Situs Edukasi | Educational Norjatar

Contoh Anjuran Pemberian Pemerintah Bagi Kkg/Mgmp/Mkks Tahun 2017

Berikut ini (draf) Contoh Proposal Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS Tahun 2017 Fokus Pada Program Penyusunan Soal dan PPK (Pengembangan Pendidikan Karakter)


Kata Pengantar

          Usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan secara terus menerus telah dilakukan oleh pemerintah melalui Dinas Pendidikan, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPMP ). Dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam upaya melakukan kebijakan tersebut, Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan akan Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS Tahun 2017 Fokus Pada Program Penyusunan Soal dan PPK (Pengembangan Pendidikan Karakter)

          Berdasar dari kebijakan tersebut kami telah menciptakan usulan dalam bentuk Proposal untuk aktivitas Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS Tahun 2017 Fokus Pada Program Penyusunan Soal Dan PPK (Pengembangan Pendidikan Karakter), sehingga diperlukan sanggup memperlihatkan sumbangan untuk meningkatkan mutu pendidikan biar sanggup mencapai Standar Nasional Pendidikan.

          Proposal ini berisikan kegiatan-kegiatan pokok agenda Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS Tahun 2017yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2017 dengan mengacu pada kesesuaian agenda peningkatan mutu pendidikan serta kesinambungan pembangunan dimasa yang akan datang.

          Mudah-mudahan proposal ini sanggup diterima dan bermanfaat.

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

          Perubahan paradigma pendidikan di periode globalisasi ini mengharuskan adanya perubahan pola pikir guru. Guru harus mengantisipasi dan mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, reoriantasi pembelajaran dari teaching menjadi learning, legalisasi dan kultur kelas, keterampilan guru dalam menciptakan soal yang bermutu serta pengembangan pendidikan karakter. Perubahan pola pikir guru dalam mengelola dan melakukan dan mengevaluasi proses pembelajaran, menuntut untuk lebih kreatif dan berinovasi dalam melakukan perubahan proses pembelajaran untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan.

          Kelompok Kerja Guru ( KKG )  merupakan suatu wadah asosiasi atau perkumpulan bagi guru di SD ( SD ) yang berada dalam satu Gugus, berfungsi sebagai sarana saling berkomonikasi, berguru dan bertukar pikiran serta pengalaman dalam rangka meningkatkan kinerja guru sebagai praktisi / pelaku perubahan reoriantasi pembelajaran di kelas.

          Sejalan dengan agenda Kementerian Pendidikan dan kebudayaan  yang berupaya meningkatkan kompetensi guru terutama terkait keterampilan guru dalam menciptakan soal yang bermutu serta pengembangan pendidikan karakter dengan menetapkan kebijakan berupa pemberian dana eksklusif ( Block Grant ) kepada KKG / MGMP yang ada di Kota/Kabupaten melalui Ditjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kami sangat mendukung agenda tersebut alasannya yakni Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS sanggup mendukung secara optimal peningkatan kemampuan profesional guru dalam pembelajaran.

Sehubungan dengan adanya isu dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan ihwal adanya Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS pada tahun Anggaran 2017, untuk itu kami mengajukan proposal ini untuk mendapat dukungan dana Block Grant tersebut.


B. Tujuan
          Program pemberian Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS atau Block Grant kepada Kelompok Kerja Guru ( KKG) bertujuan untuk :
          Meningkatkan kompetensi guru melalui banyak sekali aktifitas di KKG terutama dalam kaitanya dengan Pengembangan Soal yang berstandar Nasional (USBN)
          Memberikan Pembekalan Pengembangan Pendidikan Karakter bagi guru-guru
          Memetakan problem pembelajaran yang dihadapi oleh guru sehari-hari dengan saling menyebarkan pengalaman dari contoh praktek yang baik ( Best Practice )


C. Sasaran
          Sasaran agenda revitalisasi melalui Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS atau Block Grant kepada Kelompok Kerja Guru ( KKG) adalah guru-guru yang menjadi anggota kelompok KKG kecamatan ..........  kab...................(Untuk MGMP Mapel ............... Kab...............)


