Situs Edukasi | Educational Norjatar

Situs Edukasi

Situs Edukasi, Situs Belajar, Seputar Pendidikan, Data Pendidikan, Info Guru, Tunjangan Guru, UN, Perangkat Mengajar.

Situs Edukasi

Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.

Situs Edukasi

Situs Edukasi, Situs Belajar, Seputar Pendidikan, Data Pendidikan, Info Guru, Tunjangan Guru, UN, Perangkat Mengajar.

Situs Edukasi

Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.

Situs Edukasi

Berbagi File Aplikasi Berkas Pendidikan, Informasi, Domain Gratis untuk para Guru dan Operator Sekolah.

Contoh Soal Pilihan Ganda Dan Essay Lengkap Dasar Dasar Mesin Lengkap



Sahabat pembaca yang baik hati, dan semoga dalam keadaan sehat, kali ini penulis ingin sharing pola soal yang berjudul pola soal pilihan ganda dan essay lengkap dasar dasar mesin, untuk lebih lanjutnya sebagai berikut :

 1. Digunakan untuk menyalurkan tenaga bersama sama dengan putaran ialah fungsi dari..
a.      Transmisi                                d. rem
b.      Poros                                       e. bantalan
c.       pasak

2.      Apakah fungsi dari alas itu?
a.      Untuk memutarkan tenaga bersama sama dengan putaran
b.      Untuk menyatukan dua buah komponen atau lebih
c.       Sebagai materi adonan besi
d.      Menahan beban poros supaya gerakan poros halus
e.      Menyimpan tenaga pada poros yang berputar


3.      Untuk memindahkan daya atau putaran dari poros penggagas ke poros yang digerakkan dengan perantaraan sabuk ialah fungsi dari..
a.      Transmisi roda rantai                         d. transmisi roda sabuk
b.      Transmisi roda gigi                             e. transmisi roda bersambung
c.       Transmisi roda 

4.      Dibawah ini yang bukan jenis dari roda gigi adalah..
a.      Roda gigi samping                              d. roda gigi cacing
b.      Roda gigi helix                                                e. roda gigi v
c.       Roda gigi konis

5.      Berikut yang bukan sifat mekanis dari logam adalah..
a.      Kekerasan                                           d. elastisitas
b.      Kelelahan bahan                                 e. plastisitas
c.       Daya hantar panas

6.      Logam ferro yang mempunyai kandungan besi dan karbon dengan perbandingan 0,1- 0.3 % adalah…
a.      Besi tempa                                          d. besi tuang
b.      Baja karbon rendah                            e. baja kecepatan tinggi
c.       Baja karbon tinggi

7.      Logam ferro yang mempunyai sifat sanggup ditempa dan liat , banyak dipakai untuk menciptakan alat pertanian, jangkar atau rantai adalah…
a.      Besi tempa                                          d. besi tuang
b.      Baja karbon rendah                            e. baja kecepatan tinggi
c.       Baja karbon tinggi

8.      Logam non ferro yang mempunyai sifat penghantar listrik yang baik, tahan korosi dan banyak dipakai untuk menciptakan kabel listrik adlah..
a.      Mangaan                                             d. alumunium
b.      Tembaga                                             e. nikel
c.       magnesium

9.      Logam non ferro yang mempunyai sifat penghantar penas yang baik,ringan dan non magnetis dan banyak dipakai untuk membuat peralatan rumah tangga  adlah… .
a.      Mangaan                                             d. alumunium
b.      Tembaga                                             e. nikel
c.       magnesium

10.  Kertas, kayu, kulit dan kapas merupakan pola materi non logam… .
a.      Trhermosetting                                               d. an organik
b.      Thermoplastic                                                 e. paking
c.       organik

essay :

1.      Apa yang dimaksud dengan sifat fisika ? 
2.      Apa yang dimaksud dengan kopel ?
3.      Apa yang dimaksud    dengan korosi ?
4.      Tuliskan dua jenis bantalan
5.      Tuliskan pengertian dari gaya
6.      Tuliskan pengertian statistika ?

