Situs Edukasi | Educational Norjatar

Situs Edukasi

Situs Edukasi, Situs Belajar, Seputar Pendidikan, Data Pendidikan, Info Guru, Tunjangan Guru, UN, Perangkat Mengajar.

Situs Edukasi

Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.

Situs Edukasi

Situs Edukasi, Situs Belajar, Seputar Pendidikan, Data Pendidikan, Info Guru, Tunjangan Guru, UN, Perangkat Mengajar.

Situs Edukasi

Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.

Situs Edukasi

Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.

Rpp Kelas 1 2 3 4 5 Dan 6 Sd (Mi) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 - 2018

RPP KELAS 1 2 3 4 5 DAN 6 SD (MI) KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 - 2018

RPP Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD (MI) Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 - 2018. Dalam Peraturan  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Nomor 22  Tahun  2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran  (RPP)  adalah  rencana  kegiatan  pembelajaran  tatap  muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran akseptor didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). RPP yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru.

Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis  sebagai  langkah  awal  dari  proses  pembelajaran.  Hal  ini  dimaksudkan  biar pembelajaran  dapat  berlangsung  secara  interaktif,  inspiratif,  menyenangkan, menantang,  dan  efisien  dalam  rangka  mengembangkan  ketrampilan  berpikir  tingkat tinggi. RPP disusun menurut serangkaian KD yang dilaksanakan dalam satu  kali pertemuan  atau  lebih.  Penyusunan  RPP  ini  dilakukan  pada  setiap  awal  semester  atau awal tahun pelajaran, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan.

Pengembangan RPP sanggup dilakukan secara sanggup bangun diatas kaki sendiri atau secara berkelompok melalui Musyawarah  Guru  Mata  Pelajaran  (MGMP)  di  sekolah/madrasah.Sebaiknya  hal ini dikoordinasi,  difasilitasi,  dan  disupervisi  oleh  kepala  sekolah/madrasah  atau  guru senior  yang  ditunjuk  oleh  kepala  sekolah/madrasah.Pengembangan  RPP  yang dilakukan  oleh  guru  secara  berkelompok  melalui  MGMP  antarsekolah  atau antarwilayah  dikoordinasikan  dan disupervisi  oleh  pengawas  atau  Dinas  Pendidikan atau Kantor Kementerian Agama setempat.

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, disebutkan serangkaian prinsip penyusunan RPP yang harus diperhatikan guru dalam menyusun RPP. 

1.  Memperhatikan perbedaan individu akseptor didik
RPP  disusun  dengan  memperhatikan  perbedaan  kemampuan  awal,  tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau  lingkungan  peserta  didik.  Sebagai  contoh  guru  menggunakan  secara bergantian penayangan video klip, poster, kegiatan fisik, dramatisasi atau bermain tugas sebagai teknik pembelajaran  alasannya ialah gaya mencar ilmu setiap siswa berbeda-beda.

2.  Berpusat pada akseptor didik
Guru  yang  menerapkan  pembelajaran  yang  berpusat  pada  peserta  didik  pertama-tama  memperlakukan  siswa  sebagai  subyek  didik  atau  pembelajar. Dilihat  dari udut pandang akseptor didik, guru bukanlah seorang intruktur, pawang, komandan, atau  birokrat.  Guru  bertindak  sebagai  pembimbing,  pendamping,  fasilitator, sahabat, atau  abang/kakak bagi  peserta  didik  terutama    dalam  mencapai  tujuan pembelajaran  yakni  kompetensi  peserta  didik.    Oleh  karena  itu  guru  seyogyanya merancang  proses  pembelajaran  yang  mampu  mendorong,  memotivasi, menumbuhkan  minat  dan kreativitas  peserta  didik. Hak  ini  dapat  berjalan  kalau seorang guru mengenal secara pribadi siapa (saja) siswanya, apa mimpi-mimpinya, apa kegelisahannya, passion-nya, dan sebagainya. 

