Situs Edukasi | Educational Norjatar

Situs Edukasi

Situs Edukasi, Situs Belajar, Seputar Pendidikan, Data Pendidikan, Info Guru, Tunjangan Guru, UN, Perangkat Mengajar.

Situs Edukasi

Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.

Situs Edukasi

Situs Edukasi, Situs Belajar, Seputar Pendidikan, Data Pendidikan, Info Guru, Tunjangan Guru, UN, Perangkat Mengajar.

Situs Edukasi

Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.

Situs Edukasi

Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.

Lomba Gebyar Tik Jambi 2017 Yang Aku Ikuti Lengkap Dengan Materi Lomba Media Dan Video Persentasinya

Dalam rangka berusaha mencerdaskan anak bangsa, dan dalam rangka selelu berinovasi memperlihatkan yang terbaik dalam hidup ini supaya jadi orang yang bermanfaat dan dikenang dalam kebaikan, serta berharap jadi orang orang yang beruntung di dunia dan akhirat, maka dalam kesempatan lomba " Gebyar TIK jambi 2017 " ini aku ikut sebuah lomba pada cabang pembuatan media persentasi, yang diikuti oleh perwakilan seluruh kabupaten di kawasan jambi, dimana ada 11 penerima yang terpilih, dan terdiri dari 9 kabupaten kota dan 2 kota yaitu kota jambi dan kota sungai penuh, aku sendiri berasal dari kabupaten Tebo.

Inilah screenshoot bukti aku mengikuti lomba gebyar TIK Jambi 2017
Dari link resmi

sebelumnya mungkin inilah sekilas ihwal gebyar tik jambi 2017 sebagai berikut :

Gebyar TIK Jambi Tahun 2017 diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada Guru SD/SMP/SMA/SMK/PKLK yang berdedikasi memajukan pendidikan di Provinsi Jambi dengan berbagi dan memanfaatkan TIK untuk pendidikan.

Keberhasilan penyelenggaraan Gebyar TIK Jambi Tahun 2017 ini merupakan tanggung jawab dari semua unsur yang berperan termasuk Peserta yang mengikuti kegiatan ini, bahan kegiatan, serta banyak sekali program/kegiatan dan warta yang berkenaan dengan Gebyar TIK Jambi Tahun 2017. Panduan Gebyar TIK Jambi Tahun 2017 memuat banyak sekali hal yang berkaitan dengan Petunjuk Kegiatan, dilengkapi jadwal kegiatan dan Petunjuk Tekhnis Kegiatan. Pedoman ini diperlukan sanggup dipakai bagi semua pihak sehingga sanggup berkontribusi secara maksimal sesuai dengan tugas masing-masing. Kami sangat menghargai dan memberikan penghargaan yang tinggi atas kerjasama dan tugas serta aktif dari banyak sekali pihak dalam penyelenggaraan Gebyar TIK Jambi tahun 2017 ini untuk mendukung terwujudnya tujuan dan hasil yang diharapkan.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran                  :     Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI)
Kelas/Semester                 :     X/2 (dua)
Pertemuan ke-                   :     1 (satu)
Alokasi waktu                    :      3 x 45 menit
Standar Kompetensi        :     Mengoperasikan Sistem Operasi Software
Kompetensi Dasar            :     Mengoperasikan software presentasi
Indikator                              :     1.   Fungsi software presentasi dijelaskan dengan  benar
                                                   2.   software presentasi dijalankan melalui perintah start sajian dan shortcut atau icon
                                                   3.   Berbagai software presentasi dioperasikan sesuai dengan SOP
                                                   4.   Perintah-perintah pengelolaan file presentasi, menyerupai menciptakan baru, membuka, menyimpan, menyimpan dengan nama lain diaplikasikan sesuai SOP
                                                   5.   File Presentasi disimpan memakai banyak sekali format antara lain: ppt, pps, html, odp, sxi      
                                                  

I.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa mengetahui dan memahami  fungsi software presentasi
  2. Siswa sanggup menjalankan file presentasi
  3. Siswa memahami dan sanggup mengaplikasikan perintah-perintah pengelolaan file
  4. Siswa sanggup menyimpan file presentasi dengan banyak sekali format

II.   Materi Ajar
1.    Pengenalan software apilkasi dan menu-menu software presentasi
  1. Membuat, membuka, menyimpan file presentasi.