D. Hasil yang diharapkan

          Melalui pemberian dana Block Grant diperlukan hal-hal sebagai berikut :
          Adanya peningktan Kompetensi guru dalam pembuatan soal yang bermutu (USBN untuk MGMP)
          Adanya peningkatan pengetahuan guru ihwal peningkatan Pengembangan Pendidikan Karakter 9ppk0
          Kinerja guru akan meningkat
          Adanya masukan eksklusif terhadap permasalahan dan hambatan yang dihadapi guru dilapangan.

E. Manfaat  
          Block Grant akan menberikan manfaat kepada banyak sekali pihak, antara lain :
1. Bagi Guru            : Dapat meningkatkan kompetensi guru terutama terkait penyusunan soal yang bermutu dan Pengembangan Pendidikan Karakter

2. Bagi Siswa       : Dapat meningkatkan prestasi berguru siswa di sekolah

3. Bagi Sekolah    : Terciptanya guru-guru yang kompeten dan propesional terutama terkait penyusunan soal yang bermutu dan Pengembangan Pendidikan Karakter di SD penerima Gugus KKG Kec......../  di Sekolah Menengah Pertama penerima MGMP mapel ................

4.Bagi Pemerintah : Tersedianya soal Ujian Sekolah (US) / Soal Ujian Sekolah Berstandar Naional yang bermutu.
    


BAB II DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN

Pada tahun 2014 dan 2015, lembaga KKG Guru Kelas Gugus ........ Kecamatan .............   kab/Kota .................. melakukan banyak sekali aktivitas yang mencakup :
        Penyusunan Prota dan Prosem  
        Menyusun Silabus
        Sosialisasi Kurikulum 2013
        Menyusun Rencana Pembelajaran pada semua tingkatan kelas
        Mencari dan membahas banyak sekali metode yang digunakan dalam pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013
        Membuat Kisi-kisi soal
        Melaksanakan Analisis SKL

Dari sejumlah aktivitas yang dilaksanakan di atas, para guru yang menjadi penerima KKG Gugus .......... pertanda kemajuan yang cukup baik. Tingkat pemahaman mereka terhadap materi aktivitas tersebut pertanda peningkatan dari tahun sebelumnya. Sebagai contoh pada tahun 2015 pemahaman mereka ihwal kurikulum 2013 hanya 55 % maka pada tahun 2016 meningkat menjadi 80 %. Disamping itu, para pendidik semakin menyadari akan pentingnya pendidikan dalam pengembangan karir mereka dan tuntutan kiprah mereka di sekolah. Ini artinya Forum ibarat Kelompok kerja Guru ( KKG ) ini mempunyai konstribusi dalam upaya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan juga propesionalisme guru.


BAB III RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN KKG GUGUS ...... KOTA...................  (MGMP MAPEL .............. KAB...........)

A. Jenis Program, Tujuan dan Kegiatan
1. Jenis Program
Program Kegiatan yang akan dilaksanakan yakni Peningkatan Kompetensi guru dalam Penulisan Soal yang bermutu dan Pengembangan Pendidikan Karakter.

2. Tujuan
          Secara umum tujuan Pelaksanaan Program tersebut di atas yakni untuk meningkatkan Kompetensi dan propesionalisme guru dan juga meningkatkan daya kreasi dan penemuan guru dalam aktivitas pembelajaran di kelas. Secara khusus tujuan Pelaksanaan Program adalah:
a.  Meningkatkan Kemampuan guru dalam Penyusunan Soal yang Bermutu
b.  Meningkatkan kemampuan guru dalam memahami Kisi-kisi US (untuk MGMP bedah kisi-kisi USBN)
c.  Meningkatkan kemampuan Guru dalam Penyusunan Soal US / USBN
d. Meningkatkan kemampuan guru dalam Pengembangan Pendidikan Karekater
f.  Meningkatkan kemampuan guru dalam penyusuanan rencana penerapan Pengembangan Pendidikan Karekater di sekolah


3. Kegiatan
a.  Workshop Penyusunan Soal yang Bermutu
b.  Bedah Kisi-kisi US (untuk MGMP bedah kisi-kisi USBN)
c.  Praktek Penyusunan Soal US / USBN
d.  Workshop Pengembangan Pendidikan Karekater
f. Penyusuanan rencana penerapan Pengembangan Pendidikan Karekater di sekolah