3.  Berbasis konteks
Pembelajaran  berbasis  konteks  dapat  terwujud  apabila  guru  bisa mengidentifikasi dan memanfaatkan aneka macam sumber mencar ilmu lokal (setempat), guru mengenal  situasi  dan  kondisi  sosial  ekonomi  peserta  didik,  mengenal  dan mengedepankan budaya  atau  nilai-nilai  kearifan  lokal, tanpa  kehilangan  wawasan global.  Sebagai  contoh  nilai  gotong  royong  di  Jawa  atau  pela  gandong  di  Maluku dapat  dijadikan    inspirasi  mengembangkan  proses dan  kegiatan  pembelajaran.  Pembelajaran juga  sanggup dimulai  dari  apa  yang  sudah  diketahui  oleh  peserta  didik sesuai dengan konteksnya dan gres pada konteks yang lebih luas.

4.  Berorientasi kekinian
Ini  adalah  pembelajaran  yang  berorientasi  pada  perkembangan ilmu  pengetahuan dan teknologi dan nilai-nilai kehidupan masa kini.Guru  yang berorientasi kekinian ialah guru yang “gaul”, tidak “gaptek”, “melek informasi”, bahkan  sebaiknya well  informed,    selalu  meng-update dan  meng-up  grade ilmu  pengetahuan  yang menjadi  bidangnya,  termasuk  teori-teori  dan  praktik  baik  di  bidang pendidikan/pembelajaran.  Dengan  demikian  rancangan  pembelajaran  yang dikembangkan  guru  dapat  menjadi  inspirasi  bagi  siswa  dana  abagi  guru-uru  yang lain. 

5.  Mengembangkan kemandirian belajar
Guru yang menyebarkan kemandirian mencar ilmu (siswa) selalu akan berusaha biar pada karenanya siswa berani mengemukakan pendapat atau inisiatif dengan penuh percaya diri. Di samping itu guru tersebut juga selalu mendorong keberanian siswa untuk memilih tujuan-tujuan belajarnya, mengeksplorasi hal-hal yang ingin diketahui, memanfaatkan aneka macam sumber belajar, dan bisa menjalin kerja sama, berkolaborasi dengan siapa pun. Idealnya semuau ini tercermin dalam planning kegiatan pembelajaran siswa.

6.  Memberi umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
RPP  memuat  rancangan  program  pemberian  umpan  balik  positif,  penguatan, pengayaan, dan remedi.

7.  Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/ atau antarmuatan
RPP  disusun  dengan  memperhatikan  keterkaitan  dan  keterpaduan  antara  KI,  KD, indikator  pencapaian  kompetensi,  tujuan  pembelajaran,  materi  pembelajaran, kegiatan  pembelajaran,  penilaian,  dan  sumber  belajar  dalam  satu  keutuhan pengalaman  belajar.RPP disusun  dengan  mengakomodasi pembelajaran  tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

8.  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
Kegiatan  pembelajaran  dalam RPP  disusun  dengan  mempertimbangkan  penerapan teknologi  informasi  dan  komunikasi  secara  terintegrasi,  sistematis,  dan  efektif sesuai  dengan  situasi  dan  kondisi. Sebagai  contoh  ketika  guru  menugasi  siswa mengeksplorasi  sumber-sumber  pengetahuan  lewat  internet,  guru  harus  bisa menunjukkan  kepada  siswa  alamat  situs-situs  web  atau  tautan  (link)  yang mengarahkan siswa pada sumber yang jelas, benar, dan bertanggungjawab.

Komponen  dan  sistematika  RPP  berikut  mengacu  pada Peraturan  Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah  dan  Permendikbud  Nomor  103  Tahun  2014  Tentang  Pembelajaran  Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

1.  Komponen RPP
a.  identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b.  identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c.  kelas/semester;
d.  materi pokok;
e. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban mencar ilmu dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
f.  tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g.  kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i.  metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran biar akseptor didik mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik akseptor didik dan KD yang akan dicapai;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan materi pelajaran;
k.  sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber mencar ilmu lain yang relevan;
l. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m.  evaluasi hasil pembelajaran.

Untuk membantu guru-guru SD yang sedang menyusun RPP Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD Berdasarkan Kurikulum 2013 edisi revisi 2017- 2018, Berikut ini admin sharekan link download RPP Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 - 2018. Semoga bermanfaat dan sanggup memberi kemudahan bagi guru, terutama sebagai materi rujukan ketika menciptakan RPP untuk diterapkan di sekolah masing-masing.