III. Metode Pembelajaran
  1. Ceramah
  2. Diskusi dan Tanya jawab
  3. Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan awal
1.    Berdo’a
2.    Mencek kehadiran siswa
B. Kegiatan Inti
1.    Eksplorasi:
-Apersepsi bahan pertemuan sebelumnya.
2.    Elaborasi:
-Menjelaskan dan menunjukan  menu-menu software presentasi
-Menjelaskan dan mempraktekan membuat, membuka, menyimpan file presentasi.
3.    Konfirmasi:
-Memberikan bimbingan kepada siswa yang menemui kesulitan dalam membuat, membuka dan menyimpan file presentasi
-Memberikan pendalaman kemampuan kepada siswa yang memiliki kecepatan dalam mendapatkan materi, biar sanggup membantu teman-temannya yang belum memahami.
C. Kegiatan Akhir
Menyimpulkan hal-hal penting yang harus dipahami oleh siswa mengenai menu-menu software presentasi

V.  Alat/Bahan/Sumber Belajar
- Alat/Bahan                    : 1. Komputer
                                                  2. Infocus
                                                  3. White board
                                                  4. Spidol
                                                  5. Software Microsoft Power Point
                                             6. video pembelajaran
      - Sumber belajar                :  Modul Pembelajaran KKPI, CD Ilmu Komputer,  Majalah-majalah computer, video pembelajaran

VI. Penilaian                         :
  1. Test tertulis,
  2. Soal Praktek.
  3. Observasi praktek


Rimbo Bujang, 25 Juli 2017


 Mengetahui                                                
 Kepala Sekolah Menengah kejuruan S TUNAS HARAPAN                  Guru Mata Diklat KKPI



  Drs. SUWONDO, MM                                    Ahmad Chumaidi, S.T, M.Kom  
 
Diatas ialah RPP yang aku buat dan diikutkan dalam lomba gebyar TIK Jambi 2017, walaupun masih banyak kekurangan dan kelemahan, tapi insyaalloh aku akan tetap berusaha memperbaiki suatu ketika nanti, dan semoga akan menjadi lebih baik.

Dan dibawah ini ialah video pembelajaran yang telah aku gunakan dan aku buat sebagai media pendukung persentasi
Video pembukaan persentasi, yang diminta, yaitu gebyar tik jambi 2017






untuk video dibawah ini silahkan lanjutkan ke ke artikel selanjutnya sesudah ini

Video klarifikasi Home

Video Penjelasan Insert

Video Penjelasan slideshow

Video klarifikasi view

Video klarifikasi review


Video penggunaan media persentasi

Seleksi Sdm Pkh 2017


Kementerian Sosial  Republik Indonesia membuka kesepatan kepada Warga Negara Indonesia Pria dan perempuan yang mempunyai integritas dan janji tinggi untuk menjadi Koordinator Regional, Koordinator Wilayah,  Koordinator Kabupaten/Kota, Pekerja Sosial Supervisor, Pendamping Sosial, Asisten Pendamping Sosial, dan Administrator Database PKH

Posisi yang akan diisi melalui seleksi online Rekrutmen SDM Calon Pelaksana Program  Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2017, ialah sebagai berikut:
1. Pekerja Sosial Supervisor  Kuota sebanyak 877 orang
2. Pendamping Sosial  Kuota sebanyak 12.214 orang
3. Pendamping Sosial PKH Akses  Kuota sebanyak 2.013 orang
4. Asisten Pendamping Sosial Kuota sebanyak 172 orang 
5. Administrator Database Provinsi/Kabupaten/Kota Kuota sebanyak  607 orang
6. Koordinator Regional Kuota sebanyak 7 orang
7. Koordinator Wilayah Kuota sebanyak 9 orang
8. Koordinator Kabupaten/Kota Kuota sebanyak 193 orang

Persyaratan Umum seleksi online Rekrutmen SDM Calon Pelaksana Program  Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2017 dan Rekrutmen  Calon Pendamping Program  Keluarga Harapan (Pkh)  Tahun 2017