Contoh Soal Pilihan Ganda Dan Essay Sistem Kopling Smk Otomotif Lengkap

Sahabat pembaca yang baik hati, dan semoga dalam keadaan sehat, kali ini penulis ingin sharing rujukan soal yang berjudul soal pilihan ganda dan essay sistem kopling, untuk lebih lanjutnya sebagai berikut :




Berilah tanda silang (X) pada balasan yang anda anggap paling benar
1.      Yang bukan merupakan komponen pengoperasian kopling sistem mekanik yaitu
a. Pedal kopling           d. Pegas pengendali
b. Kabel kopling           e. Batang ulir ujung kabel
c. Minyak kopling

2.       Pada bab plat kopling terdapat torsion damper/torsion rubber yang berfungsi sebagai…
a. Menambah tenaga putaran mesin
b. Mempercepat perpindahan putaran dan tenaga dari mesin ke transmisi
c. Meredam kejutan ketika kopling mulai berafiliasi dalam arah aksial
d. Sebagai bidang gesek
e. Sebagai penekan pegas kopling sehingga memperlembut ketika kopling berhubungan.



3.      Lapisan plat kopling disebut dengan kanvas kopling terbuat dari paduan materi asbes dan logam. Paduan ini dibentuk dengan tujuan biar plat kopling sanggup memenuhi persyaratan …
a. Dapat menahan beban akhir putaran fly wheel yang berasal dari mesin
b. Bahan tersebut tahan terhadap beban arah aksial dan arah radial
c. Tahan terhadap tekanan pegas kopling
d. Tenaga ketika pengoperasian kopling menjadi lebih ringan
e. Tahan terhadap panas, tabrakan dan sanggup mencengkeram dengan baik.

4.      Komponen kopling hidrolis , yang berfungsi untuk merubah gerak mekanis dari pedal kopling menjadi tekanan minyak hidrolis yaitu …
a. Master silinder         d. Boster kopling
b. Pipa hidrolis             e. Pegas pengendali kopling
c. Silinder hiodrolis

5.      Pada pengoperasian kopling mekanik komponen yang berfungsi untuk mengembalikan posisi pedal kopling sehabis dipergunakan untuk mengoperasikan kopling yaitu …
a.       Silinder kopling        d. Boster kopling
b.      Pedal kopling           e. Pegas pedal kopling
c.       Kabel kopling

6.      Arti dari Clutch Assembly yaitu ….
a. Kopling dalam satu set
b. Komponen – komponen kopling
c. Komponen kopling yang harus diganti ketika pembongkaran
d. Kopling dengan sumber tenaga dari mesin
e. Pesawat untuk memutus dan menghubungkan putran mesin

7.      Letak dari pesawat kopling berada …
a. Tepat ditengah transmisi
b. Diantara engine dan transmisi
c. Diantara transmisi dan poros penggerak
d. Berada di poros deffrensial
e. Berada di tengah engine

8.      Jarak main bebas pedal kopling yaitu sebesar
a. 1 -2 cm         c. 2-3 cm          e. 2-4 cm
b. 5-7 cm          d. 10-15 cm

9.      Komponen kopling yang berfungsi untuk menekan plat kopling adalah…
a. Bantalan pembebas                d. Silinder pembebas
b. Garpu pembebas                    e. Pegas diagfragma
c. Pressure plate

10.  Komponen yang berfungsi mengubah gerakan mekanis dari pedal kopling menjadi tekanan minyak hidrolis yaitu ….
a. Pipa hidrolis
b. Silinder kopling
c. Master silinder kopling
d. Boster kopling
e. Pedal kopling

Essay :
1.         Apa fungsi kopling
2.         Sebutkan jenis jenis kopling menurut konstruksinya
3.         Sebutkan jenis jenis kopling menurut cara kerjanya
4.         Sebutkan jenis jenis kopling menurut kondisi kerjanya
5.         Sebutkan komponen komponen kopling


