMPKB disetujui tidaknya registrasi oleh LPMP. Dikarenakan verifikasi PPG oleh LPMP sdh dilakukan ada  disetujui ada juga yang ditolak, dengan demikian sudah ada Daftar Peserta PPG Tahun 2018. Terima kasih

Login SIM PKB (KLIK DISINI)

Contoh Pemberitahuan Peserta PPG Tahun 2018

Cara Login SIM PKB untuk Cek Daftar Peserta PPG



Demikian info Uptade Cara Login SIM PKB untuk Cek Peserta PPG

==============================================================
LOGIN SIM PKB 2017
SIM PKB ialah Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). PKB ialah bentuk pembelajaran berkelanjutan bagi guru yang merupakan kendaraan utama dalam upaya membawa guru pada perubahan yang diinginkan, yaitu pengembangan profesinya. Muara selesai yang dibutuhkan bahwasanya berkaitan dengan keberhasilan siswa. Guru-guru yang melaksanakan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) akan membawa pembelajarannya untuk mengakibatkan siswa-siswanya sanggup memiliki pengetahuan lebih, memiliki keterampilan lebih baik, dan menunjukkan pemahaman yang mendalam perihal materi asuh serta bisa menunjukkan apa yang mereka ketahui dan bisa melakukannya. 


Pengembangan keprofesian berkelanjutan harus dilakukan menurut kebutuhan guru yang bersangkutan. Kebutuhan yang dimaksud ialah kebutuhan untuk mencapai dan/atau meningkatkan kompetensinya di atas standar kompetensi profesi guru. Hal ini nantinya juga sekaligus berimplikasi pada perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru.

Pada Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 perihal Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, PKB ialah unsur utama yang kegiatannya juga diberikan angka kredit untuk pengembangan karir guru, selain kedua unsur utama lainnya, yakni: (1) pendidikan;  (2) pembelajaran/pembimbingan dan kiprah embel-embel dan/atau kiprah lain yang relevan. Menurut Permennegpan itu telah pula dijelaskan bahwa pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) terdiri dari 3 komponen, yaitu: a) pengembangan diri; b) publikasi ilmiah; dan c) karya inovatif.

Kegiatan Diklat Guru Pembelajaran (GPO) ketika ini merupakan salah satu jenis pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru yang masuk dalam komponen Pengembangan Diri.  Oleh alasannya ialah itu, mulai tahun 2017, GPO berkembang menjadi SIMPKB, dengan sendirinya usang GPO berkembang menjadi laman SIMPKB. Untuk sanggup mengakses laman tersebut Anda harus melaksanakan LOGIN SIMPKB (SIM PKB).

Kegiatan pengembangan diri terdiri dari dua jenis, yaitu diklat fungsional dan acara kolektif guru. Kegiatan pengembangan diri ini dimaksudkan semoga guru bisa mencapai dan/atau meningkatkan kompetensi profesi guru yang mencakup: kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesional sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional. 

Mengapa guru harus LOGIN menggunakan SIMPKB (SIM PKB). Karena SIMPKB menyediakan laman pengembangan diri bagi guru untuk mengikuti diklat fungsional. Pengembangan diri bagi guru merupakan upaya-upaya  yang dilakukan oleh seorang guru dalam rangka meningkatkan profesionalismenya. Dengan demikian ia akan memiliki kompetensi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Ia dibutuhkan alhasil akan sanggup melaksanakan kiprah pokok dan kewajibannya dalam pembelajaran/pembimbingan,  termasuk pula dalam melaksanakan tugas-tugas embel-embel yang relevan dengan fungsi sekolah/ madrasah.


Mulai tahun 2017 bapak/Ibu guru wajib terdaftar dalam SIM PKB atau Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau PKB. Semua guru dan tenaga kependidikan harus mendaftarkan diri kelompok kerja melalui sistem informasi yang sanggup diakses melalui alamat https://sim.gurupembelajar.id. atau laman http://simpkb.id


Bahkan untuk susukan Info GTK, mulai tanggal 1 Juli 2017 info GTK hanya akan bisa diakses oleh guru dan tenaga kependidikan jikalau sudah terdaftar disalah satu kelompok kerja guru/Kepala sekolah/pengawas.