1.   Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI;
2.   Siap dan bersedia  bekerja purna waktu ( full time );
3.  Tidak berkedudukan sebagai pengurus,  anggota, dan atau bekerjasama Partai Politik (mengisi formulir pernyataan yang telah disediakan);
4.   Tidak pernah dan atau sedang te rsangkut kasus aturan baik pidana maupun perdata, dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
5.  Memiliki pendidikan sesuai prasyarat jabatan yang dibuktikan dengan ijasah terlegalisir;
6.   Usia miminal 19 (Sembilan belas) tahun maksimal 45 (empat puluh lima) tahun pada bulan Oktober 2017;
7.   Bebas dari narkoba dan  zat adiktif lainnya;
8.   Sehat jasmani dan rohani;
9.   Tidak terikat kontrak kerja dengan pihak lain;
10. Bersedia menandatangani Pakta Integritas apabila terpilih;
11. Mengikuti seluruh tahapan seleksi.

Persyaratan Khusus seleksi online Rekrutmen SDM Calon Pelaksana Program  Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2017 dan Rekrutmen  Calon Pendamping Program  Keluarga Harapan (Pkh)  Tahun 2017

1. Pekerja Sosial Supervisor  Kuota sebanyak 877 orang
a.   Minimal D.IV/S1 Ilmu Kesejahteraan Sosial/Pekerja Sosial
b.  Diutamakan pengalaman menjadi pendamping sosial PKH dengan latar belakang pendidikan D.IV/S1 Ilmu Kesejahteraan Sosial / Pekerja Sosial
c.  Mempunyai pengalaman praktek pekerjaan sosial
d.  Menguasai MS Office e.   Usia maksimum 45 tahun
e. Berkedudukan di Kab/Kota setempat

2. Pendamping Sosial  Kuota sebanyak 12.214 orang
a. Pendidikan D.III/ D.IV/Sarjana Pekerjaan Sosial/Kesejahteraan Sosial/Sarjana di bidang ilmu-ilmu sosial terapan, diutamakan mengikuti training dan/atau pengalaman praktek di bidang pendampingan sosial/fasilitator pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi sosial, pertolongan sosial, jaminan sosial, dan aktivitas penanggulangan kemiskinan lainnya;
b. Diutamakan bertempat tinggal di wilayah kecamatan lokasi pelaksanaan PKH (sesuai alamat tinggal/domisili ketika ini);
c.  Menguasai MS Office.
d.  Usia maksimum 35 tahun
e. Berkedudukan di Kecamatan setempat 


3. Pendamping Sosial PKH Akses  Kuota sebanyak 2.013 orang
a.  Pendidikan minimal tingkat SMA, diutamakan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Pekerjaan Sosial (SMKPS), diutamakan yang pernah mengikuti training dan/atau pengalaman praktek pekerjaan sosial di banyak sekali bidang pelayanan kesejahteraan sosial dan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) minimal 1 (satu) tahun ;
b.  Diutamakan bertempat tinggal di wilayah kecamatan lokasi pelaksanaan PKH (sesuai alamat tinggal/domisili ketika ini);
c.  Mampu berkomunikasi dengan masyarakat kampung secara baik dan memahami karakteritik masyarakat serta budpekerti istiadat setempat;
d.   Bersedia ditempatkan di distrik-distrik yang jauh dari ibukota kabupaten.
e.   Usia maksimum 45 tahun


4. Asisten Pendamping Sosial Kuota sebanyak 172 orang 
a.  Pengalaman Kerja sebagai Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) minimal 1 (satu) tahun dan mempunyai pendidikan minimal SMA/Sederajat;
b.  Diutamakan bertempat tinggal di wilayah kecamatan lokasi pelaksanaan PKH (sesuai alamat tinggal/domisili ketika ini);
c.  Mampu berkomunikasi dengan masyarakat kampung secara baik dan memahami karakteritik masyarakat serta budpekerti istiadat setempat;
d.   Usia maksimum 45 tahun


5. Administrator Database Provinsi/Kabupaten/Kota Kuota sebanyak  607 orang
a.  Pendidikan Diploma/Sarjana di bidang Ilmu Komputer/ Informatika/Statistika dan rumpun ilmu Sains dan Teknologi diutamakan yang pernah mengikuti training dan/atau pengalaman praktek di bidang komputer/ pengolahan data dan internet;
b.  Diutamakan bertempat tinggal di wilayah kecamatan di kabupaten/kota lokasi pelaksanaan PKH (sesuai alamat tinggal/domisili ketika ini);
c.   Usia maksimum 35 tahun.