RPP KELAS 1 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 - 2018 SEMESTER 1
RPP KELAS 1 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 2 TEMA 1 :
UNDUH RPP LENGKAP TEMA 1 2, 3 DAN 4


RPP KELAS 1 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 - 2018 SEMESTER 2
RPP KELAS 1 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 2 TEMA 5 :
Unduh RPP Subtema1
Unduh RPP Subtema 2
Unduh RPP Subtema 3
Unduh RPP Subtema 4


RPP KELAS 1 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 - 2018 SEMESTER 2 TEMA 6 :
Unduh RPP Subtema 1
Unduh RPP Subtema 2
Unduh RPP Subtema 3
Unduh RPP Subtema 4

RPP KELAS 1 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 2 TEMA 7 :
Unduh RPP Subtema 1
Unduh RPP Subtema 2
Unduh RPP Subtema 3
Unduh RPP Subtema 4

RPP KELAS 1 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 2  TEMA 8 :
Unduh RPP Subtema 1
Unduh RPP Subtema 2
Unduh RPP Subtema 3
Unduh RPP Subtema 4


RPP KELAS 2 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 1
RPP KELAS 2 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 1 TEMA 1 TEMA 2 TEMA 3 DAN TEMA 4
UNDUH FILE LENGAKAP RPP KELAS 2  TEMA 1 TEMA 2 TEMA 3 DAN TEMA 4

RPP KELAS 2 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 2 TEMA 5 :
Unduh RPP Subtema 1
Unduh RPP Subtema 2
Unduh RPP Subtema 3
Unduh RPP Subtema 4

RPP KELAS 2 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 2 TEMA 6 :
Unduh RPP Subtema 1
Unduh RPP Subtema 2
Unduh RPP Subtema 3
Unduh RPP Subtema 4

RPP KELAS 2 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 2 TEMA 7 :
Unduh RPP Subtema 1
Unduh RPP Subtema 2
Unduh RPP Subtema 3
Unduh RPP Subtema 4


RPP KELAS 2 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 – 2018 SEMESTER 2 TEMA 8 :
Unduh RPP Subtema 1
Unduh RPP Subtema 2
Unduh RPP Subtema 3
Unduh RPP Subtema 4

RPP KELAS 3 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 1
UNDUH RPP KELAS 3 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 1 TEMA 1 :
UNDUH RPP KELAS 3 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 1 TEMA 2 :
UNDUH RPP KELAS 3 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 1 TEMA 3 :
UNDUH RPP KELAS 3 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 1 TEMA 4 :
UNDUH RPP KELAS 3 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 1 TEMA 5 :
RPP KELAS 3 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 2
UNDUH RPP KELAS 3 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 2 TEMA 6 :
UNDUH RPP KELAS 3 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 2 TEMA 7 :
UNDUH RPP KELAS 3 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 2 TEMA 8 :
UNDUH RPP KELAS 3 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 2 TEMA 9 :

RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 -2018 
RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 -2018 SEMESTER 1
UNDUH RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 - 2018 TEMA 1 :
UNDUH RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 - 2018 TEMA 2 :
UNDUH RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 - 2018 TEMA 3 :
UNDUH RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 - 2018 TEMA 4 :
UNDUH RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 - 2018 TEMA 5 :


RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 SEMESTER 2
RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 - 2018 TEMA 6 :
Unduh RPP Subtema 1
Unduh RPP Subtema 2
Unduh RPP Subtema 3
Unduh RPP Subtema 4

RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 - 2018 TEMA 7 :
Unduh RPP Subtema 1
Unduh RPP Subtema 2
Unduh RPP Subtema 3
Unduh RPP Subtema 4


RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 - 2018 TEMA 8 :
Unduh RPP Subtema 1
Unduh RPP Subtema 2
Unduh RPP Subtema 3
Unduh RPP Subtema 4


RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 - 2018 TEMA 9 :
Unduh RPP Subtema 1
Unduh RPP Subtema 2
Unduh RPP Subtema 3
Unduh RPP Subtema 4


RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2017
RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2017  TEMA 1 :
Unduh RPP Subtema 1

Unduh RPP Subtema 2
Unduh RPP Subtema 3

RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2017  TEMA 2 :
Unduh RPP Subtema 1

Unduh RPP Subtema 2
Unduh RPP Subtema 3


RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2017  TEMA 3 :
Unduh RPP Subtema 1