Bagaimana ini cara Login SIM PKB? Berikut ini cara Login SIM PKB atau Pendaftaran kelompok kerja guru/Kepala sekolah/pengawas dilakukan melalui aplikasi SIMPKB. http://simpkb.id atau ke laman https://sim.gurupembelajar.id.

Setelah ada berhasil Login SIM PKB, Anda bisa melihat rapor hasil UKG dan memvalidasi data guru, menyerupai data SATMINKAL, dan lainnya


Selain itu, pada laman http://simpkb.id atau laman https://sim.gurupembelajar.id. bagi Bapak/Ibu Guru atau Kepala sekolah dan Pengawas Sekolah sanggup mengalihkan materi dari mata pelajaran ke materi Kepala Sekolah atau materi Pengawas Sekolah dengan Satminkal Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Namun jikalau Anda mengalihkannya memerlukan persetujuan dinas pendidikan kab/kota sesudah Anda mencetak Surat Ajuan. Berikut ini pola Surat Ajuan Perubahan Data.


LOGIN SIM PKB


Bagi Bapak/Ibu Guru yang akan mengajukan perubahan data dan telah mencetak surat Ajuan silahkan serahkan ke operator Dinas Kabupaten/Kota. Untuk di dinas Kabupaten Pandeglang khusus Sekolah Menengah Pertama bisa menghubungi Pak Musabikhin. Surat Ajuan bisa dikirim melalui WA atau alamat email pak Musabikhin.

Setelah disetujui Dinas Pendidikan, bagi Anda yang mangalihkan materi atau mata pelajaran, maka Anda wajib mengikuti Pretest. Karena Prestest ialah syarat untuk mengikuti Diklat Mapel yang Anda pilih. Pastikan Anda telah bergabung dengan Komunitas. Selanjutnya hubungi Dinas untuk mengikuti Pretest.

Berikut ini Alur Pendaftaran Komunitas Ke SIM PKB dan Penjelasan SIM PKB.

Login ke SIM PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)


Demikian info singkat Cara Login ke SIM PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)Semoga informasi awal ini bermanfaat. 


Bagi Guru yang belum paham sebaiknya Anda download terlebih dahulu Tata Kelola KOMUNITAS GTK PADA SIM PKB



=======================================================




Guru Tidak Tetap (Gtt) Akan Mendapatkan Dukungan Pemanis Penghasilan Dari Pemerintah

GURU TIDAK TETAP (GTT) AKAN MENERIMA TUNJANGAN TAMBAHAN PENGHASILAN DARI PEMERINTAH

Guru tidak tetap (GTT) dan pegawai tidak tetap (PTT) di lingkungan Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Jawa Timur bakal mendapatkan Tunjangan Tambahan Penghasilan dari pemerintah. Kabar baik buat tenaga kependidikan itu disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Suli Daim, Kamis (8/11/2017).

“Hasil Rapat Kerja Komisi E bersama Diknas Provinsi Jatim menyepakati adanya Tunjangan Tambahan Penghasilan buat GTT/PTT SMA/SMK Negeri,” ujarnya.

Suli menjelaskan, sebanyak 8.000 GTT/PTT SMA/SMK Negeri akan menerima Tunjangan Tambahan Penghasilan sebesar Rp 750.000. “Total anggaran yang disediakan pemerintah untuk itu senilai Rp 84 miliar,” ungkapnya.

Suli menambahkan, tidak hanya GTT/PTT yang mendapatkan Tunjangan Tambahan Penghasilan dari pemerintah, PNS Provinsi Jatim juga menerima Tunjangan Tambahan Penghasilan berupa tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) dari pemerintah provinsi (Pemprov) maupun pemerintah pusat.

“Total TPP yang diterima PNS Rp 1.320.000 per bulan. Rinciannya dari Pemprov sebesar Rp 1.070.000 dan ditambah dari sentra Rp 250.000. Untuk TPP PNS,  pemerintah mengalokasikan anggaran Rp 1,3 triliun,” papar Suli yang juga Ketua LHKP PWM Jatim.