6. Koordinator Regional Kuota sebanyak 7 orang
a.  Memiliki pengalaman kerja sebagai Koordinator Wilayah PKH minimal 2 tahun;
b.  Memiliki pengalaman kerja sebagai Koordinator Kab/Kota PKH minimal 4 tahun;
c.  Memiliki pengalaman kerja sebagai Operator PKH Provinsi/ Kab/Kota minimal 5 tahun;
d.  Memiliki hasil cevaluasi kinerja baik dan mendapat rekomendasi dari Dinas/Instansi Sosial Provinsi; 
e.  Membuat surat pernyataan:
1)  Bersedia mengikuti proses seleksi Koordinator Regional yang diadakan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga;
2)  Bersedia ditempatkan di seluruh regional;
3)  Bersedia bekerja penuh waktu dan tidak terikat pekerjaan dengan pihak lain
f.   Berdomisili di lokasi yang membutuhkan Koordinator Regional


7. Koordinator Wilayah Kuota sebanyak 9 orang

a.  Memiliki pengalaman kerja sebagai Koordinator kabupaten/Kota minimal selama 2 tahun.
b.  Memiliki pengalaman kerja sebagai Pendamping Sosial minimal selama 5 tahun.
c.  Memiliki pengalaman kerja sebagai Operator PKH minimal selama 5 tahun. d.  Membuat surat pernyataan:
1)  Bersedia mengikuti proses seleksi Koordinator Wilayah yang diadakan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga
2)  Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah yang dibutuhkan;
3)  Bersedia bekerja penuh waktu dan tidak terikat pekerjaan dengan pihak lain;
e. Memiliki hasil penilaian kinerja baik dan mendapat rekomendasi dari Dinas/Instansi Sosial Provinsi dan Koordinator Wilayahi;
f.  Berdomisili di wilayah kerja Koordinator Wilayah yang dibutuhkan

8. Koordinator Kabupaten/Kota Kuota sebanyak 193 orang

a.  Memiliki pengalaman kerja sebagai Pendamping Sosial minimal selama 5 tahun.
b.  Memiliki pengalaman kerja sebagai Operator minimal selama 5 tahun.
c.  Berkinerja baik menurut penilaian kinerja Dinas Sosial Kabupaten/Kota dan belum pernah mendapat Surat Peringatan (SP) dalam 4 (empat) bulan terakhir.
d.  Membuat surat pernyataan:
1)  Bersedia mengikuti proses seleksi Koordinator Kabupaten / kota yang diadakan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga
2)  Bersedia bekerja penuh waktu dan tidak terikat pekerjaan dengan pihak lain
e.  Mendapatkan rekomendasi dari Dinas Sosial Kabupaten/Kota.
f.  Berdomisili di kabupaten/Kota yang dibutuhkan.


Tata Cara Pendaftaran seleksi online Rekrutmen SDM Calon Pelaksana Program  Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2017 dan Rekrutmen  Calon Pendamping Program  Keluarga Harapan (Pkh)  Tahun 2017
1.  Pendaftaran online  dibuka pada tanggal 9 Oktober  2017 pukul 00.00 WIB dan ditutup pada tanggal 18 Oktober 2017 pukul 23.59 WIB.
2.   Pendaftaran sanggup dilakukan melalui  aplikasi berbasis android dengan nama Seleksi SDM PKH 2017  yang sanggup diunduh di  google play store .
3.   Pelamar melaksanakan login pada ap likasi “Seleksi SDM PKH 2017” dengan memakai NIK.
4.   Pelamar mengisi form pendaftaran  secara lengkap yang terdiri dari:
a.  Data domisili
b.   Data pendidikan terakhir
c.   Data pengalaman kerja 
d.   Data sertifikat (bila ada)
e.   Data penghargaan (bila ada)
5.  Pelamar mengunggah:
a.   Foto KTP orisinil dan atau surat keterangan domisili.
b.   Foto ijazah orisinil terakhir.