Video Cara Pemasangan Poros Engkol / Crankshaf Beserta Penjelasannya



sahabat pembaca yang  baik hati, biar dalam keadaan sehat dan sanggup melaksanakan aktifitas dengan baik, hari ini penulis ingin sharing ihwal apa yang disebut dengan crankhaft, atau disebut juga poros engkol pada sepeda motor

Poros engkol , bila dalam bahasa inggris deisebut crankshaft, biasanya mekanik juga menyebutnya kruk as) yaitu sebuah bab pada mesin yang mengubah gerak vertikal/horizontal dari piston sepeda motor menjadi gerak rotasi (putaran). Untuk mengubah gerak ini, sebuah crankshaftdihubungkan dengan crank pin, dan batang piston (connecting road) dalam bahasa bengkel disebut stang seher, sebuah ganjal bearing, dan terakhir gres ke piston, secara terang sanggup dilihat




dan juga




bagaimana pendapat anda ihwal artikel ini ?

Video Ihwal Kopling

Sahabat pembaca yang baik hati, dan biar dalam keadaan sehat, kali ini penulis ingin sharing referensi soal yang berjudul video wacana kopling , sesuai judulnya jadi disini dicontohkan yaitu kopling sepeda motor, tipenya sepeda motor yang memakai jenis kopling manual, dan kopling ini digerakkan memakai handle tangan,  untuk lebih lanjutnya pribadi saja lihat pada video yang sudah ada sebagai berikut :

video wacana kopling 


referensi uraian komponen kopling plat banyak menyerupai terlihat pada gambar

Gambar 7.14 Komponen tipe plat kopling banyak
  
1. Diaphragm spring retainer (penahan pegas diapragma) 2. Diaphragm spring 3. Diaphragm spring seat (dudukanpegas diapragma)  4. Pressure plat (plat penekan) 5. Pullrod and bearing (batang pendorong dan bantalan) 6. Friction plates (plat gesek) 7. Plain plates (plat yang digerakkan 8. Nut and lockwasher (mur & cincin pengunci kopling) 9. Wire retaining ring (cincin kawat penahan) 10. Inner plain plate (plain plate bab dalam) 11. Inner friction plate (plat gesek bab dalam) 12. Anti-judder spring (pegas)           13. Anti-judder spring seat (dudukan pegas)  14. Clucth centre (kopling tengah) 15. Thrust washer (cincin pendorong) 16. Clucth housing (rumah kopling) 17. Needle bearing (bantalan) 18. Starter clutch gear (gigi kopling starter) 19. Needle bearing (bantalan)19. Needle bearing (bantalan) 20. Starter clutch sprag (ganjal kopling starter) 21. Gearbox input shaft (poros masuk transmisi)  


biar sanggup membantu dan biar bermanfaat yaa.. 
hasilnya enulis ingin bertanya kepada sobat pembaca semuanya. Bagaimana sahabat, apakah artikel ini sudah cukup bermanfaat atau masih perlu banyak saran? berikan komentar anda di bab kolom komentar di bawah artikel ini


Video Ihwal Kopling

Sahabat pembaca yang baik hati, dan biar dalam keadaan sehat, kali ini penulis ingin sharing referensi soal yang berjudul video wacana kopling , sesuai judulnya jadi disini dicontohkan yaitu kopling sepeda motor, tipenya sepeda motor yang memakai jenis kopling manual, dan kopling ini digerakkan memakai handle tangan,  untuk lebih lanjutnya pribadi saja lihat pada video yang sudah ada sebagai berikut :