Selain GTT/PTT SMA/SMK Negeri, sambung dia, pemerintah juga mengucurkan Tunjangan Tambahan Penghasilan buat guru SMA/SMK swasta dan guru TK, serta PAUD. Nominalnya,  katanya, untuk guru SMA/SMK swasta sebesar Rp 1.000.000 per guru. “Total anggaran yang disediakan senilai Rp 13,5 miliar,”  urainya.

Adapun kriteria akseptor Tunjangan Tambahan Penghasilan yaitu guru bantu usia 40 ke atas dan dengan kurun kerja minimal 5 tahun. “Sebanyak 1500 akan mendapatkan pemberian Rp 1.000.000 per orang,” sebutnya.


Sedangkan untuk guru Taman Kanak-kanak dan Paul pada tahun 2018 ini mendapatkan alokasi Rp19 miliar. “Anggaran itu untuk sepuluh ribu guru. Masing masing guru menerima Tunjangan Tambahan Penghasilan sebesar Rp 200.000 per bulan. Semoga ini bermanfaat,”  tandasnya




Penerimaan Cpns Untuk Deretan Tempat Dibuka Tahun 2018

PENERIMAAN CPNS UNTUK FORMASI DAERAH DIBUKA TAHUN 2018

Setelah tahun 2017 pemerintah membuka penerimaan CPNS untuk gugusan Pusat, rencananya pada tahun 2018 Pemerintah Republik Indonesia kembali akan membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018. Formasi CPNS tahun 2018 ini khusus untuk kabupaten/kota. Informasi akan diadakan Penerimaan CPNS di tahun 2018 untuk gugusan kawasan (provinsi/kabupaten/kota) ini disampaikan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) Asman Abnur di Makassar, Jumat (9/11/2017).


"Tahun depan kita buka, tahun 2018, untuk daerah, per kabupaten dan provinsi," kata Asman yang ditemui seusai program Sosialisasi dan Konsultasi Pembentukan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Sulawesi Selatan dan Implementasi LAPOR! SP4N di Sulawesi Selatan, di Makassar, Jumat tanggal 10 Nopember 2017.

Penerimaan CPNS tahun 2018 berdasarkan MenpanRB Asman Abnur, akan diadaptasi dengan tawaran bupati dan gubernur sesuai dengan kompetensi bidang apa saja yang ingin dikembangkan di daerah. "Bidang pertanian contohnya yang ingin kita kembangkan, tetapi tidak punya pegawai di bidang pertanian," ungkapnya sebagaimana dikutip Antara.

Asman berharap Pemerintah Daerah dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) benar-benar mengkaji kebutuhan pegawainya dengan baik sebelum mengusulkan gugusan yang dibutuhkan.

Tahapan penerimaan CPNS 2018 di kawasan dimulai dari pengusulan gugusan CPNS dari kabupaten/kota. Tahap ini sudah berjalan semenjak 2017 ini. Formasinya berdasarkan tawaran dari pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota.

Sementara terkait jumlah CPNS yang akan diterima, Asman menyampaikan sedang memperhitungkan jumlah penerimaan yang sesuai dengan kemampuan keuangan negara. "Termasuk salah satu syarat, pemerintah kawasan belanja pegawainya dihentikan lebih dari 50 persen," katanya. 

Ia juga berharap pelaksanaan penerimaaan CPNS daerah ini sanggup dilakukan secepatnya. "Lebih cepat lebih bagus," tambahnya. Tahapan seleksi CPNS 2018 akan dimulai sehabis tahapan penerimaan CPNS gelombang II tahun 2017 final dilaksanakan.

Menurutnya, pembukaan penerimaan CPNS kawasan dilakukan sehabis forum vertikal atau sentra telah menyelesaikan pelaksanaan CPNS yang digelar baru-baru ini. Namun Menteri Asman belum memastikan apakah tahapan CPNS 2018 khusus kawasan ini digelar serentak atau terpisah.