Tahapan seleksi online Rekrutmen SDM Calon Pelaksana Program  Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2017 dan Rekrutmen  Calon Pendamping Program  Keluarga Harapan (Pkh)  Tahun 2017
1.  Seleksi Administrasi
Seleksi manajemen ialah seleksi yang dilakukan menurut hasil verifikasi dokumen pelamar yang telah diunggah.  
2.   Seleksi Kompetensi Bidang 
a.  Seleksi Kompetensi Bi dang bagi Pekerja Sosial Supervisor, Pendamping Sosial, dan Asisten Pendamping Sosial memakai metode tes tertulis.
b. Seleksi Kompetensi Bidang bagi Administrator Database  memakai metode tes tertulis dan praktek komputer yang akan dilaksanakan di lokasi sesuai kebutuhan PKH  Tahun 2017 dengan  waktu dan daerah pelaksanaannya akan diinformasikan kemudian. Seluruh akseptor seleksi wajib membawa  papan jalan dan pinsil 2B, khusus bagi Administrator Database & Administrator SPM diwajibkan juga membawa laptop ketika pelaksanaan seleksi.

Ketentuan Kelulusan seleksi online Rekrutmen SDM Calon Pelaksana Program  Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2017 dan Rekrutmen  Calon Pendamping Program  Keluarga Harapan (Pkh)  Tahun 2017
a.  Seleksi Administrasi Ketentuan seleksi manajemen dilakukan menurut hasil verifikasi dokumen.
b.   Seleksi Kompetensi Bidang Pelamar dinyatakan lulus kompetensi bidang kalau memenuhi syarat minimal kelulusan kompetensi bidang.

Pengumuman Kelulusan
1.   Pengumuman hasil seleksi manajemen SDM Pelaksana PKH Tahun 2017 akan diinformasikan melalui surel  dan notifikasi kepada masing-masing pelamar yang dinyatakan lulus.

2.   Peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi  Administrasi akan dipanggil mengikuti tahap selanjutnya untuk mengikuti  Seleksi Kompetensi Bidang  dengan menawarkan bukti kelulusan berupa email dan notifikasi dan membawa seluruh berkas yang diunggah. 

3.   Peserta yang dinyatakan lulus seleksi  kompetensi bidang akan diinformasikan melalui surel dan notifikasi.


Jadwal Kegiatan seleksi online Rekrutmen SDM Calon Pelaksana Program  Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2017 dan Rekrutmen  Calon Pendamping Program  Keluarga Harapan (Pkh)  Tahun 2017
1.  Pengumuman Lowongan Kerja  7 s.d 18 Oktober 2017 
2.  Pendaftaran Online  9 s.d 18 Oktober 2017 
3.  Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi  30 Oktober 2017 
4.  Seleksi Kompetensi Bidang  12 s.d 15 November 2017 
5.  Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Bidang  1 Desember 2017

Catatan:
Jadwal sewaktu-waktu sanggup berubah dan akan diumumkan eksklusif disampaikan melalui surel dan notifikasi  kepada yang bersangkutan atau melalui Dinas/Instansi Sosial setempat.

Ketentuan Lain  
1. Bagi pelamar yang tidak memenuhi persyaratan semoga tidak mengajukan lamaran;
2.   Berkas lamaran yang telah masuk menjadi milik Panitia Seleksi SDM Pelaksana PKH Tahun 2017;
3.  Panitia Seleksi SDM Pelaksana  PKH Tahun 2017 hanya memproses berkas pelamar yang telah lengkap;
4.  Seluruh proses seleksi SDM Pelaksana PKH Tahun 2017 tidak dipungut biaya apapun;
5.   Panitia Seleksi SDM Pelaksana PKH  Tahun 2017 tidak bertanggung jawab atas pungutan atau ajuan serupa oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Kementerian Sosial RI atau Panitia Seleksi SDM Pelaksana PKH Tahun 2017;
6.  Apabila di kemudian hari diketahui pelamar member ikan data/keterangan tidak benar, maka Panitia Seleksi SDM Pelaksana PKH berhak membatalkan hasil seleksi;
7.   Kelalaian akhir tidak mengikuti perkembangan info menjadi tanggung jawab pelamar;
8.   Seluruh keputusan Panitia Seleksi SD M Pelaksana PKH T ahun 2017 ialah mutlak dan tidak sanggup diganggu gugat.