B. RENCANA ANGGARAN BIAYA
NO
KEGIATAN/ SUB KEGIATAN

VOLUME
SATUAN
(Rp)
JUMLAH
( Rp)
I
PERSIAPAN
1.Rapat Persiapan
   a. Konsumsi ( 13 Orang x1 aktivitas )    
   b. ATK
2. Transport pengantaran proposal


13 OK
13 OK

1 OK


                    JUMLAH  I                                                                                   500.000,-
II
PELAKSANAAN
1. Nara sumber ( 1 Orang x 10 Kegiatan )
    a. Transport
    b. Honor
2. Peserta ( 10 Orang x 10 Kegiatan )
    a. Transport
    b. Honor
3. Panitia ( 2 Orang x 10 Kegiatan )
    a. Transport
    b. Honor
4. ATK
5. Konsumsi


10 OK
10 OK

100 OK
100 OK

20 OK
20 OK

130 OK
\


               JUMLAH II                                                                            
III
LAPORAN PEMANTAUAN INTERNAL
1. ATK
2. Dekomentasi / Penggandaan
3.Transport Pengantaran Laporan





             JUMLAH  III                                                                           
IV
DESIMININASI / SEMINAR
1. Transport Nara Sumber (1 Orang )
2. Honor Nara Sumber ( 1 Orang )
3. Transport Peserta (30 Orang x 1 Kegiatan )
4. Transport Panitia ( 2 Orangx 1 Kegiatan )
5. Konsumsi ( 33 Orang x 1 Kegiatan )
6. ATK dan Penggandaan Desiminasi

1 OK
1 OK
30 OK
2 OK
33 OK


              JUMLAH    IV                                                                            
              JUMLAH I + II + III + IV                                                        
    
                                               
C. JADWAL KKG KELAS V GUGUS ...................
No
PERTEMUAN /TANGGAL
MATERI
NARA SUMBER
HASIL YANG DIHARAPKAN
1
I

Workshop Penyusunan Soal yang Bermutu


2
II

Bedah Kisi-kisi US (untuk MGMP bedah kisi-kisi USBN)


3
III

Praktek Penyusunan Soal US / USBN


4
IV

Praktek Penyusunan Soal US / USBN


5
V

Praktek Penyusunan Soal US / USBN


6
VI

Praktek Penyusunan Soal US / USBN


7
VII

Workshop Pengembangan Pendidikan Karekater


8
VIII

Penyusuanan rencana penerapan Pengembangan Pendidikan Karekater di sekolah



9
IX

Penyusuanan rencana penerapan Pengembangan Pendidikan Karekater di sekolah





BAB IV PENUTUP

A. KESIMPULAN
          Dari uraian diatas sanggup disimpulkan bahwa :
          KKG Guru Kelas sangat berperan dalam meningkatkan Tenaga Pendidik dan Kependidikan biar mempunyai kompetensi, kualifikasi dan propesionalisme yang standar.
          KKG sanggup menjadi wadah menyebarkan ilmu dan pengalaman sekaligus memetakan banyak sekali problem yang dihadapi dalam proses pembelajaran .
          Hasil pertemuan KKG sanggup menjadi teladan bagi guru dalam melakukan proses pembelajaran di kelas.
          Dana pendukung dalam aktivitas operasional KKG berupa Dana Bantuan Langsung ( Block Grant ) sangat diperlukan oleh sekolah inti sebagai penyelenggara aktivitas maupun SD Imbas sebagai anggota dalam Gugus ..........
          Dengan adanya KKG diperlukan sanggup menumbuhkan daya kreasi dan penemuan guru dalam pembelajaran, sehingga akan berimbas pada peningkatan proses pembelajaran dan pencapaian hasil berguru siswa.

B. SARAN
Agar KKG sanggup berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, tentunya harus didukung oleh banyak sekali pihak.
    Dana Bantuan Langsung ( Block Grant ) biar berkesinambungan dan ditindaklanjuti pada masa-masa yang akan datang.
          Semoga terjalinnya kerjasama yang serasi antara sekolah Inti sebagai penyelenggara dengan sekolah Imbas sebagai anggota Gugus.

============================================





0 comments:

Post a Comment