Unduh RPP Subtema 2

Unduh RPP Subtema 3

RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2017  TEMA 4 :
Unduh RPP Subtema 1

Unduh RPP Subtema 2

Unduh RPP Subtema 3


RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2017  TEMA 5 :
Unduh RPP Subtema 1

Unduh RPP Subtema 2

Unduh RPP Subtema 3

Unduh RPP Subtema 4

RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2017  TEMA 6 :
Unduh RPP Subtema 1

Unduh RPP Subtema 2

Unduh RPP Subtema 3

Unduh RPP Subtema 4

RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2017  TEMA 7 :
Unduh RPP Subtema 1
RPP Ke  1
RPP Ke  2
RPP Ke  3
RPP Ke  4
RPP Ke  5
RPP Ke  6

Unduh RPP Subtema 2

Unduh RPP Subtema 3

RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2017  TEMA 8 :
Unduh RPP Subtema 1

Unduh RPP Subtema 2

Unduh RPP Subtema 3

RPP KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2017  TEMA 9 :
Unduh RPP Subtema 1

Unduh RPP Subtema 2

Unduh RPP Subtema 3


RPP KELAS 6 KURIKULUM 2013 REVISI 2017
RPP KELAS 6 KURIKULUM 2013 REVISI 2017  TEMA 1 :
RPP KELAS 6 KURIKULUM 2013 REVISI 2017  TEMA 2 :
RPP KELAS 6 KURIKULUM 2013 REVISI 2017  TEMA 3 :
RPP KELAS 6 KURIKULUM 2013 REVISI 2017  TEMA 4 :
RPP KELAS 6 KURIKULUM 2013 REVISI 2017  TEMA 5 :
RPP KELAS 6 KURIKULUM 2013 REVISI 2017  TEMA 6 :
RPP KELAS 6 KURIKULUM 2013 REVISI 2017  TEMA 7 :
RPP KELAS 6 KURIKULUM 2013 REVISI 2017  TEMA 8 :
RPP KELAS 6 KURIKULUM 2013 REVISI 2017  TEMA 9 :

Demikian informasi perihal RPP Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semoga bermanfaat dan sanggup memberi kemudahan bagi guru, terutama sebagai materi rujukan ketika menciptakan RPP untuk diterapkan di sekolah masing-masing.

RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018, RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018, RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018, RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018, RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 edisi revisi 2018

=======================================================






Persyaratan Calon Akseptor Bidikmisi Tahun 2018 (Tahun Akademik 2018/2019)

Persyaratan Calon Penerima BIDIKMISI Tahun 2018 (Tahun Akademik 2018/2019)

Apa Bidikmisi dan Persyaratan Calon Penerima BIDIKMISI Tahun 2018 (Tahun Akademik 2018/2019). Bidkmisi adalah sarana melanjutkan studi atau pendidikan ke Perguruan Tinggi yang pembiayaannya ditanggung oleh pemerintah. Dengan kata lain Bidikmisi yaitu Program sumbangan kuliah bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu. Salah satu ciri keluarga yang kurang bisa di Indonesia yaitu mereka yang memperoleh Kartu Indonesia Pintar (KIP).


Bagi kau yang kebetulan masih masuk golongan kurang bisa ayo mamfaatkan sumbangan pemerintah dalam bentuk kegiatan Bidikmisi. Untuk lengkapnya berikut ini Persyaratan Calon Penerima BIDIKMISI Tahun 2018 (Tahun Akademik 2018/2019). Persyaratan tersebut harus dilengkapi dengan berkas-berkas atau bukti fisik yang diminat. Untuk lebih jelasnya simak klarifikasi berikut ini:

Persyaratan untuk mendaftar tahun 2018 (Tahun Akademik 2018/2019)adalah sebagai berikut:
1. Siswa SMA/SMK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2018;
2. Lulusan tahun 2018 yang bukan akseptor Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa gres di masing-masing perguruan tinggi;
3. Usia paling tinggi pada ketika mendaftar yaitu 21 tahun;
4. Tidak bisa secara ekonomi dengan kriteria:
a. Siswa akseptor Beasiswa Siswa Miskin (BSM);
b. Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya ;
c. Pendapatan kotor adonan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 per bulan. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan yang dimaksud yaitu rata-rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir; dan atau
d. Pendapatan kotor adonan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya;
5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
6. Berpotensi akademik baik menurut rekomendasi kepala sekolah.
7. Pendaftar difasilitasi untuk menentukan salah satu diantara kegiatan studi dengan seleksi masuk mandiri.
8. Diperuntukkan bagi orangtua NON PNS