Ingat  Rekrutmen SDM Calon Pelaksana Program  Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2017 dan Rekrutmen  Calon Pendamping Program  Keluarga Harapan (Pkh)  Tahun 2017 melalui aplikasi berbasis android atau google play store. Semoga bermanfaat.





Daftar Hari Libur Nasional Dan Cuti Bersama Tahun 2018 Sesuai Skb 3 Menteri

DAFTAR HARI LIBUR NASIONAL DAN CUTI BERSAMA TAHUN 2018
Bapak dan Ibu guru biasanya mencari Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018 yang ditetapkan secara resmi oleh pemerintah. Bagi Guru, Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018 memang penting diketahui untuk membuat atau Program Tahunan dan Program Semester. Kesalahan dalam menghitung atau memilih hari libur nasional sanggup mempengaruhi efektifivitas ahad efektif.


Sebagaimana diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri telah menandatangi Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani oleh 3 Menteri wacana hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2018

Daftar Hari Libur Nasional Dan Cuti Bersama Tahun 2018 tertuang dalam Surat Keputusan Bersama Nomor  707 Tahun 2017, Nomor  256 Tahun 2017, Nomor:01/SKB/Menpan-RB/09/2017 yang ditetapkan pada tanggal 22 September 2017 wacana Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018. Sebagaimana tercantum dalam SK tersebut libur nasional dan cuti bersama tahun 2018 sebanyak 21 hari yang terdiri dari 16 hari untuk libur nasional tahun 2018, dan 5 hari untuk cuti bersama.

SKB 3 menteri wacana Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018 tersebut dikeluarkan dalam rangka efisiensi dan efektivitas hari kerja serta memberi anutan bagi instansi pemerintah dan swasta dalam melakukan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2018.

Dalam surat keputusan bersama atau SKB 3 menteri wacana Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018 tersebut juga mengatur unit kerja yang menawarkan pelayanan pribadi kepada masyarakat baik ditingkat sentra ataupun daerah, menyerupai rumah sakit, pemadam kebakaran, keamanan dan ketertiban, perbankan, perhubungan, dan lainnya untuk mengatur penugasan pegawai  atau karyawan pada hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2018. Hal tersebut dimaksudkan semoga penyelenggara pelayanan publik tetap beroperasi melayani masyarakat, meskipun hari libur nasional. 

Rincian Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2018


Rincian Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2018 sesuai Surat Keputusan Bersama Nomor  707 Tahun 2017, Nomor  256 Tahun 2017, Nomor:01/Skb/Menpan-Rb/09/2017 yang ditetapkan pada tanggal 22 September 2017

TANGGAL
HARI
KETERANGAN
1 Januari
Senin
Tahun Baru 2018 Masehi
16 Februari
Jumát
Tahun Baru Imlek 2569 Kongzili
17 Maret
Sabtu
Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940
30 Maret
Jum’at
Wafat Isa Al Masih
14 April
Sabtu
Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW
1 Mei
Selasa
Hari Buruh Internasional
10 Mei
Kamis
Kenaikan Isa Al Masih
29 Mei
Selasa
Hari Raya Waisak 2562
1 Juni
Jumát
Hari Lahir Pancasila
15-16 Juni
Jumát-Sabtu
Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah
17 Agustus
Jumát
Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
22 Agustus
Rabu
Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah
11 September
Selasa
Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah
20 November
Selasa
Maulid Nabi Muhammad SAW
25 Desember
Selasa
Hari Raya Natal



Cuti Bersama


13,
14,
18, dan
19 Juni
Rabu, Kamis, Senin Selasa
Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah
24 Desember
Senin
Hari Raya Natal

Demikian info Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2018. Semoga bermanfaat.