Sebagai isu pelengkap pada seleksi CPNS tahun 2017 banyak peserta yang tidak mencapai batas minimal nilai SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). Oleh alasannya itu bagi Anda yang akan mengikuti seleksi CPNS di tahun 2018 atau tahun-tahun berikutnya, persiapkan diri Anda untuk berlatih mengerjakan soal dengan model CAT BKN. Apa itu seleksi model CAT BKN. Seleksi dengan model CAT BKN pada dasarnya sama dengan pelaksanaan UKG bagi guru atau pelaksanaan UNBK untuk siswa. Untuk pola soal Latihan SKD CAT BKN bisa coba disini. Selamat mempersiapkan diri untuk mengikuti Seleksi CPNS tahun 2018. 

=================================================




Pengumuman Lulus Seleksi Cpns Tahun 2017 Kemenkumham Gorontalo, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, Kalimantan Selatan, Ntt Dan Jambi

PENGUMUMAN CPNS KEMENKUMHAM SEBANYAK 17.521 ORANG DINYATAKAN LULUS

Info Pengumuman Kelulusan CPNS Kemenkumham tahun 2017, sebanyak 17.521 orang lolos seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Namun dari 17.526 formasi, lowongan untuk pelamar dokter seorang andal tidak terpenuhi dengan kuota sebanyak lima orang.

"Pengumuman akan diumumkan secara resmi melalui laman resmi Kemenkumham www.cpns.kemenkumham.go.id, pada Kamis (9/11). Daftar Nama Peserta yang dinyatakan Lulus CPNS Kemenkumham tahun 2017 paling cepat nanti akan diumumkan pukul 21.00 WIB dan paling lambat pukul 24.00 WIB alasannya ada 2.600 lembar pengumuman," kata Menteri Hukun dan Hak Asasi Manuska (Menkumham) Yasonna Laoly di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Kamis (9/11).

Yasonna menuturkan proses perekrutan CPNS Kemenkumham 2017 ini bukanlah merupakan hal yang gampang dan singkat. Sebab, proses perekrutan CPNS Kemenkumham dilakukan secara terbuka tanpa ada tindakan berupa Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

"Dengan begitu antusiasnya masyarakat dengan lowongan perekrutan CPNS Kemenkumham 2017. Kami pun berupaya semaksimal mungkin untuk sanggup melaksanakan proses seleksi yang terbuka dan fair tanpa menunjukkan celah untuk kecurangan. Dan kami sanggup menyatakan bahwa perekrutan CPNS 2017 dilakukan secara higienis tanpa ada pungli dan kecurangan," tegas Yasonna.

Yasonna menjelaskan, menurut PP No. 11 Tahun 2017 dan PermenPanRB No. 20 dan 24 Tahun 2017, 17.526 gugusan hanya berhak diikuti sebanyak tiga kali gugusan ialah 51.754 penerima untuk Seleksi Kompetensi Bidang yang dilaksanakan di masing-masing kantor wilayah.

Kemudian, panitia seleksi CPNS Kemenkumham melaksanakan perhitungan simpulan dilakukan memakai pembobotan sesuai ketentuan Permen PAN-RB No. 20 Tahun 2017. Yaitu untuk SKD 40 Persen dan SKB 60 Persen.

Sebagai informasi, sebanyak 1.116.138 calon penerima CPNS Kemenkumham 2017 yang mendaftar. Pelamar yang tersaring tercatat sebanyak 516.305 orang yang berhasil lulus tahapan verifikasi dan menjadi penerima Seleksi Kemampuan Dasar.

"Data nilai para penerima yang semenjak awal sudah tersimpan di dalam sistem, selanjutnya kami serahkan kepada Panselnas untuk dilakukan proses integrasi dari keseluruhan nilai dan mengumumkan hasiInya kepada masyarakat Iuas," tutur politisi PDI Perjuangan itu.


Yasonna menambahkan, CPNS yang akan mulai bekerja pada awal Januari 2018 tersebut terbagi menurut pelamar tingkat pendidikan Sekolah Menengan Atas berjumlah 14.000 orang, pelamar D3 berjumlah 30 orang, pelamar Dokter Umum berjumlah 33 orang, dan pelamar SI berjumlah 3.458 orang.

Link Cek Daftar Nama Peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi CPNS Kemenkumham tahun 2017 disini

Berikut ini Pengumuman Lulus Hasil Seleksi CPNS Kemenkumham Kanwil Gorontalo Tahun 2017 Formasi Jabatan Penjaga Tahanan