video wacana kopling 


referensi uraian komponen kopling plat banyak menyerupai terlihat pada gambar

Gambar 7.14 Komponen tipe plat kopling banyak
  
1. Diaphragm spring retainer (penahan pegas diapragma) 2. Diaphragm spring 3. Diaphragm spring seat (dudukanpegas diapragma)  4. Pressure plat (plat penekan) 5. Pullrod and bearing (batang pendorong dan bantalan) 6. Friction plates (plat gesek) 7. Plain plates (plat yang digerakkan 8. Nut and lockwasher (mur & cincin pengunci kopling) 9. Wire retaining ring (cincin kawat penahan) 10. Inner plain plate (plain plate bab dalam) 11. Inner friction plate (plat gesek bab dalam) 12. Anti-judder spring (pegas)           13. Anti-judder spring seat (dudukan pegas)  14. Clucth centre (kopling tengah) 15. Thrust washer (cincin pendorong) 16. Clucth housing (rumah kopling) 17. Needle bearing (bantalan) 18. Starter clutch gear (gigi kopling starter) 19. Needle bearing (bantalan)19. Needle bearing (bantalan) 20. Starter clutch sprag (ganjal kopling starter) 21. Gearbox input shaft (poros masuk transmisi)  


biar sanggup membantu dan biar bermanfaat yaa.. 
hasilnya enulis ingin bertanya kepada sobat pembaca semuanya. Bagaimana sahabat, apakah artikel ini sudah cukup bermanfaat atau masih perlu banyak saran? berikan komentar anda di bab kolom komentar di bawah artikel ini


Cara Memakai Shortcut Atau Tombol Pintas Keybord Pada Photoshop Dan Fungsinya

TOMBOL PINTAS KEYBOARD / SHORTCUT PADA PHOTOSHOP
silahkan dicoba

V - move tool, untuk memindahkan object

M- rectangular tool = untuk menseleksi berbentuk persegi panjang

W - quick selection tool untuk seleksi cepat

C - crop tool = untuk melaksanakan proses croping

F – Ganti mode screen. Gunakan tombol ini untuk mengganti antara tampilan normal, full screen atau full screen dengan background hitam.

X – Ganti warna. Bertukar warna antara background dan foreground, jikalau anda sering melaksanakan masking shortcut ini sangat berguna.

D – mengembalikan warna foregorund dan background ke default warna hitam dan putih.

Ctrl – “+” atau Ctrl – “-” – Perbesar atau perkecil ukuran dengan zoom secara cepat.

Ctrl – 0 – Fit on Screen. Agar foto anda ditampilkan pas dengan ukuran layar monitor anda.

Ctrl – Alt – Z – jikalau Ctrl-Z berarti undo, kombinasi Ctrl-Alt-Z berarti kita dapat mundur satu langkah setiap kali memencet kombinasi ini. Kaprikornus jikalau anda merasa melaksanakan kesalahan di beberapa langkah kebelakang pencet shortcut ini beberapa kali.

Ctrl – Alt – Shift – N – buat layer baru. Cukup terang bukan?

Ctrl – A – Select all. Membuat seleksi pada semua obyek yang ada di kanvas.

Ctrl – D – Deselect All. gunakan kombinasi ini sehabis anda simpulan dengan seleksi.

Ctrl – E – Merge Layers. Menggabungkan layer terpilih dengan satu layer yang ada dibawahnya.

Ctrl – Shift – E – Merge visible. Gabungkan semua layer yang terlihat menjadi satu.

Ctrl – G – Group layers. Menjadikan beberapa layer sekaligus menjadi satu folder atau group.

Ctrl – T – Free transform. Kalau anda ingin merotate atau resize, pencet dulu tombol ini.

Ctrl – J – New layer via copy. Dipakai untuk menduplikat layer aktif (terpilih) kedalam layer baru.

Ctrl – I – Invert selection. Kebalikan dari select all, perintah ini menentukan obyek yang tidak terseleksi.

[ – Naikkan Turunkan ukuran brush.

] – Turunkan ukuran brush

Shift – [ – Menurunkan softness sebuah brush debanyak 25%.

Shift – ] – Menaikkan softness sebuah brush sebanyak 25%.

Ctrl – Alt – Shift – K – Kalau anda lupa dengan kombinasi shortcut, pencet kombinasi ini dan photoshop akan menawarkan help untuk perintah keyboard shortcut.
sumber : http://belfot.com/20-shortcut-photoshop/