Berkas yang harus dikirim meliputi:
a. Berkas yang dilengkapi oleh calon yang akan lulus tahun 2018:
1) Formulir registrasi yang telah diisi oleh calon yang bersangkutan yang dilengkapi dengan pasfoto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 3 (tiga) lembar;
 2) Fotokopi Kartu Tanda Siswa (KTS) atau yang homogen sebagai bukti siswa aktif;
3) Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 5 (lima) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
4) Surat keterangan perihal peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah;
5) Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang sanggup dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/instansi daerah orang renta bekerja/tokoh masyarakat;
6) Fotokopi Kartu Keluarga;
7) Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia fatwa listrik/Surat keterangan kapasitas daya listrik bagi yang menggunakan listrik pulsa).

b. Berkas yang dilengkapi oleh calon yang lulus tahun 2017:
1) Formulir registrasi yang telah diisi oleh calon yang bersangkutan (butir 5.a) yang dilengkapi dengan pasfoto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 3 (tiga) lembar;
2) Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
3) Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
4) Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
5) Fotokopi nilai ujian simpulan nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
6) Surat keterangan perihal prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah;
7) Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang sanggup dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala desa/Kepala dusun/Instansi daerah orang renta bekerja/tokoh masyarakat;
 8) Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan perihal susunan keluarga;
9) Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia fatwa listrik/Surat keterangan kapasitas daya listrik bagi yang menggunakan listrik pulsa).


Demikian isu perihal Persyaratan Calon Penerima BIDIKMISI Tahun 2018 (Tahun Akademik 2018/2019), semoga bermanfaat. Selamat menempuh studi. Ayo kejar cita-citamu, dengan perjuangan dan berlindungan kepada Allah SWT niscaya anda akan berhasil.




Kumpulan Pola Soal Otomotif Smk # Dkk - 7 – K3lh Kelas 10

Sahabat pembaca yang baik hati, dan semoga dalam keadaan sehat, kali ini penulis ingin sharing goresan pena yang berjudul “ Kumpulan Contoh Soal otomotif Sekolah Menengah kejuruan # DKK - 7 – K3LH kelas 10” .untuk lebih lanjutnya sebagai berikut :

Mata Diklat                         : DKK - 7 - Menerapkan mekanisme keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan kawasan kerja
Bidang keahlian                   : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian                : Teknik Otomotif
Kompetensi  keahlian         : Teknik Sepeda Motor
Kelas                                    : X ( Sepuluh )
Jenis Soal                             : Essay
Jenis ujian                           : Ujian MID Semester
Tanggal                                 : ………………………………………………
Nama Siswa                        :

JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN SINGKAT TEPAT DAN JELAS!

1.         Sebutkan hal – hal yang perludilaksanakan berdasarkan ILO  ( International Labour Organization) untuk menanggulangi kecelakaan ditempat kerja?
2.         Apa yang anda ketahui wacana ergonomi ?
3.         Jelaskan pengertian wacana ancaman yang bersifat :
a.    Umum
b.    Khusus
4.         Jelaskan proses cara memasang alarm pencurian !
5.         Jelaskan wacana ancaman dari lingkungan teknis dan lingkungan non teknis  !
6.         Jelaskan pengertian tentang:
a.         Keamanan,
b.        Kesehatan, dan
c.         Keselamatan kerja,
7.         Apa kewajiban pemimpin perusahaan terhadap tenaga kerja yang gres bekerja?
8.         Apa hak dan kewajiban tenaga kerja ?
**********************Selamat mengerjakan*************************

Sampai disini dulu wacana soal Essay K3LH, Semoga bermanfaat dan sanggup dipakai sebagai acuan , baca juga kumpulan soal otomotif teknik sepeda motor di pelajaran yang berbeda.yang ada di website ini, atau anda juga sanggup mencarai artikel yang anda cari di kotak pencarian blog ini.
silahkan di like dan share bila anda merasa ini membantu dan semoga sanggup dijadikan penulis untuk menciptakan artikel yang